google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Robert Lewandowski Buka Kemungkinan Pindah Klub

Robert Lewandowski
Robert Lewandowski buka kemungkinan pindah klub.

cr photo: Bavarian Football Works

Berita cukup mengejutkan datang dari bintang Bayern Munchen, Robert Lewandowski yang belum lama ini memberikan pernyataan soal masa depannya. Dalam sebuah wawancara, Lewandowski mengatakan bahwa dirinya tetap terbuka untuk segala kemungkinan. Banyak yang menilai “kemungkinan” yang dimaksud dari perkataannya itu adalah mengenai masa depan karir sepakbolanya. Striker ganas berkebangsaan Polandia itu pun kini namanya ikut ramai dibicarakan di pasar transfer pemain musim panas tahun 2021. Sejumlah klub tentu langsung mengantre begitu tahu Lewandowski membuka kemungkinan untuk pindah klub.

Sesungguhnya, Lewandowski sendiri masih memiliki kontrak bersama Bayern Munchen selama 2 tahun atau sampai dengan tahun 2023 mendatang. Akan tetapi dengan pernyataannya tersebut, Lewandowski bisa saja meminta izin untuk meninggalkan Bayern Munchen lebih cepat. Lagi pula di Munchen, Lewandowski bisa dibilang sudah mendapatkan segalanya sebagai pesepakbola.

Selama membela Munchen, Lewandowski menjelma menjadi sosok striker mengerikan. Namanya bahkan kian menggema seiring dengan usianya yang semakin menua. Tercatat selama membela Die Roten, Lewandowski sukses meraih 18 trofi untuk timnya, dengan salah satunya adalah gelar Liga Champions. Tak hanya secara klub, secara individu, Lewandowski juga sudah sukses dianugerahi gelar Pemain Terbaik Pria versi FIFA dan Pemain Terbaik Eropa. Satu yang belum ia dapat, yaitu gelar Ballon d’Or. Sebenarnya musim lalu Lewandowski berkesempatan besar meraihnya karena tampil lebih ganas dari Ronaldi ataupun Messi, namun sayang karena Pandemi COVID-19, Malam Inagurasi Ballon d’Or pun ditiadakan sementara waktu.

“Aku sampai ini akan selalu berpikiran terbuka dengan apapun. Aku juga masih merasa sangat nyaman di Bayern, kota ini sangat mengagumkan dan ini adalah klub yang fantastis.” ujar Lewandowski saat diwawancarai Canal+ disadur dari laman Detik Sport.

“Aku juga merupakan orang yang selalu ingin memperlajari bahasa bahasa dan budaya baru. Namun apakah itu akan terjadi di bidang sepakbola, ataupun ketika aku selesai bermain, aku sendiri bahkan tidak tahu.” jelas Lewandowski.

Robert Lewandowski Dilirik Chelsea dan Manchester City

Terkait pernyataan Lewandowski itu, dua tim finalis Liga Champions musim 2020-2021, yaitu Chelsea dan Manchester City ditengarai sudah lakukan persiapan untuk menggaet Lewandowski. Baik City maupun Chelsea memang sama sama tengah membutuhkan sosok striker anyar untuk menambah daya dobrak mereka musim depan. Pemilik klub City dan Chelsea juga bisa dibilang sosok yang cukup lolay, sehingga harga mahal tampaknya tak akan jadi masalah bagi kedua tim tersebut.

Untuk Chelsea, mereka butuh satu striker lagi karena saat ini bisa dibilang mereka tak memiliki penyerang tengah top. Timo Werner masih belum bisa menunjukkan kualitas sesungguhnya, sementara dua striker lainnya, yaitu Tammy Abraham dan Olivier Giroud kemungkinan akan dilepas musim panas ini. Kondisi itu membuat Chelsea menargetkan berbelanja striker di bursa transfer musim panas ini. Selain Lewandowski, Chelsea juga mengincar Erling Haaland, dan Romelu Lukaku.

Setali tiga uang dengan Chelsea, City juga sedang alami krisis penyerang tengah. Meskipun beberapa waktu belakangan Pep senang memasang strategi menggunakan false 9, namun mereka tetap membutuhkan satu striker kelas dunia. Pasalnya saat ini di kubu City hanya ada satu striker murni, yakni Gabriel Jesus. Sosok Lewandowski juga dinilai akan jadi pengganti sepadan Sergio Aguero yang memutuskan hengkang menuju Barcelona musim panas ini.

Meski belum dikonfirmasi apakah benar benar akan meninggalkan Munchen. Namun spekulasi masa depan striker yang baru saja memecahkan rekor Gerd Muller di Bundesliga ini patut diikuti.