Pilih Rehat, Thomas Tuchel Tak Masuk Bursa Calon Pelatih Baru MU

Sosok Thomas Tuchel nampaknya akan dicoret dari daftar calon pelatih baru Manchester United jika Erik Ten Hag dipecat, hal ini karena pelatih asal Jerman itu memilih rehat sejenak dari dunia kepelatihan. Saat ini memang kursi pelatih Manchester United sedang dalam gonjang ganjing, di mana posisi Erik Ten Hag disebut-sebut belum 100 persen aman dan kemungkinan akan dipecat manajemen. Beberapa nama pelatih pun masuk sebagai kandidat pengganti, salah satunya Thomas Tuchel. Akan tetapi nampaknya nama manajer asal Jerman tersebut akan hilang dari list tersebut usai dirinya mengumumkan akan rehat sementara sebagai pelatih sepak bola.

Sosok Thomas Tuchel sendiri bukan pelatih sembarangan, ia sudah memiliki cv yang sangat baik sebagai seorang pelatih. Beberapa tim besar pernah ia tangani dari mulai Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, hingga Chelsea. Gelar-gelar bergengsi pun sudah pernah ia raih, salah satunya adalah gelar juara Liga Champions saat ia masih menukangi Chelsea. Sementara itu di musim 2023-2024 sendiri Tuchel merupakan manajer Bayern Munchen, di mana ia didatangkan di paruh kedua musim sebelumnya usai berpisah dengan Chelsea.

Bersama Bayern ia sebenarnya mendapat kontrak sampai tahun 2025 mendatang. Namun sayangnya Tuchel sudah harus dipecat oleh manajemen Die Roten di akhir musim 2023-2024 ini. Banyak faktor yang membuat Tuchel akhirnya dipecat. Pertama tentu saja karena performa Bayern musim ini yang tidak konsisten, bahkan mereka harus menyelesaikan musim tanpa adanya satupun trofi yang didapat. Selain itu Tuchel juga disebut menimbulkan perpecahan di ruang ganti Bayern Munchen, jadi berpisah jelas jadi suatu hal yang ideal dilakukan keduanya.

Jadi Kandidat Pelatih Baru MU

Resmi akan menganggur di akhir musim 2023-2024, nama Thomas Tuchel cukup ramai digosipkan akan menjadi pelatih baru Manchester United jika Erik Ten Hag dipecat. Tuchel sendiri sempat membuka diri untuk pekerjaan tersebut, di mana eks manajer Mainz tersebut mengatakan bahwa ia masih memiliki ketertarikan untuk kembali ke Inggris untuk melatih salah satu klub di sana, usai ia dinyatakan gagal bersama Chelsea.

Kondisinya sendiri sangat pas karena memang saat ini MU sendiri terus diisukan akan melepas pelatih mereka. Walaupun demikian, Tuchel bukan satu-satunya nama yang kemudian masuk sebagai calon pelatih baru Manchester United jika kursi kepelatihan Setan Merah kosong. Beberapa nama pelatih lain yang juga masuk radar MU antara lain adalah Mauricio Pochettino yang baru dipecat Chelsea, dan manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Sementara itu di kubu Manchester United sendiri saat ini pihak manajemen mereka masih menggelar proses evaluasi dari kinerja Erik Ten Hag selama musim 2023-2024 ini. Awalnya Ten Hag sendiri memang hampir pasti dipecat di akhir musim, akan tetapi sang manajer asal Belanda itu bisa membuktikan diri masih layak menukangi MU dengan membawa Setan Merah menjuarai ajang FA Cup usai menang atas Manchester City di babak final.

Tuchel Rehat Sejenak

Kini kabar terbaru muncul mengenai pergerakan Thomas Tuchel yang dikaitkan dengan Manchester United. Menurut laporan dari pakar transfer Eropa dan jurnalis kenamaan Italia, yaitu Fabrizio Romano, nama Tuchel hampir pasti akan dihilangkan dari daftar kandidat pelatih baru The Red Devils. Hal ini dikarenakan sang pelatih memilih rehat sementara dari dunia kepelatihan.

Pelatih yang juga pernah menukangi PSG ini menyatakan bahwa dirinya akan istirahat sejenak dengan tak melatih atau mengambil pekerjaan melatih tim manapun di musim panas ini. Walau demikian, ia tak menyebut berapa lama ia akan rehat dari dunia kepelatihan.