google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Portugal Tundukkan Azerbaijan

Azerbaijan vs Portugal
Portugal bawa pulang kemenangan dari markas Azerbaijan di kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: FotMob.

Raihan memuaskan berhasil didapat oleh Timnas Portugal saat bersua Azerbaijan di lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A. Meskipun bermain di markas lawan, namun Portugal dengan segala keunggulannya berhasil mendominasi laga ini hampir sepanjang 90 menit. Tuan rumah sendiri yang hanya andalkan serangan balik, pada akhirnya tak mampu menahan kedigdayaan tamunya. Selecao das Quinas sukses amankan kemenangan di pertandingan kali ini. Skuad asuhan Fernando Santos tersebut memenangkan pertandingan dengan skor cukup memuaskan, yaitu 0-3.

Gol gol kemenangan Timnas Portugal di pertandingan ini lahir dari tiga pemain berbeda. Mereka di antaranya adalah, Bernardo Silva, Diogo Jota, dan Andre Silva. Dari catatan statistik saja kita sudah bisa melihat bahwa kedua tim memiliki perbedaan sangat jauh. Portugal sanggup mencatatkan 69 persen penguasaan bola berbanding 31 persen. Bahkan Tim Samba Eropa sukses melepaskan hingga 21 tembakan di laga ini. Berbanding sangat jauh dengan Azerbaijan yang sepanjang laga hanya berhasil membuat 4 tembakan yang semuanya off target.

Berkat raihan kemenangan ini, Portugal semakin kokoh berdiri di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Portugal masih unggul 2 poin dari rival terdekat mereka, yakni Serbia di posisi 2. Sampai kini, Portugal sudah mengoleksi 13 poin dari 5 kali berlaga dengan hasil 4 kali menang, dan 1 kali seri. Sedangkan bagi Azerbaijan, kekalahan ini menenggelamkan mereka di dasar klasemen dan sudah pasti menutup asa mereka lolos ke Piala Dunia. Azerbaijan baru meraih 1 poin, hasil dari 5 laga dengan rincian, 4 kali kalah, dan 1 kali seri.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik mempertemukan tuan rumah Timnas Azerbaijan dengan lawannya, raksasa Eropa, yakni Portugal di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A. Meski bermain di kandang sendiri, tentu saja dengan lawan mereka yang merupakan juara Piala Eropa 2016, Azerbaijan otomatis hanya mampu andalkan permainan bertahan. Sejak awal laga, Portugal memang lantas langsung mengambil inisiatif serangan.

Pada menit ke-26, usaha Portugal membuka skor akhirnya membuahkan hasil. Umpan matang kreasi Bruno Fernandes berhasil dikonversi menjadi gol oleh Bernardo Silva. Kolaborasi dua pemain asal klub Manchester tersebut berhasil membawa Portugal untuk sementara unggul dengan skor 0-1.

Hanya berselang lima menit kemudian, tim tamu berhasil melesakkan gol keduanya. Berawal dari Diogo Jota yang memberikan umpan, Andre Silva sukses meneruskan bola menjadi gol. Aksi striker anyar RB Leipzig tersebut berhasil menggandakan keunggulan Portugal menjadi 0-2. Kedudukan ini kemudian berhasil dipertahankan Portugal sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Usai turun minum, Azerbaijan yang tertinggal 3 gol berusaha keras untuk mencari gol balasan. Tetapi kualitas skuad yang mereka miliki membuat usaha mereka selalu alami kegagalan. Barisan belakang Portugal dengan mudah meredam percobaan demi percobaan pemain tuan rumah.

Bukannya melesakkan gol untuk memperkecil ketertinggalan, gawang Azerbaijan malah harus kembali dibobol lawannya. Kali ini giliran Diogo Jota yang sumbangkan golnya di menit ke-75 setelah bekerjasama dengan Joao Cancelo untuk melesakkan gol ketiga bagi Portugal. Skor 0-3 ini berhasil dipertahankan Portugal sampai laga selesai dan kemenangan pun jadi milik mereka untuk raihan tiga poin.

Susunan Pemain Azerbaijan vs Portugal

Azerbaijan (3-4-3): Shakhrudin Magomedaliyev, Elvin Badalov, Hojatollah Haghverdi, Azer Salahli, Abbas Huseynov, Emin Makhmudov, Qara Garayev, Tamkin Khalilzade, Namig Alasgarov, Mahir Emreli, Filip Ozobic.

Portugal (4-3-3): Rui Patricio, Raphael Guerreiro, Pepe, Ruben Dias, Joao Cancelo, Bruni Fernandes, Joao Palhinha, Joao Moutinho, Bernardo Silva, Andre Silva, Diogo Jota.