google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Prancis Imbang dengan Ukraina

Ukraina vs Prancis
Prancis ditahan imbang Ukraina di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup D.

cr photo: Diario AS

Laga seru mempertemukan dua tim kuat, yakni Timnas Prancis dengan Timnas Ukraina di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup D Zona Eropa. Sebagai salah satu tim unggulan, Prancis sebenarnya tetap dijagokan untuk meraih kemenangan di pertandingan kali ini. Namun pada kenyataannya, yang terjadi adalah Ukraina justru berhasil memberikan perlawanan yang amat ketat di sepanjang jalannya laga. Sama sama bermain dengan disiplin, kedua tim mesti puas hanya mampu bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Satu gol Ukraina di pertandingan kali ini dilesakkan oleh pemainnya yang bernama Mykola Shaparenko. Sedangkan satu gol balasan yang dicetak Prancis, lahir lewat aksi pemain Manchester United, yaitu Anthony Martial. Secara statistik, laga ini memang lebih dikuasai oleh Prancis sebagai tim tamu. Mereka membuat 62 persen penguasaan bola berbanding 38 persen. Prancis juga membuat lebih banyak tembakan, yakni mencapai 16 kali. Sementara tuan rumah sepanjang laga hanya membuat 8 tembakan. Sayang meski demikian, kedua tim mesti puas hanya berbagi poin di laga ini.

Meski bermain imbang, Prancis masih berhasil mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022. Prancis masih berhasil unggul 4 poin dari Finlandia yang duduk di posisi 2 klasemen dengan poin 5. Sejauh ini Prancis sendiri sudah mengoleksi 9 poin dari 5 kali berlaga dengan rincian, 2 kali menang dan 3 kali seri. Sedangkan bagi Ukraina, hasil imbang ini membuat mereka ada di posisi 3 klasemen dengan poin 5, kalah selisih gol dari Finlandia di posisi 2. Ukraina meraih 5 poin, usai 5 laga yang mereka jalani berakhir imbang.

Rangkuman Pertandingan

Tim Nasional Prancis bertandang untuk menghadapi Tim Nasional Ukraina di lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup D Zone Eropa. Bermain di kandang sendiri, Ukraina memang nampak sama sekali tak gentar dengan nama besar lawannya. Prancis sendiri, meski masih duduk di puncak klasemen, tetap membutuhkan kemenangan demi menjaga posisi di klasemen. Laga pun langsung berjalan seru sejak pertandingan dimulai.

Sepanjang babak pertama berjalan, kedua kesebelasan sama sama bermain terbuka. Namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka tak kunjung melesakkan gol. Prancis sebenarnya yang lebih dominan memiliki sejumlah peluang mencetak gol. Tetapi usahanya masih bisa diredam oleh sang tuan rumah.

Gol pada babak pertama akhirnya lahir saat memasuki menit ke-44. Mykola Shaparenko yang mendapat peluang berhasil mengelabui bek bek Prancis sebelum akhirnya melesakkan gol ke gawang Juara Dunia 2018 tersebut. Shaparenko sukses membawa Ukraina sementara memimpin 1-0 hingga babak pertama selesai.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, pasca turun minum, Prancis menaikan intensitas serangan mereka. Didier Deschamps juga melakukan beberapa pergantian pemain demi membuat lini serangnya lebih berbahaya. Ini lebih efektif karena selanjutnya mereka memang mendapat lebih banyak peluang.

Usaha keras Prancis akhirnya berbuah manis di menit ke-50 babak kedua. Anthony Martial yang lakukan comeback bersama skuad Les Bleus pasca pulih dari cedera, berhasil melesakkan gol ke gawang Ukraina. Bintang Manchester United tersebut sukses membuat skor menjadi imbang 1-1. Sayang setelah ini pertandingan berjalan alot meski kedua tim sama sama lancarkan serangan. Usaha keras kedua tim pun nihil hasil sehingga pertandingan selesai dengan skor akhir imbang 1-1.

Susunan Pemain Ukraina vs Prancis

Ukraina (3-4-2-1): Andriy Pyatov, Illia Zabarnyi, Sergey Krivtsov, Mykola Matvienko, Oleksandr Tymchyk, Taras Stepanenko, Mykola Shaparenko, Vitalii Mykolenko, Andriy Yarmolenko, Viktor Tsigankov, Roman Yaremchuk.

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris, Lucas Digne, Presnel Kimpembe, Kurt Zouma, Leo Dubois, Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Paul Pogba, Kingsley Coman, Anthony Martial, Antoine Griezmann.