google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Syarat Wajib Bepergian Hingga Masuk Mal, Begini Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19

Sertifikat Vaksin Covid-19

Sertifikat vaksin Covid-19 disebut menjadi salah satu persyaratan wajib sebelum bepergian, termasuk juga untuk masuk ke dalam mal. Anda pun dapat langsung mengunduhnya melalui situs atau pun aplikasi Peduli Lindungi.

Setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19, seluruh pesertanya akan memeroleh sertifikat vaksin. Kadang sertifikat ini diberikan secara tertulis dari pihak penyelenggara vaksinasi atau pun dapat pula Anda unduh secara online melalui situs web maupun aplikasi Peduli Lindungi.

Persyaratan wajib harus menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 sekarang ini telah diterapkan bagi pengguna transportasi udara. Nantinya, diperkirakan sertifkat ini pun harus ditunjukan di lokaso kegiatan area publik, termasuk juga untuk masuk mal.

Ingin Masuk Mal, Pengunjung Wajib Menunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19

Cakupan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta sudah begitu luas, membuat beberapa dari mal yang berada di sana pun telah menerapkan peraturan bagi para pengunjung yang datang harus segera menunjukkan sertifkat vaksin.

Berdasarkan pada data yang ada di laman Jakarta Tanggap Covid miliki pemerintah Daerah DKI Jakarta, terhitung dari tanggal 4 Agustus 2021, sudah 89,8 persen warga DKI Jakarta yang telah menerima vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama serta sebanyak 33,9 persen telah memeroleh dosis kedua vaksin virus corona.

Meskipun demikian, peraturan tersebut masih belm diterapkan secara menyeluruh dan masih dalam tahapan uji coba. Hal tersebut karena sekarang ini masih dalam masa Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat atau dikenal dengan PPKM di DKI Jakarta serta beberapa wilayah di sekitarnya. Yang artinya adalah mal masih belum dibuka sepenuhnya.

Untuk gerai mal yang boleh dibuka hanyalah yang termasuk dalam layanan esensial, seperti halnya swalayan dan juga apotek. Sementara itu, restoran pun hanya diperbolehkan untuk melayani pesanan dibawa pulang atau pun dibungkus.

Ke depannya nanti ketika status dari PPKM ini sudah lebih longgar dari sebelumnya, memungkinkan untuk munculnya peraturan dengan menunjukkan sertifikas vaksin Covid-19 segera diterapkan pada beberapa tempat yang menjadi pusat keramaian.

Begini Cara Mengunduh Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Anda dapat langsung mengakses sertifkat vaksinasi Covid-19 ini melalui situs atau pun dari aplikasi Peduli Lindungi. Di dalamnya, pengguna dapat langsung mengunduh sertifikat untuk disimpan secara digital atau pun dapat pula dicetak.

Berikut ini adalah cara untuk mendownload sertifikat vaksinasi Covid-19 dari dalam situs websit Peduli Lindungi :

  • Segera akses situs tersebut melalui ponsel atau pun computer
  • Tekan tombol Login/Registrasi yang tertera pada pojok kanan atas layar monitor
  • Masukkan pula alamat email atau pun nomor telepon yang telah Anda daftarkan sebelumnya
  • Bila Anda belum pernah mendaftar dari akun Peduli Lindungi, pengguna perlu membuatnya terlebih dahulu dengan cara tekan tombol Daftar dan juga ikuti seluruh langkah yang ada di dalamnya
  • Lalu login dalam aplikasi, Anda akan segera memeroleh kode verifikasi yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam akun aplikasi Peduli Lindungi
  • Sesudah berhasil masuk ke dalam akun aplikasi Peduli Lindugi, tekan saja tombol pada sebelah kanan atas yang sudha tertuliskan nama pengguna dan pilih Sertifikat Vaksin Covid-19
  • Setelah Anda tekan lalu akan keluar nama lengkap dari penggunanya, klik saja nama tersebut
  • Bila telah mengikuti program vaksinasi Covid-19 lengkap, maka akan langsung sertifikat vaksinasi Covid-19 yang pertama maupun kedua
  • Tekan saja gambar sertifikat, kemudian tekan tombol yang sudah tertera Unduh Sertifikat yang sudah tertera pada bagian bawah gambar tersebut

Sementara itu pun, bagi Anda yang membuka menggunakan aplikasi, bisa pula mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 dari dalam aplikasi Peduli Lindungi :

  • Masuk saja ke dalam akun pengguna dari aplikasi Peduli Lindungi
  • Tekan pada bagian pojok kanan atas yang sudah tertuliskan Akun
  • Klik untuk bagian yang tertulis Sertifikat Vaksin Covid-19
  • Maka akan muncul nama lengkap pengguna, klik saja nama tersebut
  • Gambar dari sertifikat vaksin pertama maupun kedua untuk dosis lengkap segera muncul
  • Tekan saja gambar sertifikat vaksin Covid-19 lalu klik juga tulisan Unduh Sertifikat pada bagian bawah kanan layar monitor
  • Sesudah sertifikat vaksin Covid-19 ini selesai diunduh, Anda pun dapat langsung menyimpan sertifikat secara digital maupun cetak langsung dengan mesin printer

Perlu diketahui oleh para pengguna bahwa sertifikat vaksin Covid-19 ini merupakan sebuah data pribadi yang sudah berisikoan nomor induk kependudukan atau NIK, tanggal lahir pengguna, nama lengkap, sampai dengan bar code yang menjamin keaslian dari sertifikat vaskinasi Covid-19 yang sudah diunduh.

Maka dengan cara inilah, Anda pun disarankan untuk tidak langusung menyebarkan secara luas dari sertifikat vaksinasi Covid-19 milik pribadi, seperti halnya mengunggah ke dalam akun media sosial. Hal tersebut agar dapat mencegah data pribadi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.