google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tempat Syuting Drakor, Cocok Untuk Liburan Seru di Korea Selatan

Seoul, menjadi salah satu kota tempat syuting drakor (foto: pexels/@ethan-brooke-1123775)

Kalau ingin liburan ke Korea Selatan, berkunjung ke tempat syuting drakor bisa jadi pilihan, nih!

Buat para penggemar drakor, tentu tak ada habisnya daftar film pemain favorit yang masuk dalam daftar untuk ditonton. Ternyata, ada banyak tempat yang menjadi tempat tujuan wisata populer yang menjadi latar belakang di di banyak drama dan film Korea.

Kalau punya rencana ingin liburan ke Korea Selatan nanti setelah pandemi, boleh lho masukkan tempat-tempat yang menjadi syuting drakor dalam itinerary kamu.

Berikut beberapa tempat yang jadi populer dan jadi tujuan wisata para penggemar drakor. Simak terus yah!

Nami Island

Pemandangan indah Nami Island (foto: korea.net)

K-Drama: Winter Sonata (2002)

Meskipun tayang tahun 2002 lalu, mungkin Winter Sonata merupakan drakor yang pertama kali populer ke seluruh wilayah Asia. Tempat yang menjadi lokasi syuting film ini kebanyakan mengambil tempat di Nami Island yang menawarkan pemandangan sangat indah.

Umumnya, para wisatawan datang berkunjung untuk melihat patung dua sejoli pemeran utama Winter Sonata, yakni Bae Yong Joon (sebagai Kang Joon Sang/Lee Min Hyung) dan Choi Ji Woo (sebagai Jung Yu-jin).

Selain itu, ada spot yang jadi favorit pengunjung, yaitu sepeda kuning yang digunakan Bae Yong Joon memboncengkan Choi Jin Woo dan kandang kalkun yang jadi tempat adegan ciuman pertama pasangan legendaris ini.

Buat kamu yang bukan penggemar drakor, tempat ini tetap wajid dikunjungi. Nami Island menawarkan pemandangan cantik berbeda di setiap musim. Bunga sakura saat musim semi dan hamparan salju saat musim dingin tentunya tak boleh dilewatkan, yah?

Yongsan-gu, Seoul

Kawasan wisata Itaewon, Seoul (foto: tourkorea.net)

Drakor: Itaewon Class (2020)

Setelah tayang di Netflix International, Itaewon Class sukses mencuri hati penggemar drakor tahun 2020 lalu. Bahkan, tempat yang menjadi lokasi syutingnya pun menjadi terkenal.

Untuk sampai ke tempat ini, kamu bisa naik subway line 6. Kalau sudah sampai di Itaewon, tentu harus mampir ke Oriole, rooftop café yang menyuguhkan panorama indah area Itaweon dan Haebangchon. Kamu bisa bersantai di sore dan malam hari sambil mencoba beragam menu yang ditawarkan.

Salah satu lokasi lainnya yang wajib dikunjungi adalah rooftop bar dengan pemandangan ke Namsan Tower yang indah di malam hari, The Finest. Café ini menjadi tempat syuting untuk adegan saat  Saeroyi dan Yiseo tidak sengaja ketemu dan minum bareng.

N Seoul Tower

N Seoul Tower di Namsan Mountain (foto: 123rf.com)

K-Drama: Boys Over Flowers (2009) dan dan Princess Hours (2006)

Buat penggemar drakor, mungkin Boys Over Flower dan Princes Hours jadi film yang wajib ditonton. Nah, tempat syuting drakor keduanya salah satunya mengambil tempat di Namsan Tower (N-Tower) atau dikenal juga dengan Seoul Tower.

Baca juga: Liburan ke Seoul Sekaligus Berburu Bunga Sakura, Di Sini Tempatnya!

Terletak di Namsan Mountain di tengah lokasi kota Seoul, tempat ini juga jadi destinasi favorit dan wajib didatangi wisatawan yang berlibur ke Korea Selatan. Spot yang sangat favorit di sini adalah Love Locks atau Gembok Cinta.

