google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Suka Renang? Inilah Manfaatnya Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menambah tinggi badan atau pun membentuk otot pada bagian punggung merupakan sebagian kecil dari manfaat berenang bagi kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, jenis olahraga air satu ini sebenarnya mempunyai pengaruh atau dampak positif yang jauh lebih luas.

Renang ini termasuk ke dalam jenis olahraga kardio. Yang artinya bila Anda lakukan secara rutin, maka renang ini bisa membantu organ jantung menjadi lebih sehat.

Manfaat dari olahraga renang pun bukan hanya sebatas pada fisik saja, namun ternyata renang bisa menurunkan kadar stress yang sedang Anda alami pada saat itu.

Kenali Beragam Manfaat Dari Olahraga Renang

Di artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa saja manfaat yang bakalan Anda peroleh ketika rutin melakukan olahraga renang, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Ampuh Bakar Kalori Dalam Tubuh

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mungkin bisa langsung mencoba dengan rutin berenang. Hal ini dikarenakan pada saat berenang, banyak kalori di dalam tubuh yang akan dibakar. Di tambah lagi, tubuh akan jauh lebih ringan ketika sedang berada di dalam air.

Ketika tubuh menjadi lebih ringan, maka bisa membuat pergerakan seluruh anggota badan menjadi lebih bebas dan Anda tidak mudah lelah. Padahal, pembakaran kalori yang terjadi pada saat berenang ini sama saja dengan olahraga di darat.

Namun, perlu untuk Anda ketahui ialah jumlah dari kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang ini pun tergabung dari berat badan dari setiap orangnya, frekuensi, durasi, intensitas maupun jenis dari gerakan renang yang sedang Anda terapkan.

Semisalnya, bila Anda mempunyai berat badan sekitar 83 kilogram, berenang dengan durasi selama 30 menit saja, maka mampu membakar sekitar 226 kilo kalori di dalam tubuh.

2. Mampu Perkuat Sistem Kardiovaskular

Termasuk ke dalam salah satu latihan kardio, olahraga renang memang cukup baik guna meningkatkan kesehatan dari sistem kardiovaskular dalam tubuh, mulai dari organ jantung, paru – paru dan juga pembuluh darah.

Apabila Anda lebih sering berenang, maka otot jantung dan juga organ paru – paru bisa menjadi lebih kuat. Hal tersebut dapat membuat sistem pernapasan menjadi jauh lebih sehat dari sebelumnya.

3. Tekanan Darah Bisa Turun dan Mampu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Di dalam sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa olahraga renang ini bisa menurunkan tekanan darah dan juga dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Bahkan, orang – orang yang rutin berenang pun bisa dikatakan mempunyai harapan hidup sampai 50 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang jarang sekali menggerakkan anggota tubuhnya.

4. Mampu menambah energi

Sebagian orang mungkin kerap kali merasakan lemas atau pun kekurangan energi untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Salah satu solusi yang dapat dilakukan agar bisa mengatasinya ialah dengan cara rutin berenang.

Olahraga renang ini dapat membantu orang – orang yang mempunyai gaya hidup tidak aktif untuk mendapatkan energi lebih.

Cukup dengan melakukan olahraga renang selama 30 menit saja dalam 3 kali seminggunya, maka diri sendiri bisa merasakan adanya perbedaan pada tingkatan energi di dalam tubuh karena proses metabolisme mengalami peningkatan.

5. Latihan Menggerakan Seluruh Anggota Tubuh

Pada saat berenang, Anda pun harus bisa memakai seluruh otot – otot utama tubuh. Seperti bagian otot lengan, kaki dan juga perut. Kendati pun demikian, renang ini merupakan jenis olahraga dengan intensitas rendah hingga cukup aman untuk dilakukan oleh siapa saja.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tekanan antara di darat dan air, maka secara otomatis tubuh bakalan terasa jauh lebih ringan saat berada di dalam kolam renang. Jadinya, bila Anda baru ingin mencoba olahraga berenang, mungkin bisa melakukannya sekarang juga.

6. Cocok Untuk Orang yang Mengalami Cedera

Saat berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh seseorang. Dengan inilah, tulang dan sendi pun tidak bekerja terlalu berat bila dibandingkan dengan olahraga di darat. Hal tersebut memang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk orang – orang yang memiliki riwayat cedera.

Selain itu juga, olahraga renang ini sangat baik untuk Anda yang mempunyai radang persendian. Bahkan, dengan olahraga renang ini ternyata menjadi salah satu cara untuk terapi fisik bagi mereka yang menyandang disabilitas.

7. Menurunkan Tingkat Keparahan Dari Penyakit Asma

Olahraga renang ini bisa meningkatkan kapasitas dari organ paru – paru dan juga dapat membantu Anda dalam mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat dari olahraga renang bagi tubuh manusia juga relatif ampuh bagi para penderita penyakit asma.

Meskipun demikian, bahan disinfektan yang kadang ada di dalam air kolam ini ternyata tidak terlalu baik bagi pengidap asma. Maka dari itulah, pertimbangkan untuk melakukan olahraga renang sebaik mungkin.

