Raih 2 Gelar di Spain Masters 2024, Indonesia Jadi Negara Tersukses

Para perwakilan Indonesia di ajang Spain Masters 2024 berhasil meraih hasil membanggakan, di mana 2 dari 3 wakil Indonesia sukses meraih gelar juara sehingga Indonesia jadi negara tersukses di ajang tersebut. Sejak awal target PBSI sendiri memang ingin mendapatkan hasil semaksimal mungkin pada ajang Spain Masters 2024 ini yang tentu saja salah satunya menjadi juara. Para perwakilan Indonesia pun tampil menjanjikan, bahkan mereka bisa meloloskan sampai dengan 3 wakil di babak final. Dua kemenangan di final pun sukses dipetik Indonesia sehingga Tim Garuda berhasil menjadi negara tersukses di ajang ini dengan koleksi 2 gelar juara dan 1 runner up.

Gelar juara Spain Mastes 2024 pertama milik Indonesia disumbangkan oleh pasangan ganda campuran, yaitu Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari. Ganda campuran Indonesia ini berhadapan dengan lawan berat asal China, yaitu pasangan Cheng Xing dan Zhang Chi. Sebelum laga final ini, pasangan Rinov dan Pitha dibayang bayangi dengan hasil minor yang mereka raih di pertemuan sebelumnya atas pasangan Tiongkok tersebut. Akan tetapi dengan ketenangannya, Rino dan Pitha bisa menunjukkan performa gemilang sepanjang game ini.

Pertandingan ini tidak berjalan mudah bagi Rino dan Pitha karena mereka harus melalui rubber game yang ketat. Pasangan Indonesia tersebut dengan performa ciamiknya sukses menang melalui tiga set, yaitu 17-21, 21-12, dan 21-13. Keberhasilan mereka meraih kemenangan ini sukses sektor ganda campuran sumbangkan satu gelar juara di ajang Spain Masters edisi tahun ini. Selain itu, raihan kemenangan yang didapat ini juga sekaligus pembalasan dendam usai sekitar dua pekan lalu Rinov damn Pitha dikalahkan pasangan Tiongkok tersebut di ajang Orleans Masters.

Menang di Ganda Putera

Kemudian gelar juara kedua milik Indonesia berhasil didapat oleh pasangan di sektor ganda putera, yaitu Sabar Karyawan Gutama dan juga Mohammad Reza Pahlevi. Keduanya di partai final bertemu dengan pasangan ganda putera asal negeri jiran Malaysia, yaitu Arif Junaidi dan Yap Roy King. Sama sama berhasrat meraih kemenangan, tak heran jika kemudian game ini berlangsung ketat antara dua pasangan tersebut.

Meskipun sedikit lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan, kenyatannya Sabar dan Reza sangt kesulitan menumbangkan pasangan Malaysia ini. Mereka butuh tiga set atau rubber game untuk mengalahkan lawannya melalui skor akhir 21-18, 17-21, dan 21-19. Sukses memenangi duel ini, Sabar dan Reza pun sukses memberikan gelar juara kedua bagi Indonesia di ajang Spain Masters edisi tahun ini.

Sayang sekali langkah dua wakil Indonesia di ajang ini gagal diikuti oleh satu wakil lagi yang lolos ke final, yaitu pasangan ganda puteri Febriana Dwipuji Kusuma dan Amalia Cahaya Pratiwi. Dua Srikandi Bulu Tangkis Indonesia tersebut tak kuasa membendung pasangan asal Jepang, yaitu Rin Iwanag dan juga Kie Nakanishi dalam pertarungan tiga set atau ruber game melalui skor 12-21, 21-8, dan 21-16.

Indonesia Jadi Negara Tersukses di Spain Masters 2024

Sukses meraih dua gelar juara dan satu gelar runner-up membuat Indonesia menjadi negara tersukses di kejuaraan Spain Masters edisi tahun 2024 ini. Catatan ini lantaran di sektor yang tersisa, juara dibagi rata kepada satu negara, yaitu Jepang, Malaysia, dan Thailand. Ini juga membuat Indonesia mengulang prestasi di All England lalu dengan raihan 2 gelar juara dan 1 gelar runner-up.