google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Spesifikasi Asus ROG Strix G15

Tentu kita tahu bahwa laptop gaming sangat banyak tersedia di pasaran Indonesia. Mulai dari yang menggunakan platform Intel ataupun menggunakan platform AMD. Namun demikian, semua laptop tersebut memiliki satu kesamaan yaitu menggunakan chip grafis dari Nvidia. Berbeda dengan Asus ROG Strix G15.

Review ROG Strix G15 Advantage Edition

Sudah bukan rahasia lagi, ROG tidak pernah main-main untuk soal performa. Menghadirkan performa yang maksimal menjadi salah satu tujuan ASUS dan hal tersebut kembali dibuktikan melalui laptop garang ini.

Tak sekedar melengkapi laptop dengan CPU dan GPU mutakhir nan powerful dari AMD, Asus ROG Strix G15 Advantage Edition kembali mengusung sistem pendingin canggih bernama ROG Intelligent Cooling yang memberikan penggunanya performa kencang dan stabil sehingga mereka dapat bermain dan melakukan berbagai kegiatan secara lebih lancar. 

Perangkat gaming ini menggunakan liquid metal sebagai thermal compound, tetapi tidak hanya diaplikasikan di CPU melainkan juga di GPU. Hal tersebut menjadikan distribusi panas semakin baik dan memberikan performa yang lebih kencang secara keseluruhan.

Bagi kalangan gamers, laptop Asus ini hadir dengan layar beresolusi QHD (2560×1440) serta memiliki refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Layar tersebut mampu mereproduksi warna dengan sangat baik dan memiliki color gamut 100% DCI-P3. 

Tidak hanya itu, layar dari laptop monster ini sudah dilengkapi dengan teknologi AMD FreeSync sehingga tidak hanya menjamin tampilan visual dalam game yang detail dan immersive, tetapi juga bebas dari efek stuttering serta tearing.

Dibalut oleh desain yang sangat sporty, secara desain, laptop ini berbeda dengan saudaranya yaitu seri ROG Strix G15. Laptop seri ini hadir dengan Customizable Armor Cap serta dilengkapi dengan Armor Cap khusus berwarna merah yang akrab dengan nuansa brand AMD. 

Performa Ngebut ROG Intelligent Cooling 

Sebagai informasi, ROG Intelligent Cooling merupakan sistem pendingin terbaik untuk kombinasi CPU Ryzen 9 5900HX dan GPU Radeon RX 6800M. Sistem pendingin yang eksklusif tersebut membuat CPU dan GPU yang terpasang di dalamnya dapat berjalan lebih kencang dari spesifikasi dasarnya. 

Bahkan, ROG Intelligent Cooling memberikan thermal headroom yang lebih baik sehingga memastikan seluruh komponen di dalamnya dapat berjalan stabil dan optimal.

Salah satu rahasia yang digunakan pada sistem pendingin di laptop asus ini adalah penggunaan liquid metal sebagai thermal compound. Tidak hanya pada CPU, liquid metal ini digunakan pula untuk menghantarkan panas pada GPU. 

kelebihan dan kekurangan rog strix g15 advantage edition

Dengan begitu, distribusi panas pada dua komponen utama tersebut dapat berjalan dengan lebih baik. Hasilnya suhu operasional laptop pun menjadi lebih rendah, yaitu hingga 14 derajat Celcius lebih dingin.

Selain itu, efisiensi penghantaran panas juga ditingkatkan menggunakan lapisan vapor chamber berukuran besar yang turut serta menghantarkan panas dari komponen lainnya seperti VRM dan VRAM. 

Vapor chamber dapat lebih menjangkau bagian laptop yang sebelumnya tidak bisa terhubung ke heatpipe konvensional sehingga proses penghantaran panas dapat berjalan dengan lebih efektif.  Hal itu membuat ROG Strix G15 Advantage Edition memiliki thermal headroom hingga 25W lebih tinggi.

Laptop seri ROG ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang di-overclock. Untuk itu, pada motherboard-nya terdiri atas 6-phase power design yang dapat memasok daya untuk prosesor hingga 90 Watt, atau 10 Watt lebih tinggi dibandingkan degan seri Strix G biasa.

GPU modern bisa berjalan pada kecepatan dan juga daya yang berbeda-beda tergantung konfigurasinya. Pada laptop Asus ini, daya tinggi tersebut dikombinasikan dengan AMD SmartShift.

