google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Ceko Terlalu Tangguh Bagi Estonia

Ceko vs Estonia
Ceko sukses atasi Estonia di partai pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Football Italia.

Poin penuh berhasil diraih oleh Timnas Ceko saat berhadapan dengan Timnas Estonia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Ceko di laga ini bermain all out dengan target wajib menang sambil berharap di laga lain Wales kalah dari Belgia. Sepanjang laga, keunggulan skuad yang mereka miliki memang benar benar dimaksimalkan oleh Ceko. Mereka benar benar tak membiarkan Estonia bahkan untuk sekedar mengembangkan permainan. Pada akhirnya Ceko pun berhasil memenangkan pertandingan kali ini. Patrik Schick dan kawan kawan berhasil menang dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Jakub Brabec dan Jan Sykora menjadi dua pemain yang sukses melesakkan gol yang menjadi penentu kemenangan Timnas Ceko pada pertandingan kali ini. Bila melihat dari statistik, Ceko memang bermain jauh lebih mendominasi. Mereka total membuat 62 persen penguasaan bola berbanding 38 persen. Tembakan yang dilepas Ceko juga lebih banyak, yakni 22 kali, berbanding 12 milik tim tamu. Dengan menguasai hampir semua aspek permainan, Ceko memang layak memenangkan laga ini.

Dengan kemenangan ini, Ceko berhasil meraih poin penuh yang membuat mereka duduk di posisi 3 klasemen akhir Grup E kualifikasi Piala Dunia. Sayangnya hasil ini tetap gagal membawa Ceko ke play-off, karena di laga lain, Wales berhasil menahan imbang Belgia. Ceko secara total sudah mencatatkan 14 poin dari 8 laga dengan rincian, 4 kali menang, 2 kali seri, dan 2 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Estonia, kekalahan ini tak merubah apapun, mereka masih di posisi 3, mengoleksi 4 poin dari 8 laga dengan hasil, 1 kali menang, 1 kali seri, dan 6 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru menghadirkan laga antara Timnas Ceko menghadapi Timnas Estonia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Pada laga ini Ceko masih memiliki asa lolos ke Piala Dunia melalui jalur play-off namun dengan syarat mereka menangi laga ini dan di sisi lain, Belgia berhasil mengalahkan Wales. Kepercayaan diri pemain Ceko pun sangat tinggi semenjak laga dimulai dengan bermain sangat ofensif.

Kedua kesebelasan di babak pertama ini ternyata sama sama ngotot membuka skor lebih dulu. Di luar dugaan, Estonia ternyata bermain apik. Sudah dipastikan tak lolos memang membuat mereka bermain sangat lepas tanpa beban. Di sepanjang babak pertama meski Estonia lebih sering bertahan, mereka cukup berbahaya saat melancarkan serangan balik. Sayang memang di babak pertama ini tak ada yang berhasil melesakkan gol dan skor tetap 0-0 sampai turun minum.

Babak Kedua

Usai turun minum, Ceko merubah gaya bermain mereka menjadi lebih intens saat menekan pertahanan lawan. Walaupun Estonia tetap bermain bertahan, namun di babak kedua ini sang tuan rumah seolah sudah tau bagaimana menembus pertahanan rapat lawannya tersebut.

Saat babak kedua memasuki menit ke-59, kerja keras Ceko untuk membuka keunggulan sukses membuahkan hasil. Umpan matang David Zima berhasil menembus pertahanan lawan dan dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Jakub Brabec menjadi gol. Aksi kedua pemain ini sukses lahirkan gol dan bawa Ceko sementara unggul 1-0.

Berhasil membuka keunggulan, Ceko bermain lebih lepas lagi dengan terus menerus memberikan tekanan ke pertahanan lawannya. Kerja tak kenal menyerah Ceko sukses membuat mereka menambah keunggulannya pada menit ke-85 babak kedua. Jan Sykora berhasil memaksimalkan umpan Jan Kopic untuk melesakkan gol yang menegaskan kemenangan Ceko dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Ceko vs Estonia

Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik, Vladimir Coufal, David Zima, Jakub Brabec, Filip Novak, Alex Kral, Michal Sadilek, Lukas Masopust, Antonin Barak, Jakub Pesek, Matej Vydra.

Estonia (5-3-2): Matvei Igonen, Vlasiy Sinyavskiy, Karol Mets, Jonas Tamm, Marten Kuusk, Maksim Pakostsi, Konstantin Vassiljev, Vladislav Kreida, Markus Poom, Erik Sorga, Rauno Sappinen.