google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Serba Serbi Crop Top, Si Primadona Musim Panas

Serba Serbi Crop Top (Foto: instyle.com)

Pakaian musim panas dirancang dengan beberapa karakteristik khusus, antara lain ringan, tidak gerah, dan pastinya modis di kenakan. Temperatur lingkungan yang tinggi menuntut Anda untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan breathable untuk beraktivitas. Menjadi momen yang tepat untuk bereksplorasi dan melakukan banyak hal di luar rumah, tak heran jika pakaian musim panas perlu hadir dengan desain yang modis untuk menunjang penampilan.

Di antara berbagai pakaian musim panas yang populer, crop top adalah primadona yang patut dimiliki setidaknya satu di lemari pakaian Anda. Yuk, kenali crop top lebih lanjut agar mudah dalam melakukan padu padan pakaian di musim panas!

Apa Itu Crop Top?

Crop Top (Foto: whaelse.com)

Meski mungkin telah memilikinya di lemari pakaian, banyak yang masih bertanya-tanya apa itu crop top sebenarnya. Seperti namanya, crop top adalah atasan dengan potongan hemline yang memperlihatkan sebagian perut seseorang. Crop top juga dikenal sebagai setengah kemeja atau kemeja cutoff karena desain hemline-nya yang seolah-olah memang memotong pakaian menjadi lebih pendek.

Menariknya, bila dilihat secara historis crop top tidak hanya dikenakan oleh para wanita, namun juga para pria. Crop top sendiri memiliki panjang hemline beragam yang berkisar dari super minim yang menampilkan hampir seluruh perut hingga potongan sedikit di atas pinggang alami. Bagian hemline-nya juga hadir dengan berbagai detail, dengan potongan sempurna yang dijahit, potongan tidak sempurna, hingga potongan compang-camping yang funky.

Meski telah adalah sebelumnya, crop top secara khusus mendapat perhatian dari dunia mode pada tahun 1930-an dan 1940-an. Setelah itu crop top secara berulang menjadi pakaian pilihan yang dianggap cocok dengan musim panas. Pada pertengahan 2010-an crop top juga mengalami kebangkitan dan memperoleh popularitas di kalangan pria. Pakaian yang cocok untuk dikenakan pada aktivitas sehari-hari di musim panas ini bahkan menarik perhatian para desainer papan atas untuk menampilkannya dalam runway mereka.

Gaya dan Jenis Crop Top

Crop top tersedia dalam berbagai jenis dan gaya. Bila dilihat dari bahannya, crop top umumnya terbuat dari kaus dan rajutan. Meski demikian, kini banyak crop top yang dibuat dari bahan lain yang lebih kasual, termasuk linen, rayon, campuran katun dan poliester, hingga denim. Untuk memberikan tampilan feminin dan mewah, cobalah untuk melirik crop top dengan renda atau berbahan sutra.

Secara garis besar, crop top tersedia dalam tiga jenis, yaitu crop top tanpa lengan, lengan pendek, dan lengan panjang. Dari ketiga jenis tersebut, kemudian dikembangkan menjadi berbagai macam gaya dengan dilengkapi fitur desain yang menarik.

1. Tanpa Lengan

Tanpa Lengan (Foto: funkyforty.com)

Crop top tanpa lengan hadir dengan berbagai detail, seperti camisol berpotongan kecil dengan tali spaghetti, tank top, hingga tee tanpa lengan yang sempurna untuk musim panas. Berbagai pilihan crop top ini adalah atasan yang sejuk dan nyaman untuk Anda yang aktif bergerak. Bagi Anda yang ingin melindungi kulit saat matahari terlalu terik, lapisi saja crop top Anda dengan jaket dan blus tanpa mengancingkannya. Crop top ini juga bisa Anda gunakan untuk melapisi gaun musim panas atau pakaian renang.

2. Lengan Pendek

Lengan Pendek (Foto: usweekly.com)

Crop top dengan lengan sebenarnya digunakan bergantung akan seberapa banyak Anda hendak mengekspos kulit lengan. Selain itu, opsi lengan juga berlaku untuk mengubah siluet secara visual untuk menciptakan efek seperti yang Anda inginkan. Crop top dengan lengan pendek sendiri sangat direkomendasikan untuk wanita yang lebih tinggi, sebab mampu mengalihkan perhatian ke bagian lengan sehingga profil tubuh tampak lebih pendek.

3. Lengan Panjang

Lengan Panjang (Foto: hellothalita.com)

Crop top dengan lengan panjang bisa dipilih untuk memberikan tampilan yang lebih sederhana. Menutupi sebagian besar hingga seluruh lengan adalah cara terbaik untuk menambah cakupan, sebab bagian perut Anda sudah terekspos. Crop top dengan lengan pendek sangat direkomendasikan bagi Anda yang bertubuh kecil, sebab mampu memberikan profil tubuh yang lebih tinggi dengan lengan tertutup.

Ide Styling

Bila berbicara mengenai padu padan gaya, crop top adalah atasan yang mudah untuk dieksplorasi. Atasan ini bisa dikenakan sendiri atau digunakan sebagai item layering untuk menciptakan banyak tampilan yang bisa disesuaikan dengan pakaian di lemari Anda.

Pakaian kasual ini memang terlihat sangat bagus ketika dipasangkan dengan rok pensil, rok mini, skinny jeans atau celana pendek untuk menyeimbangkan bagian perut yang terekspos. Bagi yang kurang percaya diri dengan bentuk pinggang Anda, tidak ada salahnya untuk menutupinya dengan bawahan berpinggang tinggi. Berikut adalah beberapa ide padu padan gaya yang bisa Anda lakukan dengan crop top.

1. Jeans

Jeans (Foto: fashionweekdaily.com)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, crop top tampak sempurna kala dipadukan dengan celana jeans. Anda bisa mengenakan kemeja crop dengan celana jeans pendek atau panjang, jegging, atau legging. Lengkapi penampilan kasual Anda dengan flat shoes, high heels, atau boots yang membuat kaki tampak lebih panjang dan ramping.

2. Pakaian Pantai

Pakaian Pantai (Foto: thehungarianbrunette.com)

Ingin bermain di pantai untuk menikmati musim panas? Anda bisa memadukan crop top lengan pendek dengan celana pendek favorit yang nyaman dan tidak gerah. Crop top berbahan rajut tanpa lengan juga sangat sempurna dengan suasana liburan musim panas. Beri sentuhan pada penampilan dengan topi lebar, tas jinjing jerami, serta sandal jepit.

3. Kencan Malam

Kencan Malam (Foto: eu.bohoo.com)

Tak hanya dikenakan di siang hari, crop top juga bisa Anda kenakan untuk kencan malam di musim panas. Pilih crop shirt off-the-shoulder yang anti gerah dan mengekspos pundak indah Anda untuk penampilan yang menawan. Padukan atasan tersebut dengan rok pensil yang menonjolkan siluet tubuh tanpa berlebihan. Untuk alas kakinya, Anda bisa mengenakan stiletto heels dalam ansambel pakaian.

Demikianlah ulasan mengenai crop top yang merupakan pakaian populer di musim panas. Kira-kira gaya mana yang paling kamu suka? Selamat melakukan eksplorasi gaya dengan crop top di lemari Anda!