google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Oman Sukses Tumbangkan Vietnam

Oman vs Vietnam
Oman sukses kalahkan Vietnam dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: VOV.

Hasil memuaskan berhasil diraih oleh tim nasional Oman saat bersua dengan Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Memainkan laga di markas sendiri, Oman yang memang lebih berpengalaman bermain di ajang kualifikasi Piala Dunia, memberikan pelajaran yang cukup telak pada tim asal Asia Tenggara tersebut. Walau demikian, Vietnam yang tak diunggulkan sebenarnya sempat memberikan perlawanan yang cukup merepotkan. Sayangnya hal itu tak cukup, Oman masih mampu mengalahkan mereka dengan skor akhir cukup telak, yaitu 3-1.

Gol gol yang tercipta dan menjadi penentu kemenangan skuad Oman pada pertandingan kali ini masing masing dilesakkan oleh Issam Al Sabhi, Mohsin Al-Khaldi, dan Salaah Al-Yahyaei. Sementara itu satu satunya gol balasan yang dicetak oleh Vietnam di pertandingan ini lahir dari aksi pemain mereka yang bernama, Nguyen Tien Linh. Dari catatan statistik saja sebenarnya bisa dilihat bahwa Oman memang unggul dari segala aspek permainan. Oleh karena itu tak heran bila mereka sukses meraih kemenangan pada pertandingan ini.

Dengan kemenangan meyakinkan ini, Oman sukses meraih tiga poin penuh yang membuat mereka sementara bertahan di posisi 3 klasemen Grup B kualifikas Piala Dunia 2022. Saat ini Oman masih berpeluang lolos karena hanya terpaut 3 poin dari Australia di posisi 2 klasemen. Sejauh ini juga Oman sudah mengoleksi 6 poin dari 4 laga dengan rincian, 2 kali menang dan 2 kali seri. Sedangkan bagi Vietnam, kekalahan ini menenggelamkan mereka didasar klasemen Grup B. Sayang sekali Vietnam belum meraih satupun poin usai menelan 4 kekalahan secara beruntun.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Oman bertemu tim debutan, yaitu Vietnam dalam pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Bermain di kandangnya sendiri, jelas Oman mengincar tiga poin penuh, apalagi mereka juga memang bisa dikatakan memiliki kualitas pemain di atas sang tamu. Maka dari itu, sejak pertandingan dimulai, Oman langsung melancarkan serangan ke pertahanan lawannya tersebut.

Akan tetapi secara mengejutkan Vietnam yang mengandalkan serangan balik berhasil mencetak gol lebih dulu pada menit ke-39. Nguyen Tien Linh yang menyelinap masuk berhasil melesakkan gol dengan tendangan kerasnya ke gawang Oman. Aksi striker andalan Vietnam ini membuat Vietnam sendiri unggul dengan skor 0-1.

Sayangnya ternyata keunggulan Vietnam tak bertahan terlalu lama. Pada masa injury time babak pertama, Oman berhasil menyamakan kedudukan. Issam Al Sabhi berhasil melesakkan gol cantik yang menggetarkan gawang Vietnam. Aksi Issam Al Sabhi ini menutup babak pertama dengan skor imbang 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Oman yang seolah mendapat second win usai menyamakan kedudukan, bermain lebih percaya diri. Bermain lebih dominan, Oman pun berhasil melesakkan gol tambahannya pada saat babak kedua memasuki menit ke-49. Gol kedua Oman ini dicetak oleh pemainnya yang bernama Mohsin Al-Khaldi lewat sepakan kerasnya yang mengubah kedudukan kini menjadi 2-1 untuk Oman.

Memasuki pertengahan babak kedua, Vietnam mendapat nasib buruk karena pelanggaran yang dilakukan salah satu pemainnya di area terlarang membuat wasit memberikan tendangan penalti pada tuan rumah. Pada menit ke-63, Salaah Al-Yahyaei sukses mengeksekusi penalti itu untuk membuat skor kini menjadi 3-1 untuk keunggulan Oman. Skor ini kemudian tak berubah sampai laga selesai dan kemenangan pun jatuh ke tangan Oman.

Susunan Pemain Oman vs Vietnam

Oman (4-3-3): Faiyz Al Rashidi, Amjad Al Harthi, Ahmed Al Khamisi, Habsi Juma, Ali Al-Busaidi, Mohsin Al-Khaldi, Jameel Al Yahmadi, Harib Al Saadi, Khalid Al Hajri, Issam Al Sabhi, Salaah Al Yahyaei.

Vietnam (3-4-3): Nguyen Van Hoang, Tien Bung Dui, Que Ngoc Hai, Duy Mann Do, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Hoang Duc, Duc Huy Pham, Ho Tan Tai, Nguyen Chong Puong, Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai.