google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Speaker Handphone Tidak Bersuara? Tenang, Mungkin Ini Penyebabnya

Setiap perangkat elektronik tidak akan luput dari masalah. Munculnya kendala atau permasalahan sewaktu kita mempergunakan handphone pun dapat terajdi disebabkan oleh kesalahan teknis dalam menempatkan pengaturan. Salah satu masalah yang cukup sering terdengar adalah speaker handphone tidak bersuara.

Untuk mengatasi permasalahan itu, penting bagi kita memastikan pengaturan terhadap beberapa opsi sudah sesuai sebelum memvonis bahwa masalah terjadi dikarenakan kerusakan komponen. Dengan begitu, kita akan terhindar dari biaya perbaikan yang seharusnya tidak perlu dibayarkan di kemudian hari.

Secara umu, terdapat beberapa alasan khusus yang menyebabkan speaker handphone tidak bersuara, baik hilang suara sama sekali ataupun datang dan pergi. Sebagai pengguna, kita bisa melakukan pengecekan pada beberapa hal berikut untuk memastikan masalah yang terjadi apabila sedang mengalaminya.

Penyebab Umum Speaker Handphone Tidak Bersuara

  • Volume handphone diatur ke paling rendah
  • Buka opsi Settings
  • Lalu pilih bagian Sounds and vibration, kemudian pilih menu Volume
  • Periksa setelan volume untuk masing-masing kategori suara

Pengaturan volume handphone merupakan poin pertama yang harus dicek agar memastikan penyebab speaker handphone tidak bersuara. Tentu saja, setelan volume paling rendah akan membuat pengguna mengalam kendala ketika sedang mendengarkan konten, melakukan panggilan telepon, hingga nada dering dari handphone itu sendiri.

Walaupun pada dasarnya mengatur tingkat volume dapat dilakukan dengan menekan tombol fisik yang umumnya terletak di samping bodi, pengguna perlu memeriksa ke dalam setelan yang lebih detail dikarenakan pada sejumlah handphone pengaturan volume tersebut dibagi-bagi ke beberapa kategori.

Pengaturan Do Not Disturb (DND) Aktif

  • Pergi ke menu Settings
  • Pilih pada bagian Sounds and vibration
  • Cari lalu pilih opsi Do Not Disturb
  • Matikan opsi tersebut apabila berada dalam kondisi aktif

Perlu kita ketahui bahwa speaker di dalam handphone dapat terpengaruh oleh aktifnya fitur Do Not Disturb. Ketika fitur DND diaktifkan atau aktif, bermacam hal yang berhubungan dengan suara pun akan dinon aktifkan, dalam hal ini termasuk media, nada dering, hingga notifikasi.

Sebagai informasi tambahan, Do Not Disturb adalah sebuah fitur khusus yang dibuat untuk menjaga pengguna handphone agar bisa tetap fokus serta tidak terganggu oleh hal-hal dari handphone seperti pesan ataupun pemberitahuan saat sedang tidur maupun bekerja. Meski begitu, pengguna mungkin saja mengaktifkannya secara tidak disengaja.

Untuk itu, pengguna pun bisa melakukan pengecekan terhadap fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah tersebut. Namun, perlu diingat bahwa beberapa handphone bisa jadi memiliki pengaturan khusus yang mungkin agak berbeda sehingga kamu perlu melakukan penyesuaian.

Setelan Volume di Aplikasi Mati atau Paling Rendah

  • Buka dan jalankan aplikasi terkait
  • Masuk ke opsi pengaturan di dalam aplikasi
  • Cari kemudian pilih bagian audio
  • Pastikan semua setelannya cukup jelas untuk didengarkan

Apabila masalah speaker handphone yang tidak bersuara ini hanya terjadi pada layanan-layanan tertentu, maka kemungkinan besar pengaturan volume pada aplikasi tersebutlah yang menjadi penyebab speaker tidak mengeluarkan suara. Untuk memastikannya, pengguna bisa memeriksanya melalui pengaturan di dalam aplikasi.

Permainan atau game marupakan salah satu contoh aplikasi yang biasanya menerapkan setelah audio secara rinci dalam hal ini. Tujuannya juga jelas, agar pengguna game mendapatkan pengalaman bermain yang lebih personal dan bisa dengan mudah meraih kemenangan.

Setelan audio pada setiap aplikasi tentu saja berbeda-beda sehingga langkah-langkah di atas merupakan sekadar contoh untuk mengatur dan menyesuaikan volume suara pada beberapa jenis game. Oleh karena itulah pengguna perlu memeriksanya sendiri sesuai dengan aplikasi yang tidak mengeluarkan suara.

Handphone Terhubung ke Perangkat Audio Eksternal

Audio atau suara di dalam handphone akan secara otomatis beralih ke headset, headphone, earphone, maupun TWS begitu kita memasangnya. Oleh sebab itu, masalah speaker yang tidak mengeluarkan suara pun dapat terjadi sewaktu pengguna lupa melepas aksesori audio tersebut atau sistem di handphone masih mendeteksinya.

Mematikan koneksi Bluetooth atau mencabut jack earphone dalam hal ini bisa menjadi langkah awal untuk memastikannya. Dalam keadaan normal, speaker handphone biasanya akan bersuara kembali apabila sudah tidak ada perangkat audio yang terhubung ke handphone tersebut.

Kerusakan Komponen Speaker

Nah, apabila beberapa langkah di atas ternyata belum menyelesaikan masalah, maka satu-satunya langkah yang dapat diambil adalah dengan membawanya ke orang yang lebih ahli. Kemungkinan besar, komponen di dalamnya mengalami kerusakan sehingga [engguna pun tentu perlu menyiapkan sejumlah dana.

Disamping speaker itu sendiri, kerusakan pada IC khusus audio juga bisa menyebabkan masalah serupa. Mengeceknya sudah pasti bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika kamu tidak memiliki peralatan khusus untuk membuka dan memperbaiki handphone.

Penjelasan di atas merupaka beberapa kemungkinan umum yang menyebabkan speaker handphone tidak bersuara. Namun demikian, bijaklah dalam mempergunakan perangkat handphone kamu agar terhindar dari masalah ataupun kendala yang dapat membuat kamu harus menyiapkan dana perbaikan handphone di kemudian hari.