google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Real Madrid Resmi Balikan dengan Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti
Real Madrid akhirnya resmi kembali tunjuk Carlo Ancelotti sebagai pelatih barunya.

cr photo: Managing Madrid

Teka teki terkait pelatih baru Real Madrid akhirnya terjawab sudah, Carlo Ancelotti resmi kembali menukangi pasukan Los Blancos. Pelatih gaek berkebangsaan Italia itu pada akhirnya kembali ditunjuk untuk mengarsiteki Real Madrid mulai musim depan. Keputusan ini secara resmi diambil pihak manajemen El Real tepat di haru Rabu (2/6/2021) waktu setempat. Ancelotti sendiri datang untuk menggantikan seorang Zinedine Zidane yang memutuskan mundur dari jabatannya pada akhir musim ini. Bagi Ancelotti ini akan menjadi periode keduanya melatih pasukan ibukota Spanyol tersebut setelah sebelumnya pernah menukangi tim yang sama pada medio 2013 hingga 2015.

Seperti yang diketahui di akhir musim ini kesebelasan Real Madrid baru saja ditinggal sang pelatih mereka, yakni Zinedine Zidane. Pria berkebangsaan Prancis itu memutuskan untuk mengakhiri periode kedua masa jabatannya tersebut di Madrid. Sampai saat ini sendiri belum ada infor tervalid mengenai keputusan mundurnya Zidane dari kuris kepelatihan Real Madrid. Beberapa sumber mengatakan bahwa Zidane terpaksa mundur karena gagal memberikan satupun gelar bagi El Real di musim 2020-2021.

Keputusan Zidane untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih Real Madrid ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, di tahun 2018 dirinya juga pernah memutuskan untuk mundur. Padahal kala itu ia telah berhasil menjadikan Real Madrid sebagai monster buas yang sangat mendominasi Liga Champions. Zidane bahkan menjadi pelatih pertama yang mampu meraih gelar Liga Champions tiga kali berturut turut. Saat mundur, Zidane digantikan Julen Lopetegui yang sayangnya gagal total selama masa kepemimpinannya sebagai pelatih.

Selain Lopetegui, setelah Zidane ada juga nama Santiago Solari yang menduduki jabatan sebagai pelatih kepala El Real. Tetapi baik Lopetegui maupun Solari, keduanya sama sama gagal membuat Madrid kembali trengginas. Bahkan di bawah era mereka, Madrid sangat kesulitan untuk sekedar naik ke posisi 4 besar. Karena itulah Zidane ditunjuk kembali untuk melatih pada Maret tahun 2019 lalu.

Zidane Out, Carlo Ancelotti in

Sampai akhirnya Zidane kembali memutuskan mundur di akhir musim 2020-2021 ini karena alasan tertentu. Manajemen pun sempat dibuat pusing karena mereka kebingungan untuk mencari sosok pengganti Zidane. Tidak mau kesalahan saat menunjuk Lopetegui dan Solari terulang, nampaknya manajemen Los Blancos kini menjadi jauh lebih selektif. Tak mengherankan, karena memang untuk tim sekelas Real Madrid, jelas butuh pelatih bertangan besi yang kualitasnya sudah terjamin. Hingga akhirnya Carlo Ancelotti pun kembali ditunjuk sebagai pelatih kepala Real Madrid untuk musim depan.

Sebelum Ancelotti ditunjuk, manajemen El Real sebenarnya sudah memiliki sejumlah kandidat. Dua yang terkuat adalah Massimiliano Allegri dan Maurucio Pochettino. Tetapi keduanya gagal direkrut karena Allegri sudah memutuskan balikan dengan Juventus, sedangkan Pochettino memilih bertahan di PSG. Ancelotti sendiri dipilih karena memang merupakan pelatih yang sarat akan pengalaman. Bahkan sebelumnya, pria yang kerap dipanggil Don Carletto itu pernah menukangi Real Madrid di tahun 2013 hingga 2015.

Selama menjalani periode pertama masa kepelatihannya di Madrid, Carlo Ancelotti sebenarnya berjalan cukup mulus. Selama dua tahun lebih membesut Los Merengues, Ancelotti sukses mempersembahkan 4 trofi, salah satunya adalah gelar Liga Champions di musim 2013-2014. Pada saat itu di babak final yang digelar di Estadio da Luz, Madrid menang cukup telak, yakni 4-1 atas tim sekota mereka, Atletico Madrid.

Laga final itu berjalan cukup dramatis, karena Atletico yang unggul 0-1 di sepanjang laga harus kebobolan di menit akhir babak kedua sehingga skor menjadi imbang 1-1 dan laga dilanjut ke extra time. Pada babak extra time kemudian Ronaldo cs sukses memberondong gawang Atletico dengan 3 gol. Kini menarik ditunggu kiprah Ancelotti di periode kedua masa kepelatihannya bersama Real Madrid.