google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Sering Diabaikan, Inilah Manfaat Dari Penggunaan Kacamata Anti Radiasi

Manfaat kacamata anti radiasi

Kacamata anti radiasi merupakan salah satu dari alat pelindung mata yang sangat penting untuk Anda miliki. Kadang sering kali diabaikan, mata lebih sering terpapar radiasi, seperti halnya sinar ultraviolet dari matahari atau pun cahaya biru dari layar ponsel smartphone yang digunakan. Bila terus dibiarkan maka dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Paparan radiasi sinar ultraviolet dari matahari maupun sinar biru pada gadget (blue light), seperti pada layar monitor PC, laptop dan smartphone, dapat merusak struktur dan jaringan mata, termasuk pula lensa mata dan kornea.

Oleh karena itulah, untuk mengantisipasi risiko di atas, Anda bisa memakai alat pelindung mata yakni kacamata anti radiasi. Lensa dari kacamata anti radiasi ini pun terbuat dari bahan khusus sehingga mampu mencegah dan menghalau sinar ultraviolet dan juga blue light masuk ke mata Anda.

Bermacam Jenis Radiasi Yang Bisa Merusak Mata

Radiasi merupakan suatu gelombang energi atau pun partikel dengan kecepatan tinggi,yang bisa terjadi secara alamiah atau buatan. Berikut ini ada beberapa jenis dari radiasi yang dapat membahayakan kesehatan organ mata :

Sinar ultraviolet

Radiasi sinar ultraviolet dari matahari merupakan salah satu penyebab utama mata bisa mengalami kerusakan. Sinar ultraviolet biasanya terbagi menjadi tiga jenis, yakni UVB, UVA, dan juga UVC. Jenis radiasi sinar ultraviolet yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi penghilatan adalah UVA dan UVB.

Mata yang terlalu sering terkena paparan kedua jenis radiasi sinar matahari ini pun dapat mengalami berbagai macam penyakit seperti kanker mata, katarak, degenerasi macula, pterygium dan fotokeretitis atau peradangan pada korena mata yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari secara berlebihan.

Komputer dan gadget

Cahaya biru atau pun blue light yang berasal dari layar monitor PC, laptop atau pun smartphone lainnya diyakini dapat menyebabkan munculnya gangguan pada organ mata. Bila terlalu lama berada di hadapan layar perangkat elektronik tersebut dapat membuat Anda jarang berkedip dan menyebabkan mata lelah serta mata kering.

Beberapa dari penelitian juga menjelaskan bahwa cahaya biru dari gadget semakin lama dapat menimbulkan kerusakan pada lensa, retina mata dan kornea. Akan tetapi, hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

Radiasi nuklir

Sekarang ini, radiasi nuklir banyak dipergunakan dalam dunia medis guna mengobati dan mendiagnosis jenis penyakit tertentu. Radiasi nuklir ini pun digunakan dalam pemeriksaan CT – scan dan Rontgen, serta terapi radiasi untuk mengobati penyakit kanker.

Namun, paparan dari radiasi nuklir secara berlebihan atau pun terlalu sering dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh, seperti kanker, kerusakan jaringan sel – sel di dalam tubuh, termasuk sel kulit dan mata serta gangguan tumbuh kembang pada anak – anak.

Inilah Manfaat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi Bagi Kesehatan Organ Mata

Kacamata anti radiasi merupakan jenis alat pelindung mata yang sangat penting dipakai, terlebih lagi bagi Anda yang sedang beraktivitas di luar rumah dan berada di bawah terik sinar matahari, atau pun saat menggunakan gadget dalam waktu yang relatif lama.

Secara umumnya, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari penggunaan kacamata anti radiasi ini, seperti :

Dapat Mencegah Kerusakan Pada Mata

Manfaat pertama yang wajib diketahui dari penggunaan kacamata anti radiasi ini ialah dapat melindungi mata dari bahaya yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet atau UV secara berlebihan, seperti kerusakan retina, katarak, kanker mata, degenerasi macula dan juga pterygium pada mata.

Selain itu juga, kacamata anti radiasi pun dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan juga mencegah munculnya rasa silau atau pun tidak nyaman pada mata ketika Anda sedang beraktivitas di luar rumah dan di bawah terik matahari.

Dapat Meringankan Mata Kering dan Mata Lelah

Gejala dari mata kering dan mata lelah sering kali dirasakan jika Anda sudah terlalu lama menatap layar gadget atau pun bekerja di depan monitor.

Selain itu juga, kondisi ini pun kerap kali terjadi dan dirasakan oleh mereka yang terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, lebih khususnya saat matahari sedang terik di siang hari.

Beberapa penelitian juga sudah menyatakan bahwa penggunaan dari kacamata anti radiasi ini mampu mencegah serta meringkankan gejala mata kering dan mata lelah, serta ketegangan yang dirasakan oleh mata akibat dari radiasi sinar biru dan juga sinur UV.

Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Papara blue light secara berlebihan dapat membuat produksi hormon melatonin di dalam tubuh terganggu. Hal tersebut dapat mengganggu siklus bangun maupun tidur alamiah tubuh, sehingga Anda pun lebih sering merasakan kantuk di siang hari dan sulit tertidur di dalam hari (insomnia).

Nah, supaya dapat mencegah efek negatif dari paparan sinar biru tersebut, Anda dapat memakai kacamata anti radiasi. Kacamata ini pun mampu menghalau sinar biru yang masuk ke mata, serta membuat hormone melatonin bisa diproduksi secara semestinya.

