Piala Eropa: Finlandia Sukses Kalahkan Kazakhstan

Kazakhstan vs Finlandia
Gol tunggal Oliver Antman bawa Finlandia atasi perlawanan Kazakhstan.

cr photo: AP News.

Hasil kemenangan berhasil dipetik Timnas Finlandia yang berhadapan dengan Timnas Kazakhstan di matchday keempat kualifikasi Piala Eropa. Kesebelasan Kazakhstan di pertandingan kali ini menjadi tuan rumah sehingga mereka mengincar kemenangan untuk mendapatkan poin penuh. Sedangkna Finlandia yang bertanding sebagai tim tamu juga mengincar kemenangan demi hal yang sama. Duel sempat berlangsung ketat karena kedua kesebelasan sama sama menampilkan permainan terbuka. Tetapi akhirnya Finlandia sukses mengunci kemenangan dengan skor akhir 0-1.

Gol tunggal yang sukses dilesakkan oleh skuad Finlandia yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka di pertandingan kali ini lahir melalui aksi dari Oliver Antman. Melihat catatan statistik, skuad Finlandia yang bermain sebagai tim tamu ternyata masih bisa mendominasi duel ini. Teemu Pukki dan kawan kawan unggul di hampir semua aspek permainan atas sang tuan rumah. Jadi meskipun pasukan tuan rumah sempat memberikan perlawanan yang ketat, mereka tetap bisa mengunci kemenangan.

Dengan hasil kemenangan ini, skuad Timnas Finlandia sukses meraih tiga poin penuh yang membuat mereka kini duduk di posisi puncak klsemen sementara Grup H kualifikasi Piala Eropa 2024. Pasukan Finlandia masih sukses menjaga tren apik mereka dalam empat laga terakhir. Sampai dengan sejauh ini Finlandia sudah meraih 12 poin dari 5 laga dengan rincian 4 kali menang dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi pasukan Kazakhstan, kekalahan ini menempatkan mereka di posisi 4 klasemen dengan koleksi 9 poin dari 5 kali bermain.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Timnas Kazakhstan harus menjamu tim kuat Finlandia di lanjutan matchday kelima kualifikasi Piala Eropa 2024. Bermain di kandang sendiri, skuad Timnas Kazakhstan di pertandingan ini menargetkan kemenangan demi bisa amankan poin penuh. Akan tetapi pasukan tim tamu juga menginginkan hal sama sehingga semenjak laga dimulai, Finlandia langsung memberikan perlawanan yang ketat.

Sepanjang babak pertama ini berlangsung, pasukan Kazakhstan benar benar berada dalam masalah karena sang tamu justru bisa mendominasi pertandingan ini. Sejumlah kans didapat Timnas Finlandia untuk bisa melesakkan gol, akan tetapi sayang belum ada gol yang berhasil tercipta. Sepanjang babak pertama berlangsung, tak ada gol yang lahir sehingga babak pertama selesai dengan skor tetap imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika duel ini memasuki babak kedua, pasukan Kazakhstan berusaha untuk bisa memperbaiki permainan mereka. Akan tetapi Finlandia masih bisa menemukan caranya untuk keluar dari tekanan sang tuan rumah. Alhasil di pertandingan babak kedua ini Finlandia masih tetap berhasil mendominasi pertandingan ini.

Setelah saling serang di sepanjang babak kedua, kebuntuan di pertandingan kali ini akhirnya pecah lebih dulu oleh sang tamu di menit ke-78. Benjamin Kallman memberikan assist yang dikonversi menjadi gol oleh Oliver Antman sehingga pasukan Finlandia sementara ini memimpin dengan skor 0-1.

Di sisa waktu babak kedua yang tak banyak, Kazakhstan berupaya untuk mengejar ketertinggalan satu gol. Akan tetapi usaha demi usaha mereka terus bertemu dengan kebuntuan di pertandingan ini. Sampai akhirnya laga pun usai dengan skor 0-1 untuk kemenangan Timnas Finlandia.

Susunan Pemain Kazakhstan vs Finlandia

Kazakhstan (3-4-3): Igor Shatskiy, Marat Bystrov, Aleksandr Marochkin, Nuraly Alip, Lev Skvortsov, Ashkat Tagybergen, Aslan Darabayev, Yan Vorogovskiy, Baktiyor Zaynutdinov, Abat Aimbetov, Islambek Kuat.

Finlandia (4-3-3): Lukas Hradecky, Richard Jensen, Arttu Hoskonen, Robert Ivanov, Nikolai Alho, Ilmari Niskanen, Rasmus Schuller, Kaan Kairinen, Oliver Antman, Joel Pohjanpalo, Teemu Pukki.