Teknologi tersebut memanfaatkan 10-phase power design yang membuat GPU bisa memperoleh headroom yang lebih tinggi secara langsung dan pada akhirnya akan mengasilkan peningkatan frame rate lebih lanjut.

ROG Strix G15 Advantage Edition juga masih mengadopsi berbagai fitur pendingin yang ada di seri ROG Strix terbaru, salah satunya adalah penggunaan kipas Arc Flow. 

Kipas tersebut dirancang dengan jumlah bilah yang lebih banyak dan memiliki desain khusus agar aliran udaranya lebih lancar serta tidak bising. Kipas tersebut juga dibuat menggunakan bahan liquid-crystal polymer yang sangat kokoh dan memiliki durabilitas cukup tinggi.

Agar aliran udaranya lebih lancar, laptop ini mengantongi fitur self-cleaning cooling pada sistem pendinginnya. Memiliki terowongan pada sistem pendingin yang didesain secara khusus untuk membuang debu dan partikel yang dapat menyumbat sistem pendingin. 

Di perangkat ini, fitur self-cleaning cooling telah ditingkatkan agar mampu membuang debu secara lebih efektif, membuat aliran udara meningkat hingga 15%. Tak hanya itu, sistem pendingin canggih tersebut juga dirancang untuk membuat keyboard agar tidak mudah panas saat sesi bermain game. 

Fitur CoolZon padan laptop ini menghadirkan ventilasi udara khusus pada bagian keyboard yang sering digunakan oleh gamer saat bermain game.

Ditambah adanya sensor infra merah khusus, bagian keyboardnya dipastikan akan tetap nyaman digunakan walaupun pada saat sesi bermain game dalam jangka waktu panjang.

Teknologi Visual Terbaik

ROG Strix G15 Advantage Edition memiliki layar berukuran 15,6-inci dengan resolusi QHD atau 2560×1440 pixel. Layar lapang tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang menginginkan pengalaman gaming secara lebih immersive. 

Berkat dukungan layar tersebut, visual dalam game mampu ditampilkan dengan resolusi lebih tinggi sehingga menghasilkan visual yang lebih detail. Didukong pula dengan refresh rate 165Hz dan response time 3ms sehingga aksi dan animasi dalam game dapat ditampilkan dengan lebih mulus dan lancar.

Lebih lanjut, layarnya mampu mereproduksi warna dengan sangat baik. Layar tersebut memiliki color gamut 100% pada color space DCI-P3, sehingga cocok juga digunakan untuk kegiatan content creation. 

Sistem Audio Papan Atas

ROG Strix G15 Advantage Edition adalah laptop gaming yang dilengkapi sistem audio premium dengan memanfaatkan set speaker Smart Amp yang diarahkan kepada penggunanya secara langsung.

Speaker tersebut dibekali dengan teknologi Dolby Atmos sehingga gamer dapat merasakan sensasi spatial audio yang presisi. Selain itu juga bisa dikonfigurasikan untuk penggunaan headphone dan memberikan kualitas suara terbaik melalui fitur virtual 5.1.2-channel surround sound.

Pengalaman bermain game modern tidak lepas dari komunikasi. Untuk itulah virtual 5.1.2-channel surround sound dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation sehingga memungkinkan suara bising dan mengganggu lainnya dapat dihilangkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan khusus.

Fitur ini berfungsi secara dua arah, yaitu suara yang dikirim dan diterima oleh pengguna laptop.

Performa

Dilihat dari sisi port yang disediakan, laptop gaming ini hadir dengan port HDMI, USB Type-A, dan USB Type-C yang juga bisa digunakan sebagai DisplayPort serta fasilitas pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery. 

Bagi pemain game yang lebih suka menggunakan konektivitas kabel, ASUS juga masih menyediakan port ethernet di ROG Strix G15 Advantage Edition.

Sementara itu untuk konektivitas nirkabel, laptop ini mengandalkan Bluetooth 5.1 untuk mengkoneksikan berbagai perangkat wireless. Disamping itu, modul WiFi 6 (802.11ax) juga dihadirkan sebagai fasilitas konektivitas utama dengan jaringan internet. 

Asus ROG STRIX G15 ini juga ditenagai oleh fitur ROG RangeBoost yang memungkinkan sinyal WiFi dapat ditangkap secara lebih baik, agar penggunanya akan selalu mendapatkan kualitas sinyal WiFi terbaik.

