google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Sering Salah Penyebutannya, Inilah Perbedaan Virus dan Bakteri

perbedaan virus dan bakteri

Sekarang ini, masih banyak juga masyarakat yang salah mengartikan perbedaan antaran virus dan juga bakteri. Selain itu, keduanya pun kerap kali tertukar dalam penyebutannya. Lantas, apa itu perbedaan antara virus dan bakteri?

Perbedaan dari bakteri dan juga virus ini memang perlu untuk diketahui karena bagi sebagian orang keduanya ini sering kali tertukar dalam penyebutannya. Bakteri dan virus ini memang mempunyai beberapa kesamaan, namun ada juga perbedaan dengan ciri khasnya masing – masing.

Covid-19 ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi SARS – CoV – 2, salah satu dari ketujuh jenis virus corona yang telah dikelompokkan oleh CDC.

Sebenarnya, selain dari virus corona, ada virus yang mempunyai banyak sekali jenisnya dan juga bersifat desktruktif bila sudah menginfeksi organisme lainnya.

Selain virus, ada hal lainnya yang tidak asing di telinga masyarakat adalah bakteri. Nah, bakteri ini rupanya bisa menyebabkan penyakit dan juga merusak kesehatan tubuh. Penyakit seperti halnya radang tenggorokan, tuberculosis (TBC) yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Mengenal Apa Itu Bakteri?

Melansir dari Mayo Clinic, bakteri merupakan jenis mikroorganisme yang memiliki sel satu dan bisa bertahan hidup di berbagai lokasi dan juga keadaan. Beberapa dari bakteri pun dapat bertahan hidup di cuaca yang sangat panas atau pun dingin sekali pun.

Bukan hanya itu saja, di dalam tubuh manusia juga ada banyak sekali bakteri. Akan tetapi, sebagian besar dari bakteri dalam tubuh ini bukanlah organisme perusak, dan juga hanya sebagian kecil saja yang bisa membahayakan kesehatan tubuh, atau pun dikenal dengan sebutan bakteri patogen.

Beberapa dari jenis bakteri yang mempunyai manfaat serta menunjang kesehatan.  Nah, khusus untuk ini lebih dikenal dengan sebutan bakteri baik atau pun benefical bacteria.

Seperti yang dilansir dari Live Strong, bakteri baik ini yaitu Lactobacillus rhamnosus yang akan membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Demikian pula beberapa dari bakteri yang ada di dalam lambung maupun sistem pencernaan, seperti halnya Escherichia dan Lactobaccilus acidophilus yang bisa melawan radang di bagian usus.

Bakteri ini mempunyai ukuran yang cukup besar hingga dapat dilihat menggunakan mikroskop cahata. Sementara itu dari bentuk alamiah, bakteri memiliki bagian dinding sel robosom, dan juga kemampuan untuk bereproduksi secara sendiri.

Apabila seseorang sudah terinfeksi bakteri patogen, maka dokter kadang akan memberikan resep antibiotik guna melawan perkembangan bakteri yang ada di dalam tubuh manusia.

Lantas, Apa Yang Dimaksud Dengan Virus?

Nah, lalu apa itu yang dimaksud dengan virus? Perbedaannya sederhana virus dengan bakteri ini ialah bentuk atau ukurannya yang jauh lebih kecil hingga hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop electron atau pun dengan alat yang lebih canggih lagi.

Melansir dari Healtline, bahwa virus ini merupakan organisme parasite, yang mana ia pun harus membutuhkan sel inang agar bisa bertahan hidup. Virus juga harus bisa menemukan inang untuk melakukan reproduksi, termasuk juga melalui sel di dalam tubuh manusia.

Namun, virus ini tidak bisa mereplikasi dirinya sendiri tanpa menumpang pada tubuh inang. Beberapa dari virus pun justru bisa membunuh sel inang supaya bisa berkembang biak. Bila virus ini tidak menemukan inang dalam tubuh manusia, maka ia pun tidak dapat hidup dalam kurun waktu yang lama.

Bila seseorang sudah terinfeksi virus, maka dokter akan segera memberikan obat antivirus supaya bisa melawannya. Selain itu juga, kunci utama agar dapat bertahan melawan serangan infeksi virus ini ialah dengan cara memperkuat ketahanan dan imunitas tubuh.

Itulah beberapa penjelasan sederhana mengenai perbedaan antara virus dan juga bakteri. Nah, setelah Anda mengetahuinya, maka hindari penyalahgunaan penyebutan dari keduanya, ya.