google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Swedia Sukses Kalahkan Spanyol

Swedia vs Spanyol
Swedia sukses taklukan Spanyol di kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: La Prensa Latina.

Kejutan terjadi ketika Timnas Swedia menghadapi Timnas Spanyol di lanjutan laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup B. Sebagai salah satu semifinalis Piala Eropa 2020 lalu, Spanyol lebih diunggulkan menang di pertandingan ini. Pasalnya secara kualitas pemain juga mereka tak alami perubahan signifikan. Akan tetapi Swedia yang berstatus sebagai tuan rumah di pertandingan ini benar benar memberikan perlawanan yang sangat ketat. Tak mampu bangkit, pada akhirnya Spanyol pun harus rela menelan pil pahit di laga ini. Tim Matador harus kalah dari Swedia dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Dua gol yang kemudian menjadi penentu kemenangan Swedia di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Alexander Isak dan Victor Claesson. Sedangkan satu satunya gol balasan La Furia Roja di laga ini dicetak oleh gelandang milik Valencia, yakni Carlos Soler. Cukup disayangkan Spanyol kalah, karena sedianya mereka jauh lebih dominan. Spanyol catatkan 75 persen penguasaan bola berbanding 25 persen. Bahkan jumlah tembakan yang dilepas Spanyol pun lebih banyak, yaitu 12 berbanding 6 milik Swedia.

Berkat kemenangan ini, Swedia berhasil beridir kokoh di puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022. Swedia saat ini unggul atas Spanyol di posisi 2 klasemen dengan selisih 2 poin saja. Swedia yang baru bermain 3 kali berhasil menyapu tiga laga tersebut dengan kemenangan sehingga kini poin mereka 9. Sementara Spanyol yang kalah harus puas duduk di posisi 2 klasemen. Anak asuhan Luis Enrique baru meraih 7 poin dari 4 kali berlaga dengan hasil 2 kali menang, 1 kali imbang dan 1 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru menghadirkan Timnas Swedia dengan Timnas Spanyol di pertandingan keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup B. Duel ini sendiri sebenarnya laga ulangan fase grup Piala Eropa 2020 lalu, di mana di pertandingan tersebut kedua kesebelasan berbagi angka 0-0. Namun di laga ini masing masing tim nampak sangat termotivasi meraih kemenangan, oleh karena itu laga berjalan ketat sejak dimulai.

Baru lima menit babak pertama berjalan, Spanyol berhasil lebih dulu melesakkan gol pembuka di pertandingan ini. Sebuah umpan yang dilepas Jordi Alba berhasil jatuh di kaki Carlos Soler. Gelandang milik klub Valencia itu kemudian melesakkan gol ke gawang lawan yang membawa Spanyol sementara memimpin dengan skor 0-1.

Akan tetapi sangat mengejutkan karena keunggulan Spanyol ini tak bertahan lama. Belum genap semenit kemudian, gol balasan berhasil dilesakkan oleh Swedia. Alexander Isak yang mengacak acak pertahanan Spanyol sukses menyelesaikan peluang yang ia buat sendiri. Aksi striker gesit milik Real Sociedad ini merubah skor jadi imbang 1-1. Kedudukan ini bertahan sampai laga selesai, karena tak ada lagi gol yang tercipta.

Babak Kedua

Pasca turun minum, Swedia yang bermain lebih mengandalkan serangan balik bergerak cepat di awal awal babak kedua. Hasilnya saat laga memasuki menit ke-57, mereka sukses melesakkan gol keduanya. Dejan Kulusevski memberikan umpan terukur yang sukses diselesaikan dengan baik oleh Victor Claesson untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk Swedia.

Di sisa waktu pertandingan babak kedua, Spanyol yang tertinggal lantas mengurung pertahanan tuan rumah demi bisa mengejar ketertinggalan. Meski demikian, Swedia bertahan dengan sangat baik untuk meredam agresifitas Tim Matador. Laga pun selesai dengan Swedia keluar sebagai pemenang usai mempertahankan skor 2-1 yang mereka buat.

Susunan Pemain Swedia vs Spanyol

Swedia (4-4-2): Robin Olsen, Emil Krafth, Victor Lindelof, Filip Helander, Ludwig Augustinsson, Viktor Claesson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Dejan Kulusevski, Alexander Isak.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon, Jordi Alba, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Cesar Azpilicueta, Koke, Sergio Busquets, Carlos Soler, Gerard Moreno, Alvaro Morata, Ferran Torres.