google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Sempat Kolaps, Kondisi Christian Eriksen Sudah Stabil

Christian Eriksen
Christian Eriksen kolaps di tengah pertandingan Denmark vs Finlandia.

cr photo: The Independent

Pemain andalan timnas Denmark, Christian Eriksen alami kolaps di tengah tengah duel antara Denmark vs Finlandia dalam laga Euro 2020. Ketika itu tim medis dan rekan setim Eriksen di atas lapangan langsung bergerak sangat sigap menolong bintang Inter Milan tersebut. Setelah mendapat pertolongan, Eriksen pun berhasil terselamatkan. Kondisinya sendiri saat ini dikabarkan sudah kembali stabil. Kabar ini disampaikan langsung oleh perwakilan UEFA melalui laman resminya. Saat ini sang pemain masih menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Kejadian menegangkan terjadi di pertandingan timnas Denmark kontrak Finlandia dalam lanjutan laga Grup B Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) malam WIB. Saat itu Eriksen yang mendapat bola operan dari rekannya tiba-tiba ambruk tanpa mendapat benturan sedikitpun. Peristiwa tersebut langsung membuat seisi stadion hening seketika. Sementara itu rekan setim Eriksen yang awalnya kebingungan juga langsung bergegas menolong Eriksen yang tengah dalam bahaya. Tim Medis juga tak lama kemudian datang ke lapangan dan langsung memberikan pertolongan secara intensif.

Terjadi ketegangan beberapa saat selama perawatan Eriksen berlangsung. Beberapa pemain Denmark tak kuasa menahan tangisnya saat melihat kondisi Eriksen. Namun beberapa yang lainnya mengikuti instruksi sang kapten, Simon Kjaer untuk membentuk barikade di sekitar Eriksen untuk melindungi proses perawatan. Sementara para pemain Finlandia juga terlihat cukup shock dengan kondisi Eriksen.

Pemain yang pernah membela Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam itu memang langsung perawatan berupa CPR atau resutitasi jantung paru-paru saat itu juga di atas lapangan oleh tim medis. Usai mendapatkan perawatan yang intensif, akhirnya Eriksen mampu melewati masa masa kritisnya. Ketika kondisinya membaik, Eriksen langsung ditandu keluar lapangan oleh tim medis.

Christian Eriksen Sudah dibawa ke Rumah Sakit

Setelah insiden itu tanpa menunggu waktu, Eriksen langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan lanjutan. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya UEFA pun memberikan kabar bahwa kondisi Eriksen sudah kembali stabil. Lebih lanjut, beberapa sumber juga ada yang mengatakan bahwa saat ini bahkan Eriksen sudah bisa kembali berbicara.

Atas insiden yang cukup membuat terkejut itu, UEFA memutuskan untuk melakukan penangguhan terhadap laga Denmark vs Finlandia yang sejatinya tinggal tersisa 45 menit babak kedua. Kemudian pihak UEFA pun memanggil beberapa pihak dari kedua kesebelasan untuk melakukan diskusi terkait kelanjutan pertandingan. Setelah melakukan diskusi tersebut, UEFA pun memutuskan untuk melanjutkan laga beberapa jam setelah insiden tersebut.

Dalam pertandingan yang dilanjutkan itu Denmark sayang sekali harus menyerah dari sang lawan, yakni Finlandia. Teemu Pukki dan kawan kawan berhasil menang dengan skor tipis saja, yakni 0-1. Satu satunya gol penentu kemenangan Finlandia di laga ini dilesakkan oleh striker milik klub Union Berlin, Joel Pohjanpalo. Saat mencetak gol Pohjanpalo pun tak lakukan selebrasi berlebihan demi menghormati sosok Christian Eriksen yang sempat kolaps di atas lapangan.

Atas kemenangan tersebut Finlandia berhasil sementara duduk di posisi 2 klasemen sementara Grup B Euro 2020 dengan poin 3. Mereka hanya kalah selisih gol saja dari Belgia yang di pertandingan lain berhasil memenangkan laga atas Rusia dengan skor 3-0.

Insiden yang menimpa Christian Eriksen di laga ini sendiri langsung mengundang beberapa aksi simpatik dari sesama pesepakbola. Di antaranya ada Romelu Lukaku yang mendedikasikan dua golnya ke gawang Rusia untuk Eriksen yang merupakan rekan setimnya di Inter Milan. Sementara itu ada juga Timnas Jerman yang juga melakukan aksi mendukung Eriksen di sela persiapan mereka sebelum menjalani laga Euro 2020.