google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Piala FA: Hajar Manchester City, Chelsea Lolos ke Final

Chelsea vs Manchester City
Bungkam Manchester City satu gol tanpa balas, Chelsea lolos ke final Piala FA.

cr photo: We Ain’t Got No History

Hasil maksimal berhasil didapat oleh kesebelasan Chelsea saat menghadapi lawan kuat, Manchester City dalam laga babak semifinal Piala FA. Memainkan laga di Wembley Stadium, kedua kesebelasan sama sama menampilkan permainan terbuka di sepanjang pertandingan. City yang terkenal kuat dengan penguasaan bolanya berhasil mendikte Chelsea sebenarnya di laga ini. Akan tetapi ketidakberuntungan seolah menaungi mereka sepanjang laga ini. The Blues yang bermain dengan semangat juang tinggi pada akhirnya berhasil amankan kemenangan dengan skor tipis saja, yaitu 1-0 atas City.

Satu satunya gol yang menjadi penentu kemenangan The Blues atas The Citizens di pertandingan ini dilesakkan oleh winger anyar Chelsea, yaitu Hakim Ziyech. Sementara itu secara statistik pertandingan, City sedikit lebih unggul atas tim asal London tersebut. Pasukan Pep Guardiola mencatatkan penguasaan bola 56 persen, dan melepaskan tembakan 11 kali dengan hanya 3 yang on target. Sedangkan Chelsea membuat 55 persen penguasaan bola, serta mencatatkan 5 tembakan dengan 3 yang on target.

Berkat kemenangan ini, Chelsea sukses menyingkirkan City di semifinal Piala FA dan lolos ke babak final yang akan digelar di Stadion Wembley. Pada final nanti, Chelsea hanya tinggal menunggu pemenang pertandingan antara Leicester City menghadapi Southampton. Duel antara The Foxes dengan The Saints sendiri baru akan digelar pada hari Minggu malam nanti di venue yang sama.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik hadirkan dua tim besar, yaitu Manchester City dengan Chelsea di babak semifinal Piala FA musim kompetisi 2020-2021. Tampil di venue netral, kedua tim yang dihadapkan dengan laga hidup mati bermain cukup terbuka dan nampak sekali siap mengambil risiko. Alhasil sejak babak pertama dimulai duel ketat sudah terjadi antara The Blues dengan The Citizens.

Kans terbaik Chelsea di babak pertama hadir melalui aksi Ben Chilwell. Berawal dari umpan Reece James, Chilwell yang naik membantu serangan tanpa terkawal berhasil menyambar umpan tersebut. Sayang sekali tendangan wing back berkebangsaan Inggris itu masih jauh melambung di atas gawang City.

Sementara itu City kemudian membalas beberapa menit kemudian lewat aksi gelandang bertahan senior mereka, yaitu Fernandinho. Pemain asal Brazil itu menyambar umpan dari sepak pojok, namun sayang sekali usahanya pun belum mampu menjebol gawang The Blues yang dikawal Kepa Arrizabalaga. Saling serangan kedua kesebelasan sama sekali tak hasilkan gol. Alhasil paruh pertama pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 2-2.

Babak Kedua

Ketika memasuki jalannya laga babak kedua, City berusaha mengambil alih kendali permainan. Akan tetapi hal ini malah membuat beberapa lubang di lini pertahanan mereka. Situasi ini berhasil dimanfaatkan Chelsea untuk kemudian melesakkan gol di menit ke-55 babak kedua. Sebuah serangan balik sukses melepas Timo Werner dari jebakan offside. Werner kemudian melepas umpan yang memudahkan Hakim Ziyech mencetak gol ke gawang City. Aksi Ziyech ini sukses membawa Chelsea sementara memimpin 1-0.

Setelah gol ini, City yang tertinggal berusaha keras membalasnya. Kevin De Bruyne memberikan ancaman cukup berbahaya lewat tendangan kerasnya. Namun usaha pemain asal Belgia itu sama sekali belum berhasil menjebol gawang skuat asuhan Thomas Tuchel.

Terus menerus mengurung lini belakang The Blues di sepanjang babak kedua, sayangnya usaha City tak kunjung berbuah manis. Pada akhirnya situasi tersebut tak berubah sampai dengan babak kedua berakhir. Skor 1-0 pun jadi hasil akhir laga tersebut untuk kemenangan Chelsea.

Susunan Pemain Chelsea vs Manchester City

Chelsea (3-4-2-1): Kepa Arrizabalaga, Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger, Reece James, N’Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell, Hakim Ziyech, Mason Mount, Timo Werner.

Manchester City (4-2-3-1): Zack Steffen, Benjamin Mendy, Aymeric Laporte, Ruben Dias, Joao Cancelo, Rodri Hernandez, Fernandinho, Raheem Sterling, Kevin De Bruyne, Ferran Torres, Gabriel Jesus.