google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Portugal Menang Dramatis atas Irlandia

Portugal vs Irlandia
Portugal sukses menangi duel melawan Irlandia di fase grup kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Sky Sports.

Tim nasional Portugal sukses meraih kemenangan saat menghadapi Irlandia di laga keempat babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A. Memainkan laga di kandang sendiri, Portugal mendapat kesulitan berarti lantaran sang tamu di sepanjang permainan bermain sangat bertahan. Kondisi diperparah dengan Portugal yang sempat tertinggal lebih dulu. Namun berkat kerja keras, Selecao das Quinas sukses amankan kemenangan dengan cara yang cukup dramatis atas Irlandia. Cristiano Ronaldo dan kawan kawan sukses membalikkan keadaan di laga ini untuk memenangkan pertandingan dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Dua gol penentu kemenangan Timnas Portugal di pertandingan ini diborong oleh pemain anyar Manchester United, yakni Cristiano Ronaldo. Dengan tamabahan dua golnya ini, Ronaldo sukses menjadi pemegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level Internasional dengan catatan 111 gol. Ronaldo berhasil unggul dua gol dari legenda sepakbola Iran, yakni Ali Daei yang sepanjang karir Internasionalnya sukses menorehkan total 109 gol bersama Timnas Iran.

Berkat kemenangan ini, Portugal sukses mengkokohkan diri di puncak klasemen sementara Grup A babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Portugal sukses unggul 3 poin dari rival terdekat mereka, yakni Serbia yang duduk nyaman di posisi 2. Portugal sejauh ini sukses mengoleksi 10 poin dari 4 kali berlaga dengan rincian, 3 kali menang dan sekali imbang. Sedangkan bagi Irlandia, kekalahan ini menahan mereka tetap berada di posisi 4 klasemen sementara dengan masih mengoleksi poin 0. Irlandia belum mendapat poin setelah melewati 3 laga awal dengan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat harus dijalani oleh Timnas Portugal saat menjamu Timnas Irlandia di laga keempat babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebagai tim unggulan di grup tersebut, Portugal jauh lebih diunggulkan di pertandingan kali ini. Alhasil sejak laga dimulai, anak asuhan Fernando Santos langsung mengambil inisiatif pertandingan dan menekan Irlandia di area pertahanannya sendiri.

Sayangnya memang pada laga ini, pasukan Irlandia memasang strategi bertahan dengan sangat rapat. Mereka hanya andalkan serangan balik untuk balik mengancam gawang tuan rumah. Alhasil dengan kondisi seperti itu, Ronaldo dan kawan kawan gagal melesakkan gol. Bahkan meski sempat mendapat hadiah penalti di menit ke-15, Ronaldo yang jadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya.

Alih alih melesakkan gol, gawang Portugal malah kebobolan lebih dulu di ujung babak pertama, tepatnya menit ke-45. John Egan yang naik membantu serangan berhasil menyambar umpan matang Jamie McGrath untuk melesakkan gol ke gawang Portugal dan membawa timnya unggul 0-1 sampai laga babak pertama selesai.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Portugal yang masih tertinggal menaikan tensi serangan demi bisa melesakkan gol balasan. Namun kondisi itu masih terhalang oleh lini belakang Irlandia yang bermain sangat disiplin dan solid dalam meredam serangan lawan.

Enggan menyerah, usaha keras Portugal pun berbuah manis saat babak kedua memasuki menit akhir, yakni menit ke-89. Cristiano Ronaldo sukses membayar kesalahanya saat gagal melesakkan gol lewat titik putih, setelah sukses meneruskan umpan Goncalo Guedes menjadi gol. Aksi Ronaldo ini merubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Ketika pertandingan terasa akan selesai dengan hasil imbang, tepat di ujung masa injury time, Portugal sukses melesakkan gol keduanya. Ronaldo kembali menjadi momok menakutkan bagi Irlandia di laga ini. Bracenya usai memanfaatkan umpan Joao Mario sukses memastikan Portugal menang dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Portugal vs Irlandia

Portugal (4-3-3): Rui Patricio, Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro, Bruno Fernandes, Joao Palhinha, Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, Rafa Silva.

Irlandia (3-5-2): Gavin Bazunu, John Egan, Dara O’Shea, Sean Duffy, Matt Doherty, Jamie McGrath, Josh Cullen, Jeff Hendrick, Seamus Coleman, Adam Idah, Aaron Connolly.