Piala Eropa: Skotlandia Menang Mudah atas Siprus

Siprus vs Skotlandia
Skotlandia masih sempurna, tundukkan Siprus di kualifikasi Euro 2024.

cr photo: Sky Sports.

Hasil positif kembali didapat Timnas Skotlandia, kini korbannya adalah Timnas Siprus di lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Eropa. Pada pertandingan kali ini, skuad Timnas Skotlandia berstatus sebagai tim tamu, akan tetapi dengan tren apik yang tengah mereka miliki, Skotlandia tetap diunggulkan menang. Hal ini terlihat dari gaya bermain mereka yang masih agresif dan sangat dominan dalam duel kali ini. Dengan permainan yang solid, Andrew Robertson dan kawan kawan akhirnya bisa mengunci kemenangan dengan skor cukup meyakinkan, yaitu 0-3.

Kubu tim tamu Skotlandia sukses melesakkan hingga tiga gol yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka di pertandingan kali ini atas sang tuan rumah. Ketiga gol milik Skotlandia tersebut dilesakkan masing masing oleh Scott McTominay, Ryan Porteus, dan juga John McGinn. Selama pertandingan berlangsung, perbedaan kualitas memang terlihat antara kedua tim di mana Skotlandia lebih menonjol dan dominan di segala aspek. Maka tak mengherankan jika akhirnya mereka bisa memenangkan duel ini dengan cukup mudah.

Raihan kemenangan meyakinkan ini berhasil memberikan skuad Skotlandia tambahan tiga poin penuh sehingg membawa berdiri kokoh di puncak klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Eropa 2024. Skotlandia bahkan unggul sembilan poin dari Spanyol di posisi runner-up yang masih miliki dua laga tabungan. Total Skotlandia memiliki poin sempurna 15 dari 5 kali menang secara beruntun. Sedangkan bagi Siprus, kekalahan ini menahan mereka di posisi juru kunci dengan koleksi poin masih 0 dari 4 kali bermain.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat harus dijalani Timnas Siprus yang menjamu Timnas Skotlandia pada lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa. Di pertandingan kali ini, meskipun menjadi tuan rumah Siprus tak begitu diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan. Bahkan semenjak pertandingan dimulai, kendali dan inisiatif permainan langsung diambil oleh Skotlandia yang memang sedang begitu kencang di babak kualifikasi ini.

Baru enam menit babak pertama dimulai, skuad Skotlandia sudah sukses melesakkan gol pembuka. Aksi ciamik John McGinn sukses diselesaikan dengan sebuah assist untuk gol yang dilesakkan Scott McTominay. Aksi pemain Manchester United tersebut membuat Skotlandia sementara unggul 0-1.

Sukses membuka skor lebih dulu membuat Skotlandia semakin percaya diri untuk bisa melesakkan gol gol tambahan ke gawang lawan. Kerja keras mereka berbuah manis di menit ke-16. Kali ini gol dilesakkan oleh Ryan Porteus yang bekerjasama dengan Jack Hendery untuk buat Skotlandia gandakan keunggulannya menjadi 0-2.

Setengah jam laga berjalan, Skotlandia tak terbendung melesakkan gol ketiganya di pertandingan kali ini. Kini giliran McTominay yang membuat assist untuk gol John McGinn sehingga Skotlandia unggul jauh 0-3. Keunggulan ini tidak berubah sampai dengan laga babak pertama usai.

Babak Kedua

Seusai istitahat turun minum, kondisi berat memang harus dialami Siprus yang tertinggal tiga gol. Hal tersebut membuat mereka tak mampu lakukan banyak hal terlebih tekanan mereka terlalu mudah diredam oleh barisan belakang pasukan Skotlandia. Kondisi ini tak berubah sampai dengan laga berakhir. Skotlandia pun akhirnya meraih kemenangan dengan skor akhir meyakinkan, yaitu 0-3.

Susunan Pemain Siprus vs Skotlandia

Siprus (3-5-1-1): Joel Mall, Andreas Karo, Kostas Laifis, Valentin Roberge, Minas Antoniou, Chambos Kyriakou, Ioannis Kousoulous, Charalampos Charalampous, Anderson Correia, Grigoris Kastanos, Pieros Sotiriou.

Skotlandia (5-4-1): Angus Gunn, Andrew Robertson, Kieran Tierney, Jack Hendry, Ryan Porteus, Aaron Hickey, John McGinn, Callum McGregor, Billy Gilmour, Scott McTominay, Che Adams.