Ralf Rangnick Batal Jadi Konsultan Manchester United

Ralf Rangnick
Tinggalkan Manchester United, Ralf Rangnick batal jadi konsultan tim.

cr photo: ESPN.

Kabar mengejutkan datang dari skuad Manchester United, mereka dilaporkan batal merekrut Ralf Rangnick sebagai konsultan tim. Seperti yang diketahui, Ralf Rangnick merupakan pelatih interim Manchester United yang diberikan mandat kerja selama enam bulan atau sampai musim ini selesai untuk menggantikan tugas Ole Gunnar Solslkaer sekaligus menunggu penunjukkan manajer baru. Sementara Rangnick akan jadi konsultan tim saat kontraknya sebagai pelatih interim selesai. Tetapi hal itu batal terjadi, usai manajemen MU mengumumkan melepas Rangnick secara permanen.

Sosok Ralf Rangnick mulai dikenal publik setelah menerima pinangan MU sebagai manajer interim di bulan November 2021 lalu. Rangnick masuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer yang dinilai juga gagal membawa MU kembali ke habitatnya sebagai tim raksasa yang selalu bersaing di papan atas. Ketika Rangnick ditunjuk, para fans cukup antusias mengingat ia merupakan sosok yang cukup berpengalaman di Jerman, meski bukan sebagai pelatih melaikan direktur tim dan konsultan tim.

Pria berkebangsaan Jerman tersebut dikontrak selama enam bulan saja sebagai pelatih sementara MU, namun setelah itu ia akan menjadi konsultan tim dengan durasi kontrak selama dua tahun. Selama menjadi pelatih MU, Rangnick tak bisa dibilang berhasil sayangnya. Filosofi highpressnya nampak sulit diaplikasikan oleh para punggawa MU yang terlanjur lama bermain menggunakan sistem milik pelatih sebelumnya. Alhasil MU performanya begitu labil bersama Rangnick, mereka mesti mengakhiri musim tanpa satupun gelar, dan finish di posisi 6 klasemen akhir Liga Inggris.

Mendapat Tawaran Dari Austria

Di tengah tengah masa jabatannya sebagai pelatih interim The Red Devils, Rangnick sempat membuat sedikit kejutan juga dengan menerima pinangan federasi sepak bola Austria sebagai pelatih Timnas mereka. Rangnick yang memang memiliki karir cukup bagus di Austria saat menjadi bagian dari RB Salzburg, lantas menerima pinangan tersebut. Sementara ia sendiri tak melepas kontraknya bersama MU.

Ketika dalam sebuah wawancara, Rangnick sempat mengaku bahwa dirinya akan tetap bisa menjalankan dua peran tersebut sekaligus, yakni menjadi pelatih Timnas Austria, dan juga menjadi konsultan tim MU membantu pelatih Setan Merah dari balik layar.

Akan tetapi, sangat disayangkan ketika musim ini selesai, pihak dari Manchester United memberikan sebuah pengumuman cukup mengejutkan. Pengumuman tersebut mengatakan bahwa Ralf Rangnick akan meninggalkan MU. Ia dilaporkan batal menjadi konsultan tim dan manajemen MU pun dengan berat hati melepasnya. Usut punya usut, alasan Rangnick pergi adalah karena dirinya ingin fokus mengarsiteki Timnas Austria saja.

Pernyataan Pihak Manchester United

“Kami ucapkan terima kasih kepada Ralf Rangnick untuk semua usaha dan kerja kerasnya sebagai seorang pelatih interim selama kurang lebih enam bulan ini. Melalui kesepakatan yang sudah diambil bersama sama, Ralf nantinya hanya akan fokus dengan perannya sebagai seorang pelatih kepala Timnas Austria saat ini, dan ia dipastikan tidak akan menerima jabatan sebagai konsultan tim di Old Trafford. Kami akan selalu memberikan doa doa terbaik untuk Ralf dan juga babak baru di karirnya.” tulis perwakilan Manchester Unite di laman resmi tim.

Manchester United sendiri saat ini sudah resmi memiliki pelatih anyar, yaitu Erik Ten Hag. Pelatih asal Belanda tersebut sudah resmi diumumkan pada pertengahan bulan Mei, dan sudah merampungkan sesi perkenalan dan press conference. Kini Ten Hag sudah bekerja, sedangkan untuk pengganti Rangnick, belum ada kabar terbaru siapakah yang akan mengambil jabatan tersebut.