Sadio Mane Akui Pernah Hampir Gabung Manchester United

Sadio Mane
Sadio Mane akui pernah nyaris bergabung dengan Manchester United.

cr photo: Squawka.

Sebuah pengakuan cukup mengejutkan dilontarkan Sadio Mane belum lama ini pada media. Mane yang kini merupakan superstar dan merupakan salah satu pemain terbaik di posisinya bersama Liverpool mengaku sempat hampir bergabung dengan Manchester United. Mane akui ketika itu posisinya sudah sangat dekat dengan kepindahannya ke kubu Setan Merah. Namun semuanya berubah, nasib berkata lain karena Mane pada akhirnya memilih bermain untuk Liverpool.

Nama Sadio Mane jelas sudah bukan nama yang asing untuk para penggemar sepak bola. Sosoknya merupakan pemain bintang saat ini. Kapten Timnas Senegal tersebut berhasil menunjukkan sebuah pencapaian yang luar biasa. Sejak pertama kali didatangkan oleh The Reds di tahun 2016 lalu, Mane memang sudah menunjukkan potensi yang luar biasa. Kemudian dengan tempaan pelatih sekelas Jurgen Klopp, Mane kini menjadi pemain besar yang nampaknya akan diinginkan oleh setiap tim di dunia.

Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut kini menjelma menjadi sosok tak tergantikan di Liverpool karena ketajamannya dan peranan besarnya. Tercatat sejak 2016 lalu, Mane sudah membuat 286 penampilan bersama Liverpool di semua ajang kompetisi dengan sumbangan 120 gol dan 48 assist, sebuah angka yang sangat impresif. Selain itu, Mane juga berhasil membantu Liverpool mendapatkan gelar Liga Inggris, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, sampai dengan Piala FA.

Mengaku Hampir Gabung MU

Dengan semua pencapaiannya ini, Mane jelas sudah bisa disebut sebagai salah satu legenda Liverpool. Namun siapa sangka ternyata Mane sempat hampir bergabung dengan Manchester United, yang mana MU sendiri merupakan rival dan seteru abadi Liverpool. Kejadian itu menurut Mane terjadi pada tahun 2016 lalu, ketika ia masih menjadi pemain Southampton.

Kala itu adalah bursa transfer musim panas tahun 2016, Mane merupakan komoditi panas di Liga Inggris usai performa apiknya bersama Southampton. Liverpool dan Manchester United adalah dua tim paling serius yang menginginkan jasa Sadio Mane. Menurut Mane kala itu MU lebih agresif daripada Liverpool dan mereka terus melakukan negosiasi. Bahkan Mane akui sudah sempat menyepakati tawaran kontrak yang dilontarkan oleh manajemen MU.

Akan tetapi di detik detik akhir, Jurgen Klopp muncul. Klopp memang semenjak mengambil alih kursi kepelatihan kala itu sudah menjadikan Mane sebagai target dari rebuilding skuadnya. Kemudian Klopp menghubungi Mane ketika ia hampir menyebrang ke MU. Saat itu Klopp memberitahu rencana besarnya pada Mane, sehingga Mane pun tertarik dan kini sukses menjadi pilar andalan Liverpool.

Pernyataan Sadio Mane

“Ya sebenarnya saya pernah hampir bergabung dengan Manchester United. Semuanya hampir saja trealisasi ketika itu, bahkan saya bisa dibilang sudah menyepakati kontrak yang disodorkan pihak Manchester United. Semua sudah siap dan saya selangkah lagi pergi ke sana.” ungkap Mane dilansir dari laman Telegraph.

“Tetapi pada saat itu Jurgen datang menghubungi saya, dan saya sampai ini masih ingat persis seperti apa ketika ia pertama kali menghubungi saya. Dia berhasil membuat saya percaya dan yakin dengan project besar yang sedang ia kerjakan. Jadi saya berubah pikiran dan memutuskan pindah ke Liverpool.” jelasnya.

Bukan hanya Mane sebenarnya yang sempat hampir ke MU, sang pelatih, yaitu Jurgen Klopp juga pernah ditawari untuk melatih MU. Kala itu setelah era Sir Alex Ferguson berakhir, MU mencari pelatih anyar untuk meneruskan kejayaannya MU. Namun Klopp tidak tertarik dan lebih bergabung dengan Liverpool, sementara MU memilih menunjuk David Moyes.