google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala Dunia: Ukraina Berhasil Bekuk Bosnia

Raihan positif berhasil didapat oleh Timnas Ukraina dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa melawan Bosnia. Berstatus sebagai tim tamu, Ukraina dalam masalah serius lantaran mereka mesti menang apabila mau setidaknya lolos ke Piala Dunia melalui babak play-off. Sepanjang laga, beruntung bagi Ukraina meskipun mereka bermain di kandang lawan, namun mereka masih sanggup bermain dengan cukup baik meredam agresifitas tuan rumah. Lewat kerja keras, pada akhirnya Ukraina berhasil amankan kemenangan di laga ini. Ukraina sukses menang dengan skor meyakinkan, yaitu 0-2.

Gol gol yang dilesakkan para pemain Timnas Ukraina sekaligus penentu kemenangan mereka di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Oleksandr Zinchenko dan Artem Dovbyk. Dalam laga ini, Ukraina memang lebih dominan meski bermain sebagai tamu. Mereka mencatatkan 57 persen penguasaan bola berbanding 43 persen. Jumlah tembakan yang mereka lepaskan juga lebih banyak, yaitu 15 berbanding 7 tembakan. Dengan keunggulan ini, Ukraina memang lebih layak meraih kemenangan.

Atas kemenangan ini, Ukraina berhak atas tiga poin penuh yang membuat mereka naik ke posisi 2 klasemen akhir Grup D kualifikasi Piala Dunia. Skuad Ukraina berhasil melaju ke babak play-off usai menggeser Finlandia dengan selisih poin cukup tipis, yakni 1 poin saja. Ukraina sendiri secara total berhasil mengoleksi 12 poin dari 8 laga dengan rincian, 2 kali menang, dan 6 kali seri tanpa sekalipun kalah. Sedangkan bagi Bosnia, kekalahan ini menahan mereka tetap di posisi 4 klasemen. Bosnia hanya meraih 7 poin dari 8 laga dengan raihan, 1 kali menang, 4 kali seri, dan 3 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Duel sengit terjadi antara tuan rumah Timnas Bosnia dengan Timnas Ukraina dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Ukraina yang butuh kemenangan untuk bisa melangkah ke babak play-off Piala Dunia langsung menekan sejak awal awal pertandingan. Akan tetapi memang, Bosnia yang walau sudah dipastikan tak lolos tetap berusaha memberikan penampilan terbaik mereka di laga ini.

Memainkan permainan cepat mengandalkan sayap sayap mereka, Ukraina beberapa kali berhasil menembus pertahanan lawan dan sanggup menciptakan beberapa peluang. Namun sayang memang penyelesaian akhir mereka masih buruk. Ditambah lagi lini belakang Bosnia yang masih sanggup bermain agresif. Beruntung bagi Ukraina karena tuan rumah tak mampu memanfaatkan kebuntuan mereka. Babak pertama pun selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Usai memasuki babak kedua, permainan kedua tim tak hadirkan perubahan yang terlalu besar, Ukraina masih dengan sistem yang sama namun kini mereka berusaha untuk tak mudah kehilangan bola dan lebih fokus saat berusaha membongkar pertahanan lawannya.

Kerja keras Ukraina membongkar pertahanan lawan berbuah manis pada menit ke-59. Oleksandr Zinchenko melepas sebuah tembakan terukur yang gagal dihalau oleh kiper lawan. Aksi bek kanan milik klub Manchester City tersebut sukses melahirkan gol yang membawa Ukraina sementara unggul dengan skor 0-1.

Berselang 20 menit setelahnya, yaitu di menit ke-79, Ukraina berhasil menggandakan keungulannya lewat permainan agresif mereka. Artem Dovbyk yang sukses memaksimalkan umpan Mykola Shaparenko sukses melahirkan gol untuk menggandakan keunggulan Ukraina menjadi 0-2. Skor ini ternyata mampu dipertahanan sampai laga selesai dan kemenangan pun jadi milik Ukraina.

Susunan Pemain Bosnia vs Ukraina

Bosnia (4-3-3): Nikola Vasilj, Anel Ahmedhodzic, Denis Hadzikadunic, Adnan Kovacevic, Mateo Susic, Sanjin Prcic, Amir Hadziahmetovic, Amer Gojak, Miroslav Stevanovic, Ermedin Demirovic, Luka Menalo.

Ukraina (3-4-3): George Bushchan, Mykola Matviyenko, Taras Stepanenko, Illa Zabarnyi, Eduard Sobol, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Oleksandr Tymchyk, Viktor Tsigankov, Roman Yaremchuk, Andriy Yarmolenko.