google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Rekomendasi 8 Destinasi Wisata Salju di Asia

Rekomendasi destinasi wisata salju di Asia (foto: unsplash/@dnevozhai)

Ini dia 8 rekomendasi destinasi wisata salju di Asia untuk liburan musim dingin seru dan mengesankan

Dalam beberapa tahun terakhir, menghabiskan liburan saat musim dingin menjadi daya tarik wisatawan Indonesia. Dengan berlibur di musim dingin, traveler akan mendapatkan pengalaman musim dingin yang memesona dan menikmati pemandangan salju seperti dongeng.

Buat kamu yang ingin merencanakan liburan, tak perlu jauh-jauh berlibur ke Eropa untuk merasakan sensasi musim dingin dan salju. Beberapa negara di Asia memiliki musim dingin dengan pemadnangan tertutup salju yang menakjubkan.

Ini dia destinasi wisata musim dingin terbaik di Asia yang bisa kamu kunjungi yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Harbin, China

Festival Es Internasional Harbin (foto: easytourchina.com)

Harbin, kota dengan julukan Kota Es, adalah destinasi wisata musim dingin paling terkenal di China. Kota ini merupakan tuan rumah salah satu festival salju dan es terbesar di dunia, Festival Es Internasional Harbin. Festival ini diadakan setiap tahunnya mulai Januari hingga Februari dan menawarkan pemandangan yang akan traveler ingat seumur hidup.

Di sini, kamu bisa melihat sekitar 1.500 pahatan es raksasa yang berkilauan dengan lampu warna-warni. Dengan tema yang berbeda setiap tahunnya, pengunjung akan mendapati patung es dan pahatan es yang bervariasi. Mulai dari binatang mitos hingga landmark terkenal dari seluruh dunia.

Di sini, kamu juga bisa melihat kastil es raksasa, pertunjukan cahaya 3D, serta seluncuran es bertema Northern Light. Jangan lewatkan juga untuk mencoba berbagai aktivitas musim dingin, mulai dari kereta luncur anjing, berenang, dan ski, snowboarding, dan masih banyak lainnya.

2. Yamagata, Jepang

Perfektur Yamagata, Jepang di musim dingin (foto: unsplash/@mysam123)

Buat kamu yang ingin merasakan liburan dengan bermain salju dan mencoba berbagai olahraga musim dingin, Yamagata di Jepang bisa jadi pilihan. Kamu bisa bermain ski atau snowboarding di resor ski di kota ini. Area ski dan snowboarding yang luas ini menerima curah salju rata-rata tertinggi di Jepang dan bahkan populer di kalangan wisatawan yang tidak menyukai olahraga salju yang mendebarkan.

Kamu bisa  melihat pemandangan spektakular Juhyo, atau “monster es” (pohon pinus yang diselimuti lapisan tebal salju). Salju berangin menciptakan bentuk aneh yang muncul di musim dingin namun terlihat indah. Daerah ini juga menyelenggarakan festival salju dan banyak onsen (mata air panas).

Baca juga: 7 Kota Terdingin di Dunia, Alternatif Wisata Musim Dingin

3. Nepal

Trek pendakian di Nepal saat musim dingin (foto: anepaltrek.com)

Buat para pendaki gunung, tentunya tak boleh melewatkan pengalaman mendaki dengan trek bersalju. Nepal yang dikenal sebagai negara dengan sepuluh gunung tertinggi di dunia menawarkan pengalaman mendaki gunung yang tertutup salju.

Musim dingin adalah musim yang bagus untuk trek pendek di ketinggian yang lebih rendah. Suhunya lebih dingin, tetapi jika persiapan dilakukan dengan baik, kamu akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Tentunya, kamu bisa menikmati trek bersalju yang sangat berbeda dengan musim lain, seperti musim semi.

Mendaki gunung di musim dingin juga bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin suasana pegunungan dengan lebih sedikit turis. Selain itu, pada bulan-bulan Desember, Januari, dan Februari juga memiliki manfaat lain karena tidak banyak hujan. Jadi, kamu bisa menikmati pemandangan indah serba putih dari pegunungan dan trek yang diselimuti salju serta langit biru cerah.

4. Seoul, Korea Selatan

Hyangwonjeong Pavilion, Gyeongbokgung Palace, Seoul, Korea Selatan di musim dingin

Apakah traveler juga menyukai drama Korea dan lagu-lagu K-pop? Nah, kamu bisa berlibur ke Korea Selatan di musim dingin. Ibu kota yang ramai ini akan berubah menjadi negeri ajaib pada musim dingin. Kamu bisa menikmati berjalan di sepanjang trotoar yang tertutup salju dan matamu akan dimanjakan dengan lampu-lampu yang berkelap-kelip dan pohon-pohon Natal yang didekorasi dengan indah.

Pilihan lainnya adalah mengunjungi resor ski terdekat dari kota ini. Sebagai negara pegunungan, ada banyak resor ski yang bisa kamu pilih.  Kamu bisa bermain ski, snowboard, dan kereta luncur sepuasnya.

Rasakan keseruan bermain salju dengan memulai pertarungan bola salju dan tentunya membuat manusia salju! Untuk menghangatkan tubuh, cobalah rasakan sensasi berendam di bak mandi air panas di Jimjilbang, yang merupakan pemandian bergaya Korea.

