google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Rekomendasi Projektor Murah, Alternatif Bikin Bioskop di Rumah

Rekomendasi projektor
Source : http://www.medcom.id

Artikel berikut ini akan membahas mengenai beberapa rekomendasi projektor dengan harga terjangkau beserta kemampuan dan kualitasnya. Simak hingga selesai, ya.

Pandemi covid-19 sampai saat ini belum berakhir serta masih membuat kita membatasi sejumlah aktivitas yang sebelumnya biasa dilakukan di luar rumah seperti halnya menonton film favorit di bioskop. Akan tetapi,  di zaman yang serba canggih sekarang ini tak perlu khawatir lagi karena kita bisa menonton film dari rumah tentunya dengan memanfaatkan aplikasi maupun web streaming legal. Untuk memberikan suasana layaknya berada di dalam bioskop, kita bisa melakukan kegiatan menonton di rumah dengan tambahan perangkat bernama projektor. 

Saat mendengar kata projektor beberapa dari kita mungkin akan terlintas dipikiran sebuah alat untuk menampilkan layar besar dari perangkat gadget yang terhubung. Projektor sendiri biasa ditemukan di kantor dan juga sekolah, umumnya dipakai untuk menampilkan layar yang berisi materi presentasi maupun bahan ajar kepada audiens. 

Memiliki sebuah projektor di rumah tentu bisa dikatakan sebagai hal yang masih terdengar asing untuk orang Indonesia. Namun, saat ini fungsi dari projektor sendiri sudah banyak digunakan untuk menonton film. Sebenarnya fungsi Projektor pada saat ini sudah banyak dipakai oleh orang-orang yang memiliki home theater dirumah mereka. 

Berangkat dari permasalahan tidak bisa pergi ke bioskop untuk menonton film dan menginginkan home teather di rumah, para produsen perangkat digital imaging pun kemudian merilis perangkat projektor berukuran mini. Ukurannya yang mini tentu tidak membuatnya kalah bersaing dari perangkat overhead projector (OHP). 

Berikut ini adalah rekomendasi projektor mini yang bisa memberikan suasana menonton film di rumah layaknya berada di dalam bioskop. 

LED Projector Cheerlux C6 Mini

Perangkat murah namun kemampuan yang diberikan tidak kaleng-kaleng tentu akan banyak di incar oleh pasar. Cheerlux c6 mini bisa didapat dengan harga dibawah satu jutaan, atau lebih tepatnya hanya sekitar 720 ribuan saja. 

Menariknya, desain dari projector ini justru tidak terlihat seperti perangkat murah berharga dibawah satu juta. Warna hitam yang mendominasi bagian tampilan bodi dengan finishing doff ditambah pemanis aksen silver tentu membuat perangkat ini punya kesan elegant dan mewah.

Ukuran yang tidak terlalu besar hanya sekitar 8,1 x 6,2 x 3,4 inch dengan bobot 952 gram ini tentu masih sangat mudah dan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Desain mini dan ringan namun tetap dengan kontruksi yang solid membuatnya terlihat kekar. Ditambah lagi, Cheerlux C6 mini memberikan tutup lensa bening yang akan menjaga keselamatan lensanya selama penggunaan.

Lubang ventilasi juga diberikan pada bagian sisi kiri bodi untuk menghindari panas berlebih saat penggunaan. Selain itu, pada sisi kanannya terdapat speaker 2W untuk memberikan pengalaman menonton dengan kualitas audio yang memanjakan telinga.

Pada bagian belakang terdapat port untuk HDMI, USB, VGA, RCA dan juga output audio 3,5mm. Tombol on/offnya pun terletak bersandingan dengan kabel power. Hal ini tentu memberikan nilai plus di pasar projektor karena tidak semua projektor menyertakan kabel HDMI pada paket penjualan mereka.

Resolusi gambar yang diberikan oleh Cheerlux C6 Mini ini sekitar 800×480 pixel dengan input 720p dan 1080p. Dengan tampilan warna yang cukup tajam dan masih terbacanya subtitle tentu secara spesifikasi projektor ini unggul dari lainnya yang memiliki harga pasar hampir serupa. 

Led Proyektor YG-300

projector berikut ini cukup banyak dicari di pasar teknologi karena harga murah dengan harga berkisar 650 ribuan saja. Tampilan cantik dengan perpaduan dua warna yang menarik mata yakni kuning dan putih. Tombol pengaturan pada bagian atas bodi dengan cuttingan yang rapi tentu akan memberikan nilai plus di pasar proyektor. 

Namun demikian, kesan murah akan tetap terasa pada proyektor YG-300 ini, karena material yang dipakai sudah tentu berbeda dengan perangkat harga jutaan. Apalagi pada saat menekan tombol di bagian bodi atas tentu akan merasa bahwa perangkat tersebut sangatlah ringkih. 

Selain itu, perangkat YG-300 juga tidak menyertakan kabel HDMI pada kemasannya. Kabel yang diberikan hanya berupa RXA yang di salah satu ujungnya memakai jack dengan ukuran 3,5 mm. Namun, perangkat ini punya port yang lumayan kuat pada bagian belakang dan juga samping kanan bodinya.

Dalam mengoperasikan YG-300 ini tidak terlalu rumit, pengguna hanya membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dalam penggunaan tombolnya. Pengoperasiannya yang mudah ini, tentu bisa dilakukan tanpa membaca petunjuk pada buku panduannya.

Sayangnya, performa yang diberikan dari oleh YG-300 ini bisa dibilang tidak sebagus saat menonton melalui laptop. Perangkat ini bisa dibilang lebih baik untuk memainkan game metro daripada menonton film dalam bentuk 8 bit. Hal ini boleh jadi dikarenakan resolusi yang dapat ditampilkan oleh YG-300 ini terbatas hanya sebesar 320 x 240 pixel.

Kualitas audio yang di keluarkan tidak terlalu buruk, namun akan tetap lebih baik jika memakai speaker tambahan. Selain itu, kelebihan pada perangkat YG-300 ini berupa kipas axial hydraulic yang mampu membantu projector tetap dalam suhu dingin. Kipas yang terdapat pada perangkat ini pun tidak mengeluarkan suara bising yang mengganggu.

Ukuran dimensi dari projector ini pun sekitar 126,4 x 85,4 x 47,7 mm dan bobot 240 gr saja. Kecerahan yang ditampilkan pun hanya sekitar 50 lumens. Selain itu, perangkat projector YG-300 sudah dibekali remote control pada paket pembeliannya untuk memudahkan pengoperasiannya.

Perangkat YG-300 tentu mempunyai pasarnya sendiri dengan kualitas dan harga yang ditawarkan. Keunggulan dari perangkat ini pun hanya pada tampilan yang cantik dan unik saja. Namun, jika dibandingkan dengan Cheerlux C6 Mini dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh dan kemanpuan yang ditawarkan sangat lebih baik dibandingkan dengan YG-300 tentu akan membuat konsumen berpikir dua kali. 

Dua rekomendasi projector mini ini diberikan untuk memberikan bahan pertimbangan bahwa lebih baik membeli barang yang sedikit mahal namun memiliki kemampuan dan kualitas yang jauh lebih baik. Alan tetapi, semuanya kembali kepada Anda sebagai konsumen untuk memilih projektor mana yang akan menjadi teman Anda menonton film favorit di dalam rumah.