google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Jepang Sukses Bungkam Australia

Jepang vs Australia
Jepang menang tipis saat menjamu Australia di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: beINSports.

Kemenangan berhasil diraih oleh tim nasional Jepang saat berhadapan dengan Australia di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tampil di kandang sendiri, sepanjang laga berjalan Jepang memang bermain penuh dengan motivasi tinggi. Skuad Samurai Biru lumayan mendominasi jalannya pertandingan, namun memang Australia juga bermain cukup baik terutama dalam melakukan transisi menyerang ke bertahan dan sebaliknya. Akan tetapi kerja keras dan perjuangan tanpa menyerah Jepang berhasil membuat mereka masih sanggup meraih kemenangan. Jepang sukses meraih kemenangan dengan skor akhir 2-1.

Dua gol yang tercipta dan menjadi penentu kemenangan Jepang pada pertandingan ini masing masing dicetak oleh Ao Tanaka dan own goal pemain Australia, Aziz Behich. Sedangkan satu satunya gol balasan yang dilesakkan oleh Australia pada laga ini dicetak oleh Ajdin Hrustic. Meski bermain di kandang lawan, Australia sebenarnya mampu menguasai laga. Akan tetapi, efektifitas dan efisiensi jauh lebih dipegang oleh Jepang. Oleh karena itulah mereka tetap berhasil menaklukan lawannya tersebut.

Hasil maksimal ini berhasil memberikan Jepang tiga poin penuh yang memunculkan asa bagi Jepang. Kini mereka duduk di posisi 4 klasemen Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022. Jepang hanya terpaut 3 poin saja untuk bisa lolos otomatis ke Piala Dunia. Saat ini skuad berjuluk Blue Samurai sudah meraih 6 poin dari 4 laga dengan rincian, 2 kali menang dan 2 kali kalah. Sedangkan bagi Australia, kekalahan ini menahan mereka di posisi 2 klasemen. The Soceroos untuk saat ini sudah mengoleksi 9 poin dari 4 laga dengan catatan, 3 kali menang dan 1 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Pertarungan ketat terjadi antara dua tim kuat Asia, yaitu Jepang dengan Australia dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tampil di kandang sendiri, Jepang menargetkan tiga poin di laga ini sebagai target utama demi bisa memperbaiki posisi mereka di tabel klasemen. Alhasil sejak laga dimulai, Jepang sudah langsung tampil agresif menggempur lini pertahanan lawannya.

Permainan cepat Jepang di awal babak pertama ini sukses melahirkan gol cepat, yaitu saat babak pertama baru berjalan delapan menit. Ao Tanaka melepaskan sepakan keras yang sukses menjebol gawang Australia. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut berhasil membawa Jepang sementara unggul 1-0.

Kebobolan lebih dulu membuat Australia berusaha keras untuk bisa menyamakan kedudukan. Mereka kemudian lebih menguasai laga di sisa babak pertama. Sayangnya sampai dengan babak pertama selesai, Australia gagal melesakkan satupun gol balasan. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan Jepang.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Jepang yang masih unggul berusaha keras untuk menambah jumlah gol. Hal ini membuat lini belakang Jepang sebenarnya sedikit merenggang. Kondisi tersebut pada akhirnya berhasil dimanfaatkan oleh Australia untuk melesakkan gol balasan. Pada menit ke-70, Ajdin Hrustic berhasil manfaatkan buruknya koordinasi di lini belakang Jepang untuk merubah skor menjadi imbang 1-1.

Enggan kehilangan poin penuh di markasnya sendiri, di sisa waktu babak kedua, Jepang bekerja keras menggempur lini belakang lawannya. Usaha keras Jepang sukses berbuah manis di menit ke-86. Tekanan hebat yang dilakukan Jepang memaksa salah satu bek Asutralia, yakni Aziz Behich melakukan own goal. Aksi ini membuat Jepang kembali unggul dengan skor 2-1, yang skornya bertahan sampai babak kedua selesai dan kemenangan jadi milik Jepang.

Susunan Pemain Jepang vs Australia

Jepang (4-3-3): Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Yuto Nagatomo, Ao Tanaka, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Junya Ito, Yuya Osako, Takumi Minamino.

Australia (4-3-2-1): Mathew Ryan, Aziz Behich, Harry Souttar, Trent Sainsburry, Fran Karacic, Martin Boyle, Ajdin Hrustic, Aaron Mooy, Adam Taggart, Jackson Irvine, Tom Rogic.