google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Rusia Sukses atasi Perlawanan Siprus

Siprus vs Rusia
Rusia menang meyakinkan di markas Siprus pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: New Straits Times.

Tiga poin penuh berhasil diraih oleh Timns Rusia saat menghadapi Timnas Siprus di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup H. Meski memainkan laga di kandang lawan, Rusia yang memiliki kualitas skuad yang cukup mumpuni berhasil tampil lebih dominan di sepanjang laga. Namun, Siprus di luar dugaan memang bisa memberikan perlawanan ketat dengan membuat lebih banyak peluang. Beruntung, Rusia masih mampu tampil tenang untuk kemudian sukses amankan kemenangan. Skuad berjuluk Beruang Merah ini sukses meraih kemenangan dengan skor akhir cukup meyakinkan, yakni 0-2.

Gol gol penentu kemenangan Rusia di pertandingan kali ini masing masing dilesakkan oleh Aleksandr Yerokhis dan Rifat Zhemaletdinov. Dari catatan statistik terlihat bahwa Rusia memang unggul dalam segi penguasaan bola dengan catatkan 62 persen penguasaan bola berbanding 38 persen. Namun Siprus lebih banyak melepas tembakan dengan total 16 kali, sementara tamunya hanya membuat 9 tembakan. Walau demikian, Rusia yang tampil efektif sukses lesakkan dua gol yang menjadi penentu kemenangan mereka di laga ini.

Tambahan tiga poin dari laga ketat ini antar Rusia duduk di puncak klasemen sementara Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022. Rusia berhasil menggeser posisi Kroasia ke peringkat 2 klasemen, dan kini mereka sukses unggul selisih gol dari runner-up Piala Dunia 2018 tersebut. Rusia sejauh ini sudah meraih 10 poin dari 5 kali bertanding dengan hasil 3 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kalah. Sementara bagi Siprus, kekalahan ini menenggelamkan mereka di dasar klasemen Grup H. Siprus sampai saat ini baru mengoleksi 4 poin dari 5 kali bermain dengan rincian, 1 kali menang, 1 kali seri, dan 3 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik mempertemukan Rusia dengan Timnas Siprus di lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup H Zona Eropa. Berstatus sebagai tuan rumah, Siprus memang sejak laga dimulai berusaha meladeni permainan terbuka sang lawan. Akan tetapi Rusia yang memburu kemenangan memang tampil jauh lebih tenang dan mampu menguasai jalannya pertandingan.

Bahkan gol sudah berhasil dilesakkan oleh Rusia ketika babak pertama baru berjalan enam menit. Aksi Aleksandr Yerokhis meneruskan umpan Fedor Smolov menjadi gol berhasil membawa pasukan Rusia untuk sementara memimpin dengan skor 0-1.

Setelah gawangnya kebobolan, Siprus berusaha bermain lebih agresif lagi demi bisa melesakkan gol dan menyamakan kedudukan. Tetapi serangan mereka terlalu mudah dipatahkan, serta diredam oleh barisan pertahanan Rusia. Sepanjang babak pertama berjalan, Siprus pun gagal menyamakan kedudukan. Alhasil babak pertama selesai dengan skor 0-1 untuk keunggulan Rusia.

Babak Kedua

Usai turun minum, Rusia berusaha membuat laga lebih cepat selesai dengan memburu gol kedua. Alhasil di babak kedua ini konsentrasi terpecah antara menyerang dan bertahan yang membuat mereka kian kesulitan untuk mengejar ketertinggalan.

Kondisi ini sukses dimanfaatkan Rusia untuk melesakkan gol keduanya saat babak kedua memasuki menit ke-55. Fedor Smolov kembali mencatatkan assist yang kini memudahkan Rifat Zhemaletdinov mencetak gol. Lesakkan pemain Rusia itu sukses menggandakan keunggulan tim tamu kini menjadi 0-2.

Di sisa waktu babak kedua, Siprus bukan tanpa peluang. Usaha mereka memang terus tak berhenti untuk mengejar ketertinggalan. Namun sama seperti babak pertama, lemahnya penyelesaian akhir membuat Rusia dengan mudah mematahkan serangannya. Laga pun selesai dengan skor akhir 0-2 untuk kemenangan Rusia.

Susunan Pemain Siprus vs Rusia

Siprus (3-4-3): Neophytos Michael, Nikolas Panayiotou, Fanos Katelaris, Andreas Karo, Paris Psaltis, Grigoris Kastanos, Kostakis Artymatas, Nikolas Ioannou, Ioannis Pittas, Fotis Papoulis, Loizos Loizou.

Rusia (4-3-3): Guilherme, Ilya Samoshnikov, Georgiy Dzhikiya, Igor Diveev, Vyacheslav Karavaev, Aleksandr Golovin, Dmitri Barinov, Aleksandr Yerokhin, Denis Cherysev, Fedor Smolov, Aleksei Miranchuk.