Tekuk Ukraina, Wales Lolos Ke Piala Dunia 2022

Wales vs Ukraina
Setelah 64 tahun, Wales akhirnya kembali lolos ke Piala Dunia usai bekuk Ukraina di final play-off.

cr photo: Eurosport.

Hasil sangat penting berhasil didapat Timnas Wales ketika bersua Timnas Ukraina di final play-off Piala Dunia 2022. Bermain di Cardiff Stadium, Wales yang bertindak sebagai tuan rumah sangat termotivasi untuk bisa meraih kemenangan dan melenggang ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Akan tetapi perjalanan Wales tak mudah karena lawan mereka memberi perlawanan yang ketat. Dengan kerja keras sampai akhir, Wales akhirnya mampu meraih kemenangan dengan skor akhir 1-0.

Satu satunya gol yang terlahir dan sekaligus menjadi penentu kemenangan Wales pada pertandingan kali ini dilesakkan melalui own goal Andriy Yarmolenko. Satu gol ini cukup bagi Wales untuk bisa mengunci kemenangan yang sangat krusial. Padahal secara statistik terlihat bahwa Ukraina sepanjang laga sangat dominan dengan unggul dalam hal penguasaan bola maupun penciptaan peluang. Sayangnya memang itu semua belum cukup untuk bisa menaklukan pasukan The Dragons, Wales.

Dengan kemenangan ini, Wales sukses memastikan satu tempat tersisa untuk wakil Eropa di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Ini merupakan Piala Dunia kedua yang berhasil diikuti oleh Wales, setelah sebelumnya terjadi sudah lama sekali, yakni pada tahun 1958 silam. Kini lewat perjalanan yang panjang, Wales akhirnya berhasil mengulang sejarah manis tersebut. Sedangkan bagi Ukraina, sangat disayangkan meski bermain atraktif, mereka masih gagal untuk bisa bertisipasi di Piala Dunia 2022 ini.

Rangkuman Pertandingan

Laga krusial tersaji ketika Timnas Wales menjamu Timnas Ukraina dalam pertandingan final play-off kualifikasi Piala Dunia 2022. Wales yang bertindak sebagai tuan rumah nampak sangat berhasrat untuk meraih kemenangan dengan tampil agresif sejak laga dimulai. Akan tetapi hal sama juga ditunjukkan Ukraina yang enggan melepaskan laga ini begitu saja, meski negara mereka tengah alami konflik.

Sama sama bermain terbuka sejak awal, pada akhirnya kebuntuan pecah di menit ke-34 oleh kubu Wales. Andriy Yarmolenko, salah satu pemain Ukraina yang berusah membantu pertahanan sangat disayangkan gagal mengantisipasi bola sehingga bola masuk ke gawangnya sendiri. Own goal pemain West Ham ini membuat Wales pun sementara memimpin dengan skor 1-0.

Setelah gol ini, Ukraina tersentak dan lantas mengambil alih jalannya permainan. Mereka mengurung lini belakang Wales dengan tujuan melesakkan gol balasan secepat mungkin. Sayang sekali sampai babak pertama selesai tak ada gol lagi, sehingga skor 1-0 untuk Wales bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas rehat turun minum, tuan rumah Wales berada dalam tekanan yang hebat dari lawannya. Ukraina langsung menggempur sang tuan rumah sejak awal babak kedua. Beberapa kans didapat termasuk lewat aksi Yarmolenko, sayang sekali usahanya masih bisa diredam oleh para barisan pertahanan Wales.

Beberpa peluang kembali hadir, salah satu yang terbaik didapat Roman Yaremchuk, sayang aksi punggawa Benfica itu masih belum cukup. Artem Dovbyk yang masuk di babak kedua juga sempat mendapatkan beberapa peluang melesakkan gol, namun usaha ia juga sama sekali tak berbuah manis. Tak ada satupun gol yang tercipta di babak kedua ini, Wales pun sukses mengamankan kemenangan 1-0 untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Susunan Pemain Wales vs Ukraina

Wales (3-4-3): Wayne Hennessey, Ethan Ampadu, Joe Rodon, Ben Davies, Connor Roberts, Joe Allen, Aaron Ramsey, Neco Williams, Gareth Bale, Kieffer Moore, Daniel James.

Ukraina (4-1-4-1): Georgiy Bushchan, Vitaliy Mykolenko, Mykola Matvienko, Illia Zabarnyi, Oleksandr Karavaev, Taras Stepanenko, Viktor Tsigankov, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk.