Rekomendasi 7 Destinasi Wisata Korea Selatan Muslim Friendly

Beberapa waktu terakhir, Korea Selatan merupakan salah satu destinasi wisata yang popluer bagi muslim dari seluruh dunia. Dengan meningkatnya minat terhadap budaya K-pop, destinasi wisata Korea Selatan dan kuliner menjadi salah satu pengaruh utama bagi wisatawan muslim mengunjungi negeri ini.

Dengan sekitar 1,8 miliar muslim di seluruh dunia yang merupakan hampir seperempat dari populasi bumi, hal ini juga menjadi pasar yang memiliki potensi besar untuk masa depan. Korea Selatan terus berusaha menyajikan layanan wisata yang nyaman bagi traveler muslim dari berbagai negara.

Negeri Ginseng ini menawarkan kenyamanan bagi wisatawan muslim yang berkunjung, baik untuk liburan maupun bisnis. Mulai dari Seoul Central Masjid, ruang sholat di Kantor KTO Tourist Information Center (TIC) di Seoul, zona khusus wisatawan di Itaewon, serta berbagai restoran halal.

Nah, buat traveler muslim yang ingin merencanakan liburan, berikut beberapa objek wisata muslim friendly yang bisa dinikmati di Korea Selatan selain tempat-tempat wisata favorit pada umumnya,

N Seoul Tower

foto: ivisitkorea.com

N Seoul Tower merupakan salah satu destinasi yang wajib didatangi para traveler saat berkunjung ke Seoul, Korea Selatan. Di N Seoul Tower, kamu bisa menikmati keindahan Kota Seoul dari ketinggian. Selain itu, tempat ini juga ramai dikunjungi pasangan yang ingin memasang gembok cinta yang konon katanya bisa membuat langgeng suatu hubungan. Setelah puas eksplor, nikmati berbagai kuliner halal lezat yang ada di sekitar tempat wisata ini. Sebelum pulang, jangan lupa membeli souvenir unik sebagai oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, atau rekan kerja.

Baca juga: Fakta Unik Korea, Traveler Sudah Tahu Belum?

Gyeongbokgung Palace

foto: pixabay/bongki66-17023272/

Tempat wisata Korea Selatan lainnya yang muslim friendly adalah Gyeongbokgung Palace. Gyeongbokgung Palace adalah istana tertua dan terbesar di Korea Selatan. Istana ini juga merupakan satu dari lima istana terbesar yang dibangun selama pemerintahan Dinasi Joseon pada 1395.

Di sini, traveler bisa eksplor kompleks istana sambil merasakan kehidupan kerajaan pada masa lampau. Pastinya, jangan lewatkan untuk berfoto menggunakan hanbok layaknya masyarakat Korea. Jika ingin beristirahat, kamu bisa menikmati kuliner halal yang dijual di beberapa restoran di kawasan ini.

Itaewon Grand Mosque

Berkunjung ke Seoul, Korea Selatan, rasanya tidak lengkap jika belum berkunjung ke Itaewon. Kawasan ini merupakan kawasan populer untuk penduduk Korea, wisatawan, dan ekspatriat. Buat traveler muslim tak perlu khawatir untuk beribadah jika datang ke tempat ini. Di sini, traveler bisa menemukan Itaewon Grand Mosque, yang dikenal juga dengan Seoul Central Mosque.

Masjid terbesar dan termegah di Korea Selatan ini dibangun sejak 1974 dan mulai digunakan dua tahun setelahnya, yaitu pada 1976. Masjid ini terdiri dari 3 lantai, dengan tempat sholat untuk laki-laki berada di lantai kedua. Sedangkan untuk tempat sholat perempuan berada di lantai ketiga.  

Itaewon Grand Mosque dibuka untuk umum, baik wisatawan maupun muslim yang ingin beribadah. Tempat ini menjadi pusat syiar Islam di Negeri Ginseng dan menjadi cikal bakal berdirinya sejumlah masjid di wilayah Korea, seperti Busan, Gwangju, dan Daegu.

Kuliner halal di kawasan Gangnam

foto: travellens.co

Selain di Itaewon, traveler muslim juga bisa cukup mudah menemukan makanan halal di Gangnam. Meskipun di kenal sebagai kawasan elit, tersedia beberapa restoran halal yang menyajikan beragam kuliner. Di Gangnam, traveler bisa puas berbelanja barang-barang, seperti aksesoris.

Baca juga: Tempat Syuting Drakor, Cocok Untuk Liburan Seru di Korea Selatan

Nami Island

foto: Sabrinadai

Buat para penggemar drama Korea, tentunya tak boleh melewatkan berkunjung ke Nami Island. Tempat yang terkenal sebagai lokasi syuting drama Winter Sonata ini bisa dicapai dengan mudah dari Seoul. Penggemar drama ini tak boleh melewatkan berfoto di sepanjang jalan dengan deretan pohon Metasequoia di kiri dan kanan. Traveler muslim juga tidak perlu khawatir mendapatkan makanan halal di sini. Tersedia restoran yang menawarkan kuliner Korea dan Asia Tenggara lainnya. Dan juga, tersedia musala yang bisa menampung 130 orang di pulau ini.

Jeju Island

thethaiger.com

Selain Seoul dan Nami Island, traveler muslim juga bisa berkunjung ke Jeju Island. Traveler muslim bisa menikmati keindahan pulau ini dengan nyaman. Pemerintah dan masyarakat Jeju terus meningkatkan layanan untuk traveler muslim. Di pulau ini, kamu bisa menikmati berbagai kuliner seafood halal, mulai dari sup seafood pedas, ikan tenggiri yang direbus dengan saus pedas dan sedikit manis, hingga rebusan pasta kedelai yang ditambah dengan seafood, sayuran, dan jamur. Bagaimana, menggunggah selera kan?

COEX Mall

Buat traveler pecinta belanja, pastinya wajib mengunjungi COEX Mall yang berada di bawah tanah Gangnam-gu, Seoul. Traveler bisa puas berbelanja berbagai macam barang. Pusat perbelanjaan megah ini menjadi yang pertama di Seoul yang memiliki fasilitas musala untuk traveler muslim. Jadi, kamu tak perlu repot mencari tempat untuk beribadah disela-sela berburu produk favorit.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi destinasi wisata Korea Selatan yang muslim friendly. Jadi, traveler muslim bisa berkunjung dengan nyaman. Ayo, rencanakan liburan berikutnya ke Negeri Ginseng ini! (ds3)