google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Sukses Libas Atalanta, Juventus Juara Coppa Italia

Atalanta vs Juventus
Taklukan Atalanta, Juventus sukses juarai ajang Coppa Italia musim 2020-2021.

cr photo: Juniper Sports

Hasil memuaskan berhasil didapat oleh kesebelasan Juventus saat berhadapan dengan Atalanta di laga final ajang Coppa Italia. Tampil di venue netral, kedua kesebelasan terlibat pertarungan sengit nyaris di sepanjang 90 jalannya pertandingan. Sama sama bermain terbuka, laga ini pun syarat akan jual beli serangan. Sempat saling berbalasa gol, pada akhirnya kemenangan berhasil jatuh ke tangan Juventus. Dengan mental juara yang mereka miliki, Bianconeri sukses mengamankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-2 atas Atalanta.

Gol gol kemenangan pasukan Si Nyonya Tua di pertandingan ini dilesakkan oleh dua pemain muda mereka. Mereka masing masing adalah Federico Chiesa dan Dejan Kulusevski. Sedangkan satu satunya gol balasan Atalanta di pertandingan ini dicetak oleh seorang Ruslan Malinovskiy. Pertandingan ini juga diwarnai lahirnya satu kartu merah yang diberikan kepada defender Atalanta, yaitu Rafael Toloi. Dilihat dari statistik pertandingan, Juve memang lebih agresif, meski mereka kalah dalam urusan penguasaan bola. Melepas 14 tembakan, Juve bermain cukup efektif dengan sukses melesakkan dua gol penentu kemenangan.

Bagi Juventus, kemenangan ini memastikan mereka menjadi juara Coppa Italia musim 2020-2021. Ini menjadi gelar kedua yang diraih Juve musim ini setelah sebelumnya sukses memenangkan gelar Piala Super Italia mengalahkan AC Milan. Ini juga menjadi gelar Coppa Italia ke-14 yang diraih oleh Juve, setelah terakhir kali mereka memenangkannya di tahun 2018 lalu. Bagi Atalanta sendiri, kekalahan ini menghilangkan kesempatan mereka meraih gelar Coppa Italia. Cukup ironis karena dalam tiga musim terakhir, Atalanta berhasil masuk dua kali ke babak final kompetisi ini.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan raksasa Italia, Juventus melawan Tim Kuda Hitam, Atalanta dalam babak final ajang Coppa Italia musim kompetisi 2020-2021. Sama sama membutuhkan kemenangan, kedua kesebelasan memainkan permainan yang agresif dan cukup terbuka. Itulah sebabnya sejak babak pertama dimulai, pertandingan ini langsung diwarnai jual beli serangan antar kedua kesebelasan.

Bermain lebih efektif, Juventus pada akhirnya berhasil melesakkan gol terlebih dulu di pertandingan ini saat laga babak pertama memasuki menit ke-31. Diawali umpan matang yang dilepas Weston McKennie, bola jatuh di kaki Dejan Kulusevski. Pemain muda asal Swedia tersebut berhasil melesakkan gol yang membawa Juventus untuk sementara memimpin dengan skor 0-1.

Namun bukan Atalanta namanya apabila langsung menyerah. Anak asuhan Gian Piero Gasperini berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-41. Gol dicetak oleh Ruslan Malinovskiy usai memaksimalkan umpan terukur kreasi Hans Hatebor. Lesakkan gelandang asal Ukraina tersebut membuat skor menjadi imbang 1-1. Kedudukan tersebut kemudian bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Atalanta yang berusaha tampil agresif lantas mengambil inisiatif serangan dari awal babak kedua. Kondisi ini membuat La Dea unggul dalam hal penguasaan bola. Akan tetapi menghadapi permainan reaktif Juve, Atalanta juga cukup mendapatkan kesulitan berarti.

Lengah di pertengahan babak kedua, gawang Atalanta pun harus kebobolan saat babak kedua memasuki menit ke-73. Usai melesakkan gol pembuka, kini Dejan Kulusevski sukses menciptakan assist yang memudahkan Federico Chiesa mencetak gol. Aksi winger berkebangsaan Italia itu berhasil membawa Juve kembali unggul 1-2.

Alih alih menyamakan kembali kedudukan, Atalanta justru harus alami nasib sial di menit ke-88 babak kedua. Salah satu pemainnya, yakni Rafael Toloi mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras. Bermain dengan 10 pemain di sisa waktu pertandingan membuat Atalanta tak mampu mengejar ketertinggalan. Pada akhirnya laga ini dimenangkan Juventus dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain Atalanta vs Juventus

Atalanta (3-4-2-1): Pierluigi Gollini, Rafael Toloi, Christian Romero, Jose Luis Palomino, Hans Hateboer, Marten de Roon, Remo Freuler, Robin Gosens, Ruslan Malinovskiy, Matteo Pessina, Duvan Zapata.

Juventus (4-4-2): Gianluigi Buffon, Danilo, Giorgio Chiellini, Matthijs de Ligt, Juan Cuadrado, Federico Chiesa, Adrien Rabiot, Rodrigo Bentancur, Weston McKennie, Dejan Kulusevski, Cristiano Ronaldo.