8. Dapat Meringankan Gejala Penyakit Multiple Sclerosis

Hasil studi telah menemukan bahwa rasa sakit yang dialami oleh pengidap multiple sclerosis ini bisa berkurang bila sedang menjalani program berenang secara rutin kurang lebih selama 20 minggu. Adapun perbaikan dari kondisi tersebut ditemukan pada penurunan tingkat depresi dan juga rasa lelah yang berhubungan erat dengan penyakit tersebut.

9. Jenis Olahraga yang Cocok Untuk Difabel

Para difabel tidak mempunyai pilihan aktivitas olahraga sebanyak orang – orang pada umumnya. Olahraga renang mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk para difabel.

Selain bisa melatih otot, berenang ini bisa dikatakan dapat meningkatkan rasa percaya diri maupun meningkatkan keterampilan sosial untuk para penyandang difabel.

10. Olahraga Mana Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, berat badan tentu akan bertambah seiring dengan usai kandungan. Hal ini pun membuat para ibu hamil kerap kali merasakan pegal dan juga nyeri tepat di bagian sendi dan otot. Ibu hamil pun merasa kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

Agar bisa mengurangi keluhan di atas, memilih olahraga renang dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk ibu hamil supaya tetap sehat dan bugar. Manfaat dari olahraga renang bagi tubuh ibu hamil dapat diperoleh karena air ini bisa membantu dalam menahan berat badan saat berenang.

11. Renang Cocok Untuk Semua Umur

Berapa pun umur Anda, tidak ada batasan usia untuk Anda memulai belajar berenang. Jadinya, tidak perlu lagi khawatir bila Anda ingin mencoba belajar berenang dengan usia yang tidak muda lagi.

12. Renang Jadi Keterampilan Yang Wajib Dimiliki

Musibah atau bencana tidak bisa ditebak oleh siapa saja. Oleh karena itulah, mungkin tidak ada salahnya jika Anda menambahkan kemampuan berenang untuk selalu waspada dan berjaga – jaga.

13. Olahraga Yang Tidak Membosankan

Renang ini merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak sekali variasi gerakannya. Karena itulah, berenang tidak akan jadi membosankan. Ini pun pastinya bisa membuat Anda jadi lebih bersemangat lagi untuk berolahraga dan mencoba berbagai macam gerakan yang berbeda – beda.

14. Jenis Olahraga Yang Relatif Terjangkau

Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga renang bagi kesehatan tubuh, Anda tidak perlu menunggu harus punya kolam renang. Banyak juga fasilitas kolam renang umum dan bisa Anda jadikan pilihan.

Untuk biaya masuk kolam renang umum pun relatif terjangkau. Jadinya, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Yang paling terpenting untuk berenang ialah memastikan kolam tersebut bersih.

15. Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Bukan hanya tentang kesehatan fisik saja, olahraga renang pun bermanfaat bagi kesehatan mental. Tubuh manusia akan melepaskan hormon endorfin saat sedang berenang. Hormon endorfin ini merupakan hormon yang berperan untuk bisa meningkatkan suasana hati hingga kerap kali disebut dengan hormon kebahagiaan.

16. Mampu Mengendalikan Stress

Olahraga renang ini bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Dengan cara tersebut, perasaan cemas dan juga stress bisa berkurang. Saat berenang, pikiran Anda akan teralihkan dari berbagai masalah yang tengah di hadapi.

17. Dapat membantu mengatasi masalah gangguan tidur

Orang yang kerap kali mengalami gangguan tidur insomnia, bisa saja merasakan manfaat olahraga renang bagi kesehatan tubuh bila rutin melakukannya. Berenang juga dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Cara Supaya Bisa Bersemangat Untuk Rutin Berenang

Manfaat olahraga renang di atas tentu saja dapat Anda capai bila rutin melakukannya. Akan tetapi sayangnya kadang motivasi untuk berolahraga bisa saja menurun seiring berjalannya waktu. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya bisa terus bersemangat untuk melakukan olahraga renang :

Lakukan berenang bersama – sama

Bilah telah berkeluarga, Anda pun dapat mengajak pasangan dan juga anak – anak untuk ikut serta berenang bersama – sama. Renang pun dapat menjadi pilihan aktivitas yang begitu menyenangkan bila dilakukan bersama dengan keluarga.

Bagi yang masih lajang, Anda pun bisa mengajak sahabat atau pun teman dekat untuk berenang bersama – sama. Anda pun bisa pula memberikan semangat supaya tetap rutin menjalani olahraga berenang.

Ikut klub berenang

Dengan cara gabung dalam klub berenang, Anda pun bisa mendapatkan banyak relasi baru, meningkatkan kemampuan dalam berenang, serta terus termotivasi supaya bisa berolaraga secara rutin dan teratur.

Jadikan olahraga renang sebagai kebiasaan

Anda mesti menyediakan waktu untuk berenang, semisalnya pun di akhir pecan atau pun setelah pulang kerja. Buat juga catatan atau pun agenda di dalam ponsel guna mengingatkan Anda untuk jadwal berenang.

Setelah Anda mengetahui berbagai macam manfaat dari olahraga berenang bagi kesehatan tubuh dan mental di atas, Anda pun bisa dengan bebas melakukan kapan pun. Luangkan juga waktu untuk melakukan olahraga supaya kesehatan selalu bugar dan terjaga.