google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Brazil Susah Payah Kalahkan Chile

Chile vs Brazil
Lewat laga sengit, Brazil berhasil menaklukan Chile di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Conmebol.

cr photo: beINSports.

Hasil cukup memuaskan berhasil diraih oleh Timnasi Brazil saat menghadapi Timnas Chile di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Sebagai salah satu tim unggulan di wilayah Amerika Selatan, Brazil memang lebih diunggulkan menang di laga ini. Kendati Chile berstatus sebagai tuan rumah, namun memang keunggulan skuad yang dimiliki Selecao membuat mereka tetap mampu memberikan perlawanan yang ketat. Lewat perjuangan yang cukup keras, Tim Samba pada akhirnya sukses meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 0-1.

Gol tunggal yang lahir di pertandingan ini sekaligus menjadi penentu kemenangan Brazil dilesakkan oleh pemain depan mereka yang bernama Everton Ribeiro. Sebenarnya bila dilihat dari statistik, Chile tampil cukup baik dengan berhasil meredam sang lawan. Chile mencatatkan total penguasaan bola 61 persen berbanding 39 persen. Tuan rumah juga lebih banyak melepas tembakan, yakni dengan 12 kali, sementara lawannya sepanjang 90 menit laga hanya membuat 10 kali tembakan. Sayang memang Chile kalah efektif di laga ini sehingga mesti rela menelan kekalahan di kandang sendiri.

Kemenangan ini berhasil membuat Brazil semakin kokoh di puncak klasemen babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bahkan hampir dipastikan Brazil akan lolos ke putaran final Piala Dunia, setelah kini unggul 6 poin dari Argentina di posisi 2 dan dengan hanya menyisakan 2 pertandingan. Brazil sendiri sukses meraih poin sempurna, yakni 21, usai menyapu bersih 7 laga dengan kemenangan. Sedangkan bagi Chile, hasil ini menahan mereka di posisi 7 klasemen. Mereka saat ini baru meraih poin 6, tertinggal 3 poin dari posisi 5 yang ditempati Kolombia.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru hadir di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol saat Brazil bersua dengan tuan rumah Chile. Sebagai tuan rumah, Chile membidik kemenangan demi bisa mengamankan posisi mereka untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Oleh sebab itu sejak laga dimulai, kendati lawannya adalah tim yang belum pernah kalah, Chile berusaha bermain agresif dan terbuka.

Menurunkan striker veteran mereka, yakni Eduardo Vargas di depan, Chile sempat mendapatkan beberapa kans untuk membuka keunggulan. Salah satu yang terbaik adalah lewat kaki Vargas yang memanfaatkan umpan Erick Pulgar. Sayang usaha Vargas masih bisa diredam oleh lini pertahanan Brazil yang bermain sangat disiplin di pertandingan tersebut.

Brazil sendiri yang bermain dengan skuad terbaiknya tak mau kalah, walau tak menguasai pertandingan, namun serangan balik skuad asuhan Tite ini sangat berbahaya. Neymar nyaris membuka skor bagi Brazil andai saja usahanya tak melebar dari gawang lawan. Sepanjang babak pertama berjalan tak ada gol yang lahir sehingga babak pertama selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika pertandingan memasuki babak kedua, Chile menaikan tensi serangan mereka demi bisa melesakkan gol lebih dulu. Akan tetapi hasilnya masih sama seperti babak pertama, di mana usaha mereka bisa diredam dengan sangat baik oleh lini belakang Brazil.

Alih alih mencetak gol, justru gawang Chile lah yang harus kebobolan lebih dulu. Pada menit ke-64, Everton Ribeiro yang mendapat ruang menembak berhasil melepaskan sepakan keras yang sangat terarah. Claudio Bravo gagal menahan bola, sehingga gol pun lahir dan membawa Brazil unggul 0-1. Celakanya bagi Chile, gol tersebut ternyata menjadi gol satu satunya di laga ini, alhasil di akhir pertandingan Brazil keluar sebagai pemenang dengan skor 0-1.

Susunan Pemain Chile vs Brazil

Chile (5-3-2): Claudio Bravo, Mauricio Isla, Guillermo Maripan, Gary Medel, Paulo Diaz, Eugenio Mena, Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz, Ivan Morales, Eduardo Vargas.

Brazil (4-4-2): Weverton, Alex Sandro, Marquinhos, Eder Militao, Danilo, Vinicius Junior, Bruno Guimaraes, Casemiro, Lucas Paqueta, Neymar Junior, Gabriel Barbosa.