google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Resmi! Lionel Messi Raih Ballon d’Or 2021

Lionel Messi
Lionel Messi sukses menangkan gekar Ballon d’Or ketujuhnya.

cr photo: Goal.

Teka teki siapa pemenang Ballon d’Or 2021 terjawab sudah, Lionel Messi resmi menjadi pemain yang mendapatkan gelar prestisius tersebut. La Pulga sudah dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2021, ia sukses mengalahkan nama nama tenar lain seperti Robert Lewandowski, Jorginho, hingga N’Golo Kante, serta sang rival abadi, Cristiano Ronaldo. Penghargaan ini resmi diberikan kepada Messi dalam acara ceremony yang digelar di Theatre de Chatelet, Paris, Prancis, hari Selasa (30/11/21) waktu Indonesia. Trofi Ballon d’Or ini juga menjadi trofi ketujuh yang membuat Messi menjadi pemain dengan gelar trofi Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah.

Performa Messi sepanjang kalender 2021 memang bisa dibilang sangat apik. Tak hanya berkualitas saat membela klub, namun ia juga sukses menularkan magisnya selama bermain bersama Timnas Argentina di level Internasional. Tak ayal Messi mampu mengalahkan nama nama tenar lain yang masuk ke dalam nominasi, termasuk seorang Cristiano Ronaldo. Trofi Ballon d’Or ini juga menjadi trofi ketujuh yang sukses didapat Messi selama dirinya berkarir di dunia sepak bola. Sebelumnya Messi sukses meraih Ballon d’Or di tahun, 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019.

Messi sendiri memenangkan gelar Ballon d’Or ini usai memenangkan voting yang dilakukan oleh pihak France Football selaku insiator. Voting sendiri dilakukan melibatkan banyak pelatih, kapten timnas, sampai dengan para pengamat sepakbola dunia. Messi diketahui mendapat voting paling tinggi mengalahkan striker Bayern Munchen asal Polandia, yakni Robert Lewandowski yang menduduki posisi 2 di bawah Messi. Meski demikian, beberapa pihak juga tetap menganggap Lewandowski layak memenangkan gelar ini, bahkan Messi sendiri bergumen seperti demikian, melihat performa sang striker.

Impresif di Klub dan Timnas

Keberhasilan Lionel Messi merengkuh gelar Ballon d’Or 2021 ini juga tak lepas dari penampilan impresifnya yang sangat konsisten di sepanjang tahun 2021. Bersama Barcelona yang tengah terseok seok kala itu, Messi tetap mampu mencetak banyak gol dan assist bahkan memberikan Blaugrana satu gelar Copa del Rey.

Tak hanya di level klub, sinar Messi juga berhasil membantu Argentina menjadi jawara Copa America 2021, yang mana gelar tersebut juga merupakan gelar Internasional pertama yang sukses diberikan Messi bagi negaranya. Seperti yang diketahui, sebelum ini nama Messi kerap diragukan acap kali bermain untuk Argentina. Namun dengan keberhasilannya di Copa America lalu berhasil membungkam keraguan tersebut.

Selain dengan prestasi, nama Messi juga mendapat sorotan besar di sepanjang tahun 2021. Hal ini dikarenakan keputusannya yang mengejutkan, di mana Messi memilih meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan klub kaya raya asal Prancis, Paris Saint-Germain. Keuputusan Messi ini mengakhiri romansanya dengan klub asal Catalan tersebut yang sudah berlangsung dua dekade lebih. Meski demikian, karir Messi harus berlanjut dan kini ia tengah memulai kisah baru bersama Les Parisiens.

Pernyataan Lionel Messi

“Saya benar benar bangga bisa sekali lagi memenangkan gelar France Football Ballon d’Or. Luar biasa bisa memenangkan gelar ini untuk ketujuh kalinya. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada keluarga saya, teman teman, serta semua orang yan senantiasa memberikan dukungan kepada saya. Karena tanpa mereka, saya tidak akan bisa melakukan ini semua.” ungkap Messi dalam pernyataannya saat memenangkan Ballon d’Or, dilansir dari BBC.

Selain ucapan syukur dan terima kasih, Messi juga mengatakan bahwa Robert Lewandowski juga layak mendapatkan gelar ini. Lewandowski sendiri memang seharusnya mendapatkannya di tahun 2020, namun sayang karena pandemi, acara ceremony dan gelar Ballon d’Or pun ditiadakan kala itu.

“Saya merasa bahwa seharusnya France Football juga memberikan Ballon d’Or 2020 kepadanya. Dia sangat layak mendapatkannya dan harusnya trofi ini sudah menjadi bagian dari koleksinya di rumah.” tutup Messi.