google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Saat Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri, Lakukan Hal Berikut

kamera whatsapp ngezoom
Source: http://www.gadgetren.com

Secanggih apapun sebuah aplikasi, tentu saja ada saatnya akan mengalami kendala atau masalah teknis. Begitu juga dengan aplikasi pengirim pesan singkat Whatsapp yang sangat populer saat ini. Permasalahan yang belakangan dialami penggunanya adalah dukungan kamera Whatsapp error dan melakukan pembesaran gambar (zooming) secara otomatis. Lantas, apa yang harus kita lakukan ketika kamera Whatsapp ngezoom sendiri?

Sebagai salah satuu aplikasi berbalas pesan erpopuler di dunia, sudah tentu Whatsapp menjadi andalan bagi jutaan masyarakat di dunia. Terlebih dengan fitur keamanannya yang semakin tinggi dan kemudahan bagi pengguna untuk menambahkan stiker-stiker yang diinginkan ke dalam percakapan membuatnya menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, ternyata Whatsapp sendiri tidak lepas dari kendala atau permasalahan teknis di dalamnya. Dalam beberapa kasus, pengguna mengalami kondisi dimana kamera Whatsapp ngezoom sendiri ketika digunakan untuk membaca status dan juga melihat konten yang dikirimkan pengguna lainnya. Menurut penelusuran, kasus ini umumnya akan dialami oleh pengguna aplikasi Whatsapp versi Beta atau Tester.

Bahkan, kendala teknis ini uniknya tidak terbatas menghampuru pengguna Whatsapp reguler. Kenyataannya, para pengguna Whatsapp Business pun juga tak luput dari permasalahan teknis serupa, lho. Lalu bagaimana cara mengatasi kendala teknis tersebut? Artikel berikut aja membahas mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika kamera Whatsapp ngezoom sendiri.

Penyebab Kamera WhatsApp Nge-zoom Sendiri

Berdasarkan hasil penelitian, faktanya permasalahan kamera Whatsapp yang melakukan pembesaran gambar sendiri banyak dialami oleh pengguna Whatsapp pada versi yang sama. Sehingga, kemungkinan besar kondisi tersebut disebabkan oleh masalah internal layanan Whatsapp itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, pengembangan suatu aplikasi tidak dapat luput dari permasalahan cacat secara desain meskipun sebenarnya didesain untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kemampuan aplikasi tersebut. Pada umumnya, permasalahan cacat desain dalam pengembangan disebut dengan bug. Secara teknis, bug tersebut akan membawa pengaruh secara langsung terhadap sebagian maupun seluruh fungsi dari aplikasi itu sendiri.

Nah, apabila kamu mengalami kendala teknis dengan kamera WhatsApp yang nge-zoom sendiri, mungkin kamu bisa mencoba ikuti langkah-langkah berikut, ya.

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Nge-zoom Sendiri

  • Gunakan Whatsapp dengan Versi Stabil
  • Uninstall atau copot pemasangan aplikasi WhatsApp Beta
  • Masuk ke Google Play Store atau Apple Apps Store pada perangkat kamu
  • Pilih menu Profile lalu ubah ke akun yang tidak terdaftar di Beta Tester jika kamu pengguna Android
  • Selanjutnya, pergi ke halaman produk WhatsApp
  • Pasang aplikasi Whatsapp di perangkat kamu sebagai pengguna biasa
  • Untuk mengetahui versi aplikasi yang telah terpasang, pengguna bisa mengunjungi halaman pengaturan (Settings) WhatsApp. Setelah itu, masuk ke bagian Help lalu pilih opsi App Info.

Apabila ternyata perangkat kamu sudah menggunakan aplikasi Whatsapp versi stabil tetapi masalah kamera masih ditemukan, maka pengguna dapat menempuh opsi untuk memperbarui WhatsApp mereka ke versi yang paling baru.

Update ke Versi Terbaru

  • Hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat kamu apabila diperlukan
  • Pergi ke halaman produk aplikasi tersebut melalui toko aplikasi (Google Play Store atau Apple Store)
  • Pilih menu Install atau Update sesuai dengan pilihan yang telah ditempuh sebelumnya

Perlu diketahui, versi stabil dari sebuah aplikasi pun tidak dapat terhindar dari bug meskipun sudah diuji dengan tahap beta sebelumnya. Memperbaruinya sudah tentu merupakan langkah yang paling tepat karena biasanya update terbaru membawa perbaikan untuk aplikasi terkait.

Sebagai pilihan yang lebih segar, dalam hal ini pengguna pun bisa melakukan pembaruan dengan cara install ulang aplikasi. Pengguna hanya harus menghapus aplikasi terlebih dulu sebelum kemudian memasang versi baru.

Akan tetapi, apabila versi WhatsApp pada perangkat sudah sama dengan apa yang tersedia di toko aplikasi dan proses install ulang belum menyelesaikan masalah, artinya tidak ada jalan lain kecuali menunggu hingga ada pembaruan selanjutnya dari pengembang.

Menggunakan Kamera Utama Untuk Sementara
Apabila situasinya seperti di atas, tentu tidak ada pilihan lain selain menunggu. Namun, sembari menunggu pembaruan WhatsApp ke versi terbaru, tentu saja pengguna dapat memanfaatkan aplikasi kamera utama dari handphone untuk membuat pesan maupun status pada layanan tersebut.

Namun demikian akan berbeda penanganannya jika saat menggunakan kamera bawaan pun masih terdapat kendala. Apabila ini yang kamu alami, kemungkinan penyebabnya bukanlah dari aplikasi WhatsApp melainkan pada perangkat smartphone itu sendiri.

Untuk menyelesaikan kendala tersebut, pengguna Whatsapp bisa mencoba beberapa hal seperti misalnya memuat ulang perangkat, membersihkan data, sampai memperbarui sistem operasi ke versi yang paling baru.

Beberapa cara yang dijelaskan di atas merupakan metode alternatif yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah kamera WhatsApp nge-zoom sendiri. Semoga langkah-langkah tersebut bisa kamu terapkan di perangkat kamu yang bermasalah ya. Selamat mencoba!