Baca juga: Tak Perlu ke Eropa, 6 Tempat Dingin di Indonesia Ini Bisa Traveler Kunjungi

5. Lhasa, Tibet

Potala Palace, Lhasa di musim dingin (foto: gototibet.com)

Saat musim dingin mulai dari Desember hingga awal Februari, ribuan penduduk Tibet dari seluruh negeri akan mulai melakukan perjalanan ke Lhasa untuk berziarah. Kamu harus mencoba berada di Tibet untuk salah satu perayaan terbesarnya tahun ini dan mengunjungi Potala Palace.

Di musim ini, Lhasa memiliki rangkaian festival yang dapat menambah warna dan kesenangan untuk liburan musim dingin, seperti Festival Lentera Minyak Mentega, Tahun Baru Tibet, dan Festival Doa Agung. Kamu akan melihat pemandangan menakjubkan atraksi dan festival meriah berpadu dengan langit biru cerah. Pastinya, kamu juga akan dibuat takjub dengan deretan pegunungan tertutup salju yang mengelilingi kota.

Karena bukan tujuan wisata yang sangat populer selama musim dingin, banyak hotel dan agen perjalanan menawarkan potongan harga kepada wisatawan untuk meningkatkan pariwisata. Ini berarti menghemat cukup banyak uang untuk perjalanan kamu berikutnya!

6. Kashmir, India

Sonamarg, Kashmir, winter wonderland (foto: flickr)

Bicara tentang India, apa yang ada di benak kamu, traveler? Mungkin kamu akan membayangkan India yang panas dan penuh debu dan gurun pasir? Nah, tahukah kamu kalau di India kamu juga bisa bermain salju selama musim dingin? Jika kamu mencari sesuatu yang sedikit berbeda, Kashmir di India layak untuk dipertimbangkan.

Kashmir menawarkan pengalaman yang berbeda dengan danau beku dan lereng ski. Di sini, kamu bisa melihat keajaiban alam dengan deretan Pegunungan Himalaya yang ditutupi salju. Diantaranya adalah Gulmarg dan Sonamarg. Gulmarg dikenal sebagai tujuan ski fantastis ke-7 di Asia. Tempat ini juga punya kereta gantung tertinggi di dunia. Di sini kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga musim dingin, seperti ski.

Di Sonamarg, saksikan pemandangan spektakular danau beku, gletser, dan lapisan salju di atas hamparan rumput. Kamu bisa bermain dengan seru menikmati kereta luncur bersama teman dan keluarga. Tentunya, jangan lewatkan untuk mendaki Gletser Thajiwas yang terkenal, yang terletak 3 km dari Kota Sonamarg.

Baca juga: 7 Rute Road Trip Terindah di Dunia, Bisa Traveler Coba Saat Liburan

7. Mongolia

Danau Kovsgol,Mongolia, yang membeku saat musim dingin (foto: eurasianet.org)

Ingin berlibur dan mencoba sesuatu yang berbeda? Bagaimana kalau liburan di musim dingin dengan mengunjungi Mongolia? Meskipun bukan destinasi wisata populer, namun, kamu bisa mendapatkan pengalaman unik dan jauh dari gerombolan turis.

Mongolia menawarkan pemandangan megah dan pedesaan yang diselimuti warna putih. Pastinya, kamu para pencari salju akan menemukan kebahagiaan di wilayah yang masih asli dan tak tersentuh ini.

Para pecinta petualangan luar ruang juga akan menyukai tempat ini. Ada berbagai aktivitas yang dilakukan, seperti kano, mendaki gunung, ski, dan menunggang kuda. Bebaskan diri kamu dengan mencoba seluncur es luar ruangan di alun-alun Genghis Khan.

8. Sapporo, Jepang

Kota Sapporo tertutup salju (foto: unsplash/@squarelab)

Salah satu destinasi wisata salju terbaik di Asia adalah di Sapporo. Sapporo adalah ibu kota prefektur Hokkaido, dan kota terpadat kelima di Jepang. Di ibu kota ini diadakan Festival Salju Sapporo yang berlangsung setiap tahun pada pertengahan Januari hingga Februari. Festival ini menarik banyak pelancong dari seluruh penjuru dunia dengan tontonan musim dingin.

Merupakan salah satu acara musim dingin paling khas dan terbesar di dunia, kamu bisa melihat ratusan patung es raksasa dan patung salju di Festival Salju Sapporo. Tak hanya festival es, ada lusinan hal menarik yang bisa dilakukan di Sapporo. Mulai  dari memancing, bermain bola salu, skateboard, dan ski.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya di Sapporo, seperti Taman Odori. Taman Odori adalah hamparan ruang hijau yang indah sepanjang satu kilometer yang membelah jalan-jalan utama di pusat kota Sapporo. Di sinilah juga tempat diselenggarakannya Festival Salju Sapporo. Saksikan pemandangan terbaik seluruh kota dari Sapporo JR Tower dan jangan lewatkan berfoto di Sapporo Clock Tower, simbol kota dan bangunan tertua di kota ini.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Negara Terbaik untuk Dikunjungi di 2022 versi Lonely Planet

Menikmati liburan musim dingin dengan berkunjung ke wisata salju terbaik di Asia

Bagaimana, tertarik untuk mengisi liburan dengan suasana berbeda? Kamu bisa memilih musim dingin untuk traveling dan merasakan sensasi liburan dengan bermain salju. Dari daftar di atas, destinasi manakah yang jadi pilihan pertama kamu untuk dikunjungi? (ds3)