Dengan cara tersebut, waktu dan kualitas tidur pun menjadi lebih terjaga, meskipun Anda kerap kali menatap layar monitor laptop pada saat bekerja. Namun, supaya lebih aman lagi, sebaiknya untuk membatasi waktu penggunaan gadget di luar dari kepentingan pendidikan atau pun pekerjaan.

Untuk orang dewasa disarankan membatasi waktu penggunaan gadget ini maksimal 2 jam tiap hari, sedangkan bagi anak – anak maksimal hanya 1 jam saja.

Hal tersebut bertujuan agar manfaat dari kacamata anti radiasi bisa dirasakan oleh penggunanya, pastikan juga memilih kacamata yang terbuat dari lensa yang benar – benar mampu menangkal radiasi, baik untuk sinar UV maupun blue light, serta lensa yang sudah terpolarisasi guna mengurangi silaunya pantulan cahaya matahari.

Selain itu, terapkan pula cara untuk menjaga kesehatan mata, seperti halnya mengistirahatkan mata bila sudah lelah, konsumsi makanan bergizi seimbang serta membatasi waktu penggunaan gadget sebelum tidur.

Lindungi Mata Dari Paparan Radiasi Dengan Memakai Kacamata Anti Radiasi

Radiasi yang berasal dari sinar matahari atau pun penggunaan gadget secata berlebihan pastinya dapat menimbulkan gangguan pada mata. Oleh karena itulah, sangat penting menggunakan kacamata anti radiasi supaya dapat melindungi kesehatan mata, terlebih lagi bila sering melakukan aktivitas di bawah terik sinar matahari atau pun menggunakan gadget dalam waktu yang cukup lama.

Mata menjadi organ yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya organ mata inilah, manusia bisa melihat keindahan dunia dan sekitarnya.

Bila tidak dirawat dan dipelihara dengan baik, mata dapat rusak serta menimbulkan gangguan penglihatan. Maka dari itulah, kita pun mesti memastikan mata agar selalu sehat dan terlindungi maksimal.

Tips Untuk Memilih Kacamata Anti Radiasi

Produk kacamata anti radisasi yang beredar luas di pasaran biasanya hanya berguna untuk menghalau sinar ultraviolet dan juga radiasi gadget. Sedangkan untuk kacamata anti radiasi nuklir dan foto Rontgen tidak dijual secara bebas, dan umumnya hanya digunakan oleh tenaga kesehatan yang bekerja di dekat mesin pemancar radiasi nuklir.

Kacamata anti radiasi ini sudah dirancang khusus sehingga berbeda dengan lensa kacamata biasanya. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih kacamata anti radiasi yang baik, seperti :

Mampu menghalau radiasi berbahaya

Lensa dengan bahan dasar plastic atau pun kaca pada dasarnya hanya bisa menghalau sedikit sinar ultraviolet, namun dengan ditambahkan beberapa lapisan khusus pada lensa kacamata adalah salah satu cara untuk menghalau sinar ultraviolet secara total.

Oleh karena itulah, ketika memilih kacamata hitam, Anda pun mesti tahu bahwa kacamata tersebut sudah dilengkapi dengan lapisan khusus yang bisa menangkal radiasi sinar ultraviolet. Utamakan juga untuk pelapis lenca ini mampu menangkal radiasi sekitar 99 hingga 100 persen atau diberi label 400 nm.

Dibuat dengan lensa yang sangat baik

Pastikan juga bahwa lensa kacamata anti radiasi sudah dirancang secara khusus. Cara mengetesnya pun sangat mudah. Pasang kacamata dan pegang gelas pada jarak yang ideal dari pandangan Anda, lalu lihat suatu pola persegi atau pun garis lurus sembari menutup satu mata.

Kemudian, pindahkan gelas tersebut secara perlahan dari satu sisi ke yang lainnya, serta ke sisi bawah dan atas. Bila garis tersebut masih terlihat lurus, maka lensa Anda sudah termasuk dalam lensa kacamata yang baik.

Mempunyai lensa yang terpolarisasi

Kacamata dengan lensa terpolarisasi atau polarized lens ini bisa membantu untuk mengurangi silaunya sinar matahari yang dipantulkan oleh jalan, kaca, cermin, atau pun genangan air. Oleh sebab itulah, demi kenyamanan Anda beraktivitas di siang hari, sangat dianjurkan untuk memakai kacamata anti radiasi dengan lensa yang sudah terpolarisasi.

Mempunyai bingkai dan lensa ukuran besar

Selain dengan memastikan bahwa kacamata yang Anda beli mampu menangkal radiasi sinar ultraviolet, Anda pun harus mempertimbangkan bagian bingkai dan juga ukuran kacamata. Kacamata dengan lensa dan bingkai yang lebih besar diyakini mampu menutupi area pada sekitaran mata dengan baik.

Melindungi mata dari paparan radiasi yang berlebihan ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu juga, batasi pemakaian gadget dan istirahatkan mata setiap kali selesai bekerja di depan layar monitor, Anda pun disarankan memakai kacamata anti radiasi pada saat beraktivitas di luar ruangan pada siang harinya.

Itulah beberapa dari manfaat kacamata anti radiasi yang begitu pentingnya bagi kesehatan mata. Bila selama ini Anda mungkin jarang memakai alat pelindung mata ketika bekerja di bawah terik matahari atau pun di depan layar monitor, segera coba menggunakannya.