google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Sebelum Menjalani Vaksinasi Covid-19 Penting Tidur Cukup Waktu, Inilah Manfaatnya

pentingnya tidur cukup waktu sebelum mengikuti vaksinasi

Selain dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Anda pun harus mengikuti program vaksinasi Covid-19 supaya dapat menjaga tubuh secara maksimal dari infeksi virus corona.

Bukan hanya dengan melengkapi berbagai macam dokumen pribadi saja, calon penerima vaksin pun diharuskan tidur dengan cukup sebelum menjalani program vaksinasi Covid-19.

Tetapi, tahukah Anda mengapa hal tersebut wajib untuk dipenuhi? Anda bisa menyimak ulasan lengkap dari kami seputar pemberian vaksin Covid-19 di bawah ini.

Mengapa Harus Tidur Dengan Waktu Yang Cukup Sebelum Ikut Serta Vaksinasi Covid-19?

Untuk sekarang ini, pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan program vaksinasi Covid-19 guna menekan angka kematian yang diakibatkan oleh infeksi virus corona.

Vaksinasi Covid-19 memanglah tidak membuat seseorang terbebas dan aman dari risiko penularan virus corona, namun untuk bisa mengurangi gejala yang cukup parah pun bisa cegah dengan pemberian vaksin. Hal ini disebabkan seseorang yang sudah memeroleh vaksin akan segera mengembangkan antibodi di dalam tubuh serta mampu melawan berbagai macam penyakit saat sudah terinfeksi.

Berdasarkan penjelasan langsung dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) melalui situs resminya, menjalani program vaksin Covid-19 bukan hanya melindungi diri sendiri saja tetapi juga bisa melindungi orang – orang yang berada di sekitaran Anda. Secara sederhanaya, bila Anda sudah terlindung dari gejala fatal dari infeksi virus corona, artinya adalah Anda pun cenderung tidak akan menularkan viru corona kepada orang lain.

Jikalau Anda ingin segera mengikuti program vaksinasi Cvovid-19, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan dipersiapkan dengan matang. Salah satunya adalah dengan tidur cukup waktu sebelum menjalani vaksinasi.

Tidur dengan waktu yang cukup dapat pula memberikan pengaruh begitu kuat terhadap sistem imunitas di dalam tubuh manusia. Tidur juga bisa pula menurunkan risiko infeksi serta membantu tubuh manusia merespon vaksin ini dengan lebih baik lagi.

Pada saat Anda sudah memeroleg vaksin, maka tubuh bakalan langsung menerima zat asing baik itu virus yang telah dimatikan atau pun hasil dari rekayasa genetic virus untuk bisa merangsang respons antibodi di dalam tubuh manusia. Sehingga vaksin ini pun dapat mengajarkan secara langsung sistem imunitas tubuh untuk bisa mengenali virus dan membuat sistem antibodi guna melawan infeksi yang mungkin saja terjadi di kemudian hari.

Oleh karena itulah bisa disimpulkan bahwa tidur dengan waktu yang cukup dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih baik lagi serta siap untuk membentuk antibodi, sehingga kemungkinan timbulnya efek samping dari pemberian vaksin pun akan lebih ringan.

Meskipun belum ada hasil penelitian tentang efek tidur sebelum menjalani vaksinasi Covid-19. Akan tetapi, penelitian yang lainnya di tahun 2020 telah dipublis dalam Internatioanl Jorunal of Behavioral Medicine menunjukkan bahwa vaksin fle memang menjadi lebih efektif apabila si penerima vaksin cukup tidur selama 2 hari sebelum mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Apa Efek Bila Kurang Tidur Sebelum Memeroleh Vaksin Covid-19?

Di sisi yang lainnya, kurang tidur ini pun terbukti bisa merusakan cara tubuh dalam melindungi dirinya sendiri. Hal tersebut dikarenakan jumlah sel darah putih, sel sistem kekebalan tubuh manusia yang harusnya dapat melawan paparan virus pun bisa berkurang.

Di samping itu juga, kekurangan tidur pun dapat membuat tubuh manusia mengalami penurunan respons imun tubuh melalui sel T yang menjadi bagian dari sel imun tersebut.

Ketika tubuh manusia kekurang tidur, kadar hormon stress juga bakalan meningkat. Hal tersebut berakibat kadar integrin yaitu molekul yang bisa membantu sel T menempel pada sel yang sudah terinfeksi virus pun akan menurun pula.

Hal tersebut juga bisa membuat kinerja dari sel T menjadi kurang efektif dalam memberikan perlindungan tubuh guna melawan infeksi. Hasilnya adalah tidak cukup tidur sebelum menerima vaksinasi memungkinkan efek sampingnya yang muncul pun relatif lebih berat.

Sebelum mendapatkan suntikan vaksin, tekanan darah para penerima pun akan diperiksa terlebih dahulu. Apabila tensi darahnya tinggi, mereka tidak diperbolehkan menerima vaksin. Anda pun harus mengatur jadwal vaksinasi uang lain waktu.

Tekanan darah pun dapat dipengaruhi oleh waktu tidur yang kurang. Bila Anda kurang tidur, tekanan darah pun dapat melonjak tajam. Kondisi inilah yang dapat menganggu kelancaran para penerima vaksinasi Covid-19.

Tips Untuk Cukup Waktu Tidur Sebelum Vaksinasi Covid-19

Setelah Anda mengetahui pentingnya waktu untuk istirahat malam hari sebelum mendapatkan vaksinasi, coba beberapa hari sebelum memeroleh suntikan vaksin, pastikan cukup waktu tidur Anda setidaknya 6 jam.

Agar dapat tidur dengan baik sebelum mendapatkan vaksin, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Coba tidur lebih awal dan bangun di pagi hari. Lakukan hal tersebut di jam yang sama, meskipun saat hari libur. Lebih baik lagi bila dilakukan secara rutin setelah mengikuti vaksinasi.
  • Hindari makan dengan porsi yang besar atau pun minum kafein sebelum tidur. Kedua kebiasaan inilah yang dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur.
  • Ikuti aturan untuk tidur siang sekitar 20 menit sebelum jam 3 sore. Bila Anda tidak mengantuk pada siang hari pun, bisa melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan dan mengisi waktu luang.

Banyaknya informasi yang beredar di sosial media berkaitan dengan vaksinasi Covid-19, yang kadang bisa membuat Anda cemas. Jauhi semua hal yang dapat menimbulkan kecemasan dikarenakan dapat membuat Anda sulit tidur.