google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Spanyol Menang Tipis atas Yunani

Yunani vs Spanyol
Yunani gagal bendung Spanyol di lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Diario AS.

Hasil cukup positif berhasil didapat oleh kesebelasan Timnas Spanyol saat menghadapi Yunani di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Kendati bermain di kandang lawan, Spanyol masih mampu tampil dengan ciri khasnya, yakni penguasaan bola yang kuat. Sayangnya, Yunani ternyata di pertandingan kali bertahan sangat baik sehingga sempat memberikan tekanan dan perlawanan yang cukup alot. Meski demikian, dengan kesabaran, anak asuhan Luis Enrique tetap mampu meraih kemenangan di laga ini. Tiga poin sukses direbut La Furia Roja usai menaklukan Negeri Seribu Dewa dengan skor tipis saja, yaitu 0-1.

Gol tunggal yang kemudian menjadi penentu kemenangan Timnas Spanyol pada pertandingan kali ini dilesakkan oleh Pablo Sarabia melalui eksekusi penalti. Dilihat dari statistik memang Spanyol lebih layak menang karena unggul di semua aspek permainan. Bahkan penguasaan bola Spanyol di laga ini menyentuh angka 73 persen berbanding 27 persen. Mereka juga melepaskan tembakan sebanyak, 12 kali berbanding jauh dengan Yunani yang di sepanjang pertandingan hanya mampu melepaskan 3 tembakan saja.

Dengan hasil maksimal ini, Spanyol sukses mendapatkan tiga poin penuh yang pertahankan posisi mereka di puncak klasemen sementara Grup B kualifikasi Piala Dunia. Spanyol berhasil menyalip Swedia dan kini mereka unggul satu poin dari mereka. Sejauh ini, Spanyol sendiri sudah berhasil mengoleksi 16 poin dari 7 laga dengan rincian, 5 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi Yunani, kekalahan ini menahan mereka tetap di posisi 3 klasemen. Yunani baru meraih 9 poin dari 7 laga dengan hasil, 2 kali menang, 3 kali seri, dan 2 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru menghadirkan duel antara tuan rumah Yunani dengan Timnas Spanyol dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Meskipun bermain di kandang lawan, namun Spanyol memang tetap membidik kemenangan demi bisa menjaga asa mereka lolos ke putaran final Piala Dunia. Sejak awal pertandingan, skuad asuhan Luis Enrique langsung tancap gas dengan mengurung Yunani di pertahanannya sendiri.

Kebuntuan pada akhirnya sudah bisa dipecahkan lebih dulu oleh Spanyol saat babak pertama memasuki menit ke-26. Berawal dari pelanggaran pemain Yunani di area terlarang, wasit lantas memberi penalti pada Spanyol. Pablo Sarabia yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik untuk melesakkan gol dan membawa Spanyol unggul dengan skor 0-1.

Setelah unggu, Spanyol lebih nyaman memainkan bola. Mereka benar benar tak membiarkan sang tuan rumah memegang terlalu lama dengan terus memberikan tekanan dan mengurungnya di area sendiri. Sayang usaha Spanyol menambah skor masih gagal. Sampai dengan babak pertama selesai skor tetap 0-1 untuk keunggulan Spanyol.

Babak Kedua

Memasuki jalannya pertandingan babak kedua, Spanyol masih mengontrol jalannya pertandingan. Mereka masih berusaha keras menambah gol demi mengamankan kemenangan mereka di pertandingan ini. Namun memang masih sama seperti jalannya babak pertama, Spanyol masih sangat kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah melalui set play.

Sementara di kubu Yunani sendiri, mereka sama saja kesulitan dalam usahanya melesakkan gol ke gawang tim tamu. Kendati sudah melakukan beberapa pergantian pemain, akan tetapi kualitas Yunani nampaknya masih belum mampu mengalahkan supremasi La Roja. Sampai dengan babak kedua selesai tak ada lagi gol yang lahir alhasil kemenangan berhasil didapat oleh Spanyol dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain Yunani vs Spanyol

Yunani (5-3-2): Odisseas Vlachodimos, Thanasis Androustos, Dimitrios Goutas, Giorgos Tzavellas, Konstantinos Tsimikas, Dimitrios Giannoulis, Manolis Siopis, Andreas Bouchalakis, Petros Mantalos, Giorgos Masouras, Evangelos Pavilidis.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Jose Gaya, Aymeric Laporte, Inigo Martinez, Dani Carvajal, Koke, Rodri Hernandez, Pablo Gavira, Pablo Sarabia, Alvaro Morata, Raul de Tomas.