google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Ekuador Sukses Permalukan Chile

Chile vs Ekuador
Ekuador raih poin maksimal di kandang Chile dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: DigLogs.

Hasil maksimal sukses diamankan oleh Timnas Ekuador saat bersua tuan rumah, Chile di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bermain sebagai tamu, Ekuador awalnya mendapatkan perlawanan yang begitu merepotkan. Akan tetapi mereka sedikit beruntung karena salah satu pemain Chile mendapat kartu merah. Seketika angin permainan berubah dan Ekuador berhasil benar benar memaksimalkannya. Ekuador berhasil mengalahkan 10 pemain tuan rumah dengan skor akhir yang cukup meyakinkan, yaitu 0-2.

Dua gol yang tercipta pada pertandingan dan sekaligus menjadi gol penentu kemenangan Ekuador dilesakkan oleh Pervis Estupinan dan juga Moises Caicedo. Laga menarik ini juga diwarnai dengan lahirnya satu kartu merah yang diberikan kepada pemain Chile, yakni Arturo Vidal. Kendati hanya bermain dengan 10 pemain, secara ajaib, Chile masih mampu sedikit mendominasi laga. Akan tetapi efektifitas pada pertandingan ini tetap dimiliki oleh Ekuador sehingga kemenangan pun masih berhasil mereka amankan.

Atas hasil maksimal ini, Ekuador berhasil mendapatkan tiga poin penuh yang membuat mereka kini mantap duduk di posisi 3 klasemen Zona Conmebol. Ekuador sangat nyaman karena mereka unggul cukup jauh dari peringkat 4 klasemen, yakni Kolombia dengan selisih 6 angka. Sejauh ini, Timnas Ekuador sudah mengumpulkan 23 poin dari 14 laga dengan rincian, 7 kali menang, 2 kali seri, dan 5 kali kalah. Sedangkan bagi Chile, kekalahan ini menahan mereka tetap di posisi 6 klasemen. Chile saat ini baru mengoleksi 16 poin dari 14 laga dengan hasil, 4 kali menang, 4 kali seri, dan 6 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Chile menghadapi Timnas Ekuador dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bermain sebagai tuan rumah, Chile memburu kemenangan untuk bisa naik ke peringkat 5 besar dan amankan setidaknya tiket ke babak play-off. Namun lawan mereka, sang kuda hitam Ekuador jelas bukan lawan sembarangan, sejak menit awal Ekuador sudah langsung bermain agresif.

Sembilan menit pertandingan babak pertama berlangsung, Ekuador sukses menemukan celah di lini belakang tuan rumah untuk kemudian melesakkan gol pembuka. Gol ini dilesakkan oleh Pervis Estupinan yang membuat Timnas Ekuador sementara ini unggul dengan skor 0-1.

Masalah bertambah bagi Chile saat babak pertama memasuki menit ke-14. Salah satu pemain pilar mereka, yakni Arturo Vidal dikartu merah oleh wasit usai melalukan pelanggaran yang sangat keras kepada pemain lawan. Kehilangan Vidal, Chile terpaksa harus bermain dengan 10 pemain saja di sisa waktu pertandingan.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Ekuador yang unggul jumlah pemain memiliki kans besar untuk menambah keunggulannya. Akan tetapi, Ekuador ternyata memilih tetap bermain bersabar dan membiarkan sang tuan rumah keluar menyerang mencari gol penyama kedudukan. Kondisi ini ternyata berhasil karena di babak kedua Ekuador memiliki lebih banyak peluang mencetak gol.

Hampir tak berhasil di sepanjang babak kedua, usaha Ekuador untuk menambah keunggulan berhasil di masa injury time babak kedua. Umpan matang seorang Bryan Angulo berhasil diselesaikan oleh Moises Caicedo. Aksi pemain yang sempat dilirik Manchester United ini sukses memastikan Timnas Ekuador menangi duel atas Chile dengan skor akhir cukup meyakinkan, yakni 0-2.

Susunan Pemain Chile vs Ekuador

Chile (5-3-2): Cladio Bravo, Eugenio Mena, Guillermo Maripan, Mauricio Isla, Francisco Sierralta, Gary Medel, Arturo Vidal, Claudio Baeza, Diego Valdes, Alexis Sanchez, Eduardo Vargas.

Ekuador (4-5-1): Alexander Dominguez, Pervis Estupinan, Byron Castillo, Piero Hincapie, Felix Torres, Moises Caicedo, Alan Franco, Jeremy Sarmiento, Angel Mena, Carlos Gruezo, Michael Estrada.