Kombinasi AMD Radeon RX6800M dan Ryzen 9 5900HX

Laptop ini mengkombinasikan dua komponen high-end AMD terbaik, ROG Strix G15 Advantage Edition dapat tampil dengan performa kencang untuk berbagai aktivitas, mulai dari gaming, streaming, entertaining, dan lainnya.

Ia juga merupakan laptop pertama yang mengadopsi GPU Radeon RX 5900HX yang merupakan GPU flagship terbaru dimana merupakan bagian dari keluarga AMD Radeon RX 6000 Mobile Series.

Sebagai laptop gaming, Radeon RX 5900HX dibangun dari arsitektur RDNA 2 terbaru yang menggabungkan efek grafis modern dengan sistem komputasi canggih untuk dapat menghasilkan kualitas visual yang lebih nyata dan immersive.

Karena itulah, bermain game menggunakan Radeon RX 5900HX akan menghasilkan animasi grafis yang mulus, serta kualitas visual immersive yang akan membawa pengalaman gaming ke tingkat selanjutnya.

Mendampingi GPU Radeon RX 6800M adalah CPU powerful AMD Ryzen 9 5900HX yang hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread sehingga diklaim sangat cocok untuk multitasking.

Berkat adanya teknologi pendingin khusus, CPU AMD Ryzen 9 5900HX dapat berjalan pada daya 90W secara stabil. Bahkan penggunanya dapat membuat CPU lebih kencang lagi menggunakan aplikasi utilitas Armoury Crate yang telah tersedia di ROG Strix G15 Advantage Edition.

Lebih lanjut lagi, laptop ini memiliki teknologi Smart Access Memory. Teknologi tersebut memungkinkan CPU untuk mengakses seluruh memori GPU sehingga memungkinkan komunikasi data yang lebih cepat. 

Berkat Smart Access Memory, pemanfaatan jalur data PCIe 3.0 bekerja secara maksimal dan meningkatkan performa gaming secara keseluruhan.

Selain itu, ada pula fitur SmartShift yang memungkinkan CPU dan GPU dapat menyesuaikan performa secara dinamis sesuai dengan beban kerjanya.

Pada saat pengguna menjalankan aplikasi yang lebih membutuhkan performa CPU (CPU-bound), maka secara otomatis GPU akan menurunkan performa dan memberikan daya ekstra yang tidak digunakan untuk dialihkan ke CPU. 

Berlaku pula sebaliknya pada skenario aplikasi GPU-bound. Dengan begitu, game atau aplikasi apapun dapat selalu berjalan dengan baik di ROG Strix G15 Advantage Edition.

Multitasking bukanlah suatu masalah bagi ROG Strix G15 Advantage Edition. Selain telah ditenagai oleh CPU serta GPU yang powerful, laptop ini juga dilengkapi dengan RAM DDR4 3200 berkapasitas 16GB (2x8GB) dan telah mendukung konfigurasi dual channel. 

Modul memori di ROG Strix G15 Advantage Edition juga masih dapat di-upgrade hingga 32GB, sehingga para gamer dapat menyesuaikan dengan skenario penggunaannya. Sementara untuk kapasitas penyimpanan, ROG Strix G15 Advantage Edition memanfaatkan M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas 1TB. 

Baterai Asus ROG Strix G15 Advantage Edition

Perihal sumber daya, baterai yang diusungnya memiliki kapasitas daya yang besar, yaitu 90Whr, memungkinkan hingga 11,4 jam penggunaan pada skenario pemutaran video.

Kapasitas baterai yang besar tersebut didukung dengan fitur fast charging, dengan kecepatan pengisian daya mencapai 50% dalam waktu 33 menit. Pengisian daya juga bisa dilakukan menggunakan adapter USB Type-C berkat fitur USB Power Delivery hingga 100W yang didukung oleh laptop gaming ini.

ROG Strix G15 Advantage Edition adalah sebuah laptop gaming modern yang tidak hanya powerful tetapi juga tetap ringkas, portabel, dan stylish. Laptop Asus ROG STRIX G15 ini memiliki bodi dengan ukuran 7% lebih ringkas dari seri pendahulunya. 

Personalisasi

RGB LED yang terletak pada bagian sisi bawah bodi serta keyboard-nya memberikan elemen kustomisasi tambahan sehingga gamer dapat menjadikan ROG Strix G15 Advantage Edition menjadi lebih unik serta personal.

Desain yang dekat dengan nuansa brand AMD, dilengkapi oleh Customizable Armor Caps, serta RGB LED yang didukung fitur Aura Sync membuat laptop ini semakin unik sekaligus mudah dipersonalisasi oleh para gamer.