google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Turki Sukses Kalahkan Gibraltar

Gibraltar vs Turki
Turki menang mudah di kandang Gibraltar dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

cr photo: Livik.

Hasil impresif berhasil diraih oleh Tim Nasional Turki ketika menghadapi Timnas Gibraltar di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Walaupun bermain di kandang lawan, namun keunggulan skuad yang dimiliki Turki membuat mereka meman terasa bermain di kandangnya sendiri. Di sepanjang jalannya pertandingan, Turki memang bermain jauh mendominasi, bahkan tuan rumah dipaksa bermain bertahan di areanya sendiri. Sempat kesulitan menembus pertahanan berlapis sang lawan, Turki akhir sukses amankan kemenangan. Skuad asuhan Senol Gunes akhirnya menang dengan skor cukup meyakinkan, yakni 0-3.

Gol gol yang tercipta dan menjadi penentu kemenangan pasukan Turki masing masing dilesakkan oleh Halil Dervisoglu, Hakan Calhanoglu, dan Kenan Karaman. Melihat dari statistik, sudah jelas di laga ini Turki sangat layak menang. Menguasai hingga 77 persen penguasaan dan melepaskan hingga 21 tembakan menjadi bukti jomplangnya kualitas antar kedua kesebelasan di laga ini. Kemenangan ini cukup untuk memberikan suntikan kepercayaan diri bagi para skuad Turki.

Tambahan tiga poin dari kemenangan ini juga berhasil antarkan mereka kembali duduk di puncak klasemen sementara Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Turki sukses menggusur Belanda ke posisi 2 dengan keunggulan 1 poin saja. Sampai dengan sejauh ini, Turki sudah mengoleksi 11 poin dari 5 kali berlaga dengan hasil 3 kali menang dan 2 kali alami hasil imbang. Sedangkan bagi Gibraltar, kekalahan ini kian membuat mereka terbelenggu di dasar klasemen Grup G. Gibraltar sama sekali belum mendapat poin usai kalah 5 kali dari 5 laga yang sudah mereka jalani.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Gibraltar kedatangan lawan berat, yakni Timnas Turki dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Meskipun mereka bermain di kandang sendiri, Gibraltar sama sekali tak mampu mengimbangi permainan sang tamu. Dengan kualitas skuad seadanya, Gibraltar otomatis harus bermain bertahan sangat rapat sejak laga dimulai untuk meredam serangan lawan.

Pada menit ke-4, Turki sudah memiliki kans sangat terbuka untuk bisa membuka skor. Pelanggaran yang dilakukan pemain Gibraltar di area terlarang membuat wasit memberikan tendangan penalti pada Turki. Sayangnya Enes Unal yang jadi algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Sepanjang jalannya laga babak pertama, Turki memang memiliki banyak sekali peluang mencetak gol. Tetapi memang lawan mereka bermain sangat rapat di belakang sehingga belum ada gol yang tercipta. Bahkan babak pertama pun harus selesai dengan skor akhir imbang 0-0.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Turki sedikit merubah strategi mereka dengan bermain lebih sabar untuk memancing para pemain lawan keluar. Hal ini efektif membuat Turki akhirnya sukses melesakkan gol pembuka di menit ke-54. Umpan matang Hakan Calhanoglu berhasil disambar oleh Halil Dervisoglu untuk membawa Turki sementara memimpin dengan skor 0-1.

Usai mencetak assist, pada menit ke-65, Calhanoglu berhasil melesakkan gol ke gawang Gibraltar. Kali ini ia memanfaatkan bola sodoran dari Efecan Karaca. Pemain andalan Inter Milan itu sukses menggandakan skor bagi Turki kini menjadi 0-2.

Menjelang akhir babak pertama, yakni di menit ke-83, Turki sukses memantapkan keunggulan mereka dengan menambah gol. Kenan Karaman sukses catatkan namanya di papan skor usai manfaatkan umpan Mert Muldur untuk memastikan Turki menang di laga ini dengan skor akhir 0-3.

Susunan Pemain Gibraltar vs Turki

Gibraltar (4-3-3): Dayle Coleing, Graeme Torrilla, Roy Chipolina, Aymen Mouelhi, Ethan Britto, Jack Sergeant, Scott Wiseman, Julian Valarino, Tjay de Barr, Kian Ronan, Anthony Hernandez.

Turki (4-4-2): Ugurcan Cakir, Mert Muldur, Kaan Ayhan, Caglar Soyuncu, Mehmet Zeki Celik, Efecan Karaca, Enes Unal, Yusuf Yazici, Taylan Antalyali, Muhammed Akturkoglu, Orkun Kokcu.