google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Ekuador Sukses Tahan Imbang Kolombia

Kolombia vs Ekuador
Kolombia dan Ekuador berbagi angka usai bermain 0-0 di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Blaze Trends.

Hasil kurang memuaskan diraih oleh kesebelasan tim nasional Kolombia saat menjamu Ekuador di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bermain di kandang sendiri, tentu saja sejak awal kemenangan menjadi target utama pasukan Kolombia. Sepanjang pertandingan berjalan mereka pun bermain cukup agresif terutama saat menekan pertahanan lawan. Namun di laga ini ternyata Ekuador pun bermain sangat rapat dan disiplin terutama saat sedang bertahan. Kondisi ini cukup membuat pasukan Kolombia frustasi dan memang hasil akhir pun bisa dibilang tak memuaskan bagi mereka karena harus rela ditahan imbang dengan skor akhir 0-0.

Sama sekali tak ada gol yang tercipta pada pertandingan kali ini. Padahal secara statistik, Kolombia bisa dikatakan bermain cukup mendominasi. Mereka pada pertandingan ini mencatatkan penguasaan bola 63 persen berbanding 37 persen. Lalu Kolombia juga berhasil mencatatkan 13 tembakan dengan 4 di antaranya on target. Berbeda jauh dengan Ekuador yang hanya membuat 7 tembakan dengan 5 yang on target. Sayang kurang baiknya penyelesaian akhir ditambah luck yang tak muncul membuat Kolombia gagal meraih kemenangan.

Torehan imbang ini hanya memberikan Kolombia tambahan satu poin yang menahan mereka tetap ada di posisi 4 klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Kolombia masih gagal menyalip Ekuador yang berada di atas mereka atau di posisi 3 dengan selisih satu poin saja. Sejauh ini Kolombia baru meraih 16 poin dari 12 laga dengan rincian, 3 kali menang, 7 kali seri, dan 2 kali kalah. Sedangkan Ekuador dengan hasil ini masih tertahan di peringkat 3 klasemen. Mereka sudah meraih 17 poin dari 12 laga dengan catatan, 5 kali menang, 2 kali seri, dan 5 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan dua tim yang tak terpaut jauh di tabel klasemen, yaitu Kolombia melawan Ekuador di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Berstatus sebagai tuan rumah, Kolombia memasang target wajib menang demi bisa mengkudeta posisi sang lawannya di papan klasemen. Namun di luar dugaan memang Ekuador ternyata mampu bermain cukup baik terutama saat bertahan.

Kolombia yang memasang duet striker Duvan Zapata dan Rafael Borre memang bermain jauh lebih agresif. Mereka memiliki sejumlah peluang terbuka untuk mencetak gol, salah satunya melalui aksi Duvan Zapata. Sayang sekali striker asal klub Atalanta ini masih gagal memaksimalkan peluang yang ia dapat.

Sementara itu meski berada dalam tekanan tuan rumah, bukan berarti Ekuador tak memiliki kesempatan mencetak gol. Salah satu striker mereka, yaitu Enner Valencia nyaris saja membobol gawang tuan rumah di menit akhir babak pertama. Beruntung bagi Kolombia, eks striker West Ham tersebut masih gagal. Babak pertama tak ada gol yang lahir sehingga skor 0-0 tak berubah sampai turun minum.

Babak Kedua

Sesaat setelah memasuki babak kedua, kedudukan yang masih 0-0 membuat Kolombia kian penasaran. Mereka lantas bermain jauh lebih agresif demi bisa membongkar pertahanan rapat yang ditunjukkan oleh pasukan Ekuador. Beberapa kans memang berhasil diciptakan oleh Kolombia, namun sekali lagi kurang baiknya penyelesaian akhir menjadi masalah akut bagi Kolombia di pertandingan kali ini.

Beruntung bagi mereka sebenarnya, karena Ekuador yang beberapa kali coba mencuri gol lewat skema serangan balikpun tak pernah berhasil. Tumpulnya barisan depan Ekuador membuat mereka pun sulit melesakkan gol. Sampai dengan laga selesai tak ada gol yang lahir sehingga skor 0-0 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain Kolombia vs Ekuador

Kolombia (4-4-2): David Ospina, Juan Cuadrado, Yerry Mina, Carlos Cuesta, Johan Mojica, Juan Quintero, Wilmar Barrios, Mateus Uribe, Luis Diaz, Rafael Santos Borre, Duvan Zapata.

Ekuador (4-4-2): Alexander Dominguez, Pervis Estupinan, Piero Hincapie, Felix Torres, Angelo Preciado, Angel Mena, Carlos Gruezo, Moises Caicedo, Alan Franco, Enner Valencia, Michael Estrada.