google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Skotlandia Sukses Imbangi Belanda di Partai Persahabatan

Belanda vs Skotlandia
Berlangsung sengit, duel antara Belanda melawan Skotlandia selesai dengan skor akhir imbang 2-2.

cr photo: Standard UK

Duel seru terjadi ketika Timnas Belanda bersua Timnas Skotlandia dalam pertandingan persahabatan jelang Euro edisi 2020. Memainkan laga di venue netral, kedua tim memang saling bermain terbuka. Belanda yang diunggulkan menang nyatanya mendapat perlawanan sengit dari sang lawan. Jual beli serangan pun terjadi sampai kedua kesebelasan juga terlibat balas membalas gol. Sayangnya memang pertarungan sengit harus selesai tanpa adanya pemenang. Belanda dan Skotlandia harus puas meraih hasil imbang dengan skor akhir cukup mencolok, yakni 2-2.

Gol gol dari kubu Belanda di pertandingan ini semua diborong oleh pemain milik Olympique Lyon, yakni Memphis Depay. Sedangkan dua gol balasan skuad Skotlandia masing masing dicetak oleh Jack Hendry dan Kevin Nisbet. Dalam laga ini Belanda sebenarnya jauh lebih unggul dan tampil dominan ketimbang sang lawannya. De Oranje total mencatatkan penguasaan bola sebesar 60 persen berbanding 40 persen milik lawannya. Belanda juga membuat lebih banyak tembakan, yaitu 13 tembakan, sedangkan lawannya hanya membuat 7 tembakan. Namun ketidakefektifan di lini depan membuat Belanda harus puas hanya mampu bermain imbang.

Hasil imbang ini agaknya harus segera menjadi bahan evaluasi oleh Frank de Boer selaku pelatih Belanda agar bisa bermain maksimal di ajang Euro 2020 nanti. Pada gelaran Euro nanti, Belanda sendiri ada di Grup C bersama Austria, Ukraina, dan Makedonia Utara. Sedangkan bagi Skotlandia, bisa menahan imbang tim sekuat Belanda jelas menjadi hasil cukup positif. Mereka kini mesti segera mempersiapkan skuadnya untuk gelaran Euro 2020 yang hanya tinggal hitungan hari.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru mempertemukan Tim Nasional Belanda menghadapi Skotlandia dalam partai persahabatan menjelang gelaran Euro 202. Bermain melawan Tim Kuda Hitam, jelas Belanda mengincar hasil kemenangan. Diisi oleh pemain pemain minim jam terbang Internasional, Belanda masih berhasil tampil dominan. Sejak awal laga Belanda sudah berhasil tampil dominan dan menguasai laga.

Akan tetapi, keasikan menyerang, Belanda melupakan lini pertahanannya. Alhasil di menit ke-10 babak pertama, gawang Belanda malah kebobolan terlebih dulu. Sebuah aksi dari Jack Hendry memanfaatkan umpan Stuart Armstrong sukses lahirkan gol yang bawa Skotlandia sementara unggul 0-1.

Beruntung skuad De Oranje berhasil memberikan respon yang sangat baik. Selang tujuh menit saja mereka berhasil melesakkan gol penyama kedudukan. Memphis Depay sukses meneruskan umpan Owen Wijndal untuk melesakkan gol dan merubah kedudukan jadi imbang 1-1. Kedudukan imbang ini kemudian bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Memasuki jalannya laga babak kedua, permainan Belanda lebih agresif karena mereka menaikan tensi permainan. Walau demikian, disiplinnya para pemain Skotlandia membuat serangan demi serangan pasukan Frank de Boer selalu mudah dipatahkan.

Seolah tak belajar dari babak pertama, Belanda harus kembali tertinggal setelah lawannya itu berhasil melesakkan gol di menit ke-63 babak kedua. Kali ini giliran Kevin Nisbet yang berhasil memaksimalkan kelengahan bek bek Belanda. Memanfaatkan umpan Andrew Robertson, Nisbet sukses membawa Skotlandia kembali unggul 1-2.

Tak mau kalah di laga ini, Belanda lantas memborbardir pertahanan Skotlandia di sisa waktu babak kedua. Pantang menyerah, akhirnya Belanda berhasil mencetak gol penyama kedudukan yang selamatkan mereka dari kekalahan di menit ke-89. Ialah Memphis Depay yang sukses melesakkan gol untuk memaksa laga ini selesai dengan skor akhir imbang 1-1.

Susunan Pemain Belanda vs Skotlandia

Belanda (5-3-2): Tim Krul, Denzel Dumfries, Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Matthijs de Ligt, Owen Wijndal, Georginio Wijnaldum, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Wout Weghorst, Memphis Depay.

Skotlandia (5-3-2): Craig Gordon, Andrew Robertson, Kieran Tierney, Liam Cooper, Jack Hendry, James Forrest, Stuart Armstrong, Callum McGregor, David Turnbull, Lyndon Dykes, Ryan Christie.