google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Montenegro Tahan Imbang Belanda

Montenegro vs Belanda
Montenegro sukses gagalkan kemenangan Belanda di lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: AP Photo/Risto Bozovic via MARCA.

Hasil cukup mengejutkan terjadi saat Timnas Montenegro bersua dengan Timnas Belanda dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Memainkan pertandingan di kandang sendiri memang memberikan kepercayaan diri tinggi bagi Montenegro. Meski mereka kalah secara kualitas pemain, dan juga tak mampu mendominasi laga, namun kerja keras mereka sangat layak diapresiasi. Sempat tertinggal dua gol, Montenegro berhasil memaksa pertandingan ini berakhir dengan skor imbang, yakni 2-2.

Dari kubu Belanda, satu pemain mereka yang tampil mencuri perhatian pada pertandingan ini adalah Memphis Depay. Mesin serangan asal klub Barcelona ini berhasil memborong dua gol yang hampir saja menjadi penentu kemenangan timnya atas Montenegro. Sedangkan dari kubu Montenegro sendiri berhasil melesakkan dua gol balasan masing masing lewat aksi Illja Vukotic dan Nikola Vujnovic. Secara statistik, Belanda memang unggul dari sisi penguasaan bola atas tuan rumah. Namun jumlah tembakan yang dilepas Montenegro yang lebih layak, sehingga mereka mampu mengindari kekalahan di laga ini.

Raihan imbang ini hanya memberikan satu poin saja untuk Belanda, meski demikian mereka masih duduk di puncak klasemen sementara G kualifikasi Piala Dunia. De Oranje masih memiliki jarak 2 angka dengan rival terdekatnya, Turki yang duduk di posisi 2 klasemen. Sejauh ini Belanda sendiri sudah berhasil meraih 23 poin dari 9 laga dengan rincian, 6 kali menang, 2 kali seri, dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi Montenegro, hasil ini menahan mereka tetap di posisi 4 klasemen. Montenegro baru meraih 12 poin dari 9 laga dengan hasil, 3 kali menang, 3 kali seri, dan 3 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat harus dijalani oleh Timnas Montenegro yang meski meladeni Belanda dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Meskipun berstatus sebagai tuan rumah, Montenegro yang kalah kualitas dari sang tamu memutuskan bermain bertahan sedari awal dan andalkan serangan balik. Belanda sendiri langsung tampil agresif demi bisa mencari gol cepat.

Tekanan Belanda lalu memaksa pemain tuan rumah melakukan pelanggaran di area terlarang, wasit lantas memberi tendangan penalti pada Belanda. Memphis Depay yang mengeksekusinya di menit ke-25 sukses membuat Belanda sementara ini unggul dengan skor 0-1. Tak ada gol di sisa waktu babak pertama, alhasil keunggulan 0-1 milik Belanda ini bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Usai turun minum, permainan Belanda menjadi jauh lebih menekan dan agresif. Kondisi ini benar benar semakin memberatkan Montenegro. Menjelang 10 menit babak kedua berjalan, Belanda sukses menambah keunggulannya. Umpan Denzel Dumfries berhasil diselesaikan dengan apik oleh Memphis Depay. Gol kedua Depay di laga ini sukses bawa Belanda menjauh dengan skor 0-2.

Enggan kalah di kandang sendiri, pada sisa waktu babak kedua, Montenegro berusaha keras mengubah gaya bermain mereka menjadi lebih efektif. Usaha keras pasukan Montenegro ini sukses melahirkan satu gol balasan di menit ke-82. Milutin Osmajic berhasil memberikan assist yang memudahkan Illija Vukotic melesakkan gol untuk tipiskan skor kini menjadi 1-2.

Secara mengejutkan, Montenegro yang lebih banyak andalkan serangan balik sukses menyamakan kedudukan di menit ke-86. Kali ini giliran Nikola Vujnovic yang sukses melesakkan gol usai memanfaatkan umpan matang Risto Radunovic. Aksi Vujnovic ini berhasil merubah kedudukan menjadi imbang 2-2. Kedudukan ini kemudian berhasil dipertahankan Montenegro untuk memaksa laga selesai dengan skor akhir imbang 2-2.

Susunan Pemain Montenegro vs Belanda

Montenegro (4-4-2): Matija Sarkic, Marko Vukcevic, Stefan Savic, Igor Vujacic, Risto Radunovic, Vladimir Jovovic, Marko Jankovic, Milutin Osmajic, Zarko Tomasevic, Uros Djurdjevic, Sead Haksabanovic.

Belanda (4-3-3): Justin Bijlow, Daley Blind, Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Denzel Dumfries, Davy Klaassen, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum, Arnaut Danjuma, Memphis Depay, Donyell Malen.