Love Locks sangat populer bagi para pasangan yang ingin menaruh gembok di tempat ini. Dipercaya, sepasang kekasih yang menggembok’ nama mereka di pagar besi di bawah Namsan Tower, hubungan cintanya tak terpisahkan dan akan langgeng abadi.

Selain itu, ada juga cable car yang jadi tempat syuting Boys Over Flowers yang diperankan oleh Lee Min Ho. Kamu bisa coba naik cable car dan coba bayangkan saat Gu Jun-pyo terjebak dalam cable car semalaman dengan Geum Jan-di saat menuju N-Tower.

Sementara itu, ada juga Teddy Bear Museum yang jadi lokasi syuting Princess Hours. Ada adegan saat Chae-gyeong jalan-jalan bersama nenek sang calon raja Lee Shin di tempat ini. Lokasi Seoul Tower juga terbilang mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Hantangang Sky Bridge

Hantangang Sky Bridge (foto: koreaboo.com)

K-Drama: What’s Wrong with Secretary Kim? (2018)

Buat para penggemar drakor What’s Wrong with Secretary Kim? mungkin ingat adegan saat Lee Yoong-joon (yang diperankan oleh Park Seo-joon) dan Kim Mi-so (yang diperankan oleh Park Min-young) sedang berjalan di Hantangang Sky Bridge sambil bertukar cerita mengenai masa kecil mereka.

Hantangang Sky Bridge merupakan jembatan terkenal sepanjang 200 meter dan berada di ketinggian 50 meter. Menyusuri jembatan beralas kaca bisa memacu adrenalin juga, nih! Nah, kalau ingin feed IG yang keren, datanglah saat matahari terbenam.

Kamu bisa menyaksikan pemandangan spektakuler Hantangang River dari atas tebing. Dari Seoul, kamu bisa naik bus ke Pocheon Intercity Bus Terminal dilanjutkan dengan naik taksi sekitar 36 menit. Gimana, berani coba datang ke jembatan ini?

Jumunjin Beach

Jumunjin Beach jadi tempat syuting drakor Goblin (foto: maxpixel.net)

K-Drama: Goblin (2016)

Tempat syuting drakor yang bisa masuk dalam agenda kamu adalah Jumunjin Beach. Pantai ini menjadi terkenal setelah muncul di drama Goblin yang rilis tahun 2016 lalu. Pantai dengan deburan ombaknya ini akan mengingatkan kamu saat Ji Eun-tak (yang diperankan oleh Kim Go-eun) tak sengaja “memanggil” Kim Shin (yang diperankan oleh Gong Yoo).

Jumunjin Beach sendiri terletak di Gangwon, luar kota Seoul. Perlu waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Seoul, namun kamu bisa lokasi ini untuk one-day trip. Tersedia bus antar kota dari Dong Seoul Bus Teminal dengan tujuan Gangneung Intercity Bus Terminal.

Dari Gangneung Intercity Bus Terminal, tersedia bus nomor 302 atau 315 untuk menuju Pantai Jumunjin. Oh ya, jangan lupa bawa syal merah favoritmu! Siapa tahu nih, kamu bisa bertemu dengan sang Goblin sendiri saat berkunjung.

Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village yang asri dan rapi (foto: trip.com)

K-Drama: Personal Taste (2010)

Bukchon Hanok Village menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan yang berlibur ke Seoul. Tempat ini sebenarnya adalah komplek perumahan tradisional Korea yang disebut ‘Hanok’ dan menjadi area residensial warga Seoul.

Namun, karena keunikannya, tempat ini menjadi destinasi wisata populer, tidak saja bagi para penggemar K-Drama, tapi juga traveler umum lainnya. Bagi para penggemar drakor, tentunya familiar dengan rumah Gae In (diperankan oleh Lee Min Ho) yang berseni dalam drama Personal Taste.

Berada di antara stana Gyeongbokgung, istana Changdeokgung, dan kuil Jongmy, kamu bisa menyusuri deretan rumah tradisional yang terawat di sepanjang jalan. Tentunya, abadikan momen tak bole ketinggalan!

Tempat ini bisa dicapai dengan subway dan turun di Anguk Station. Setelahnya, keluar Exit 2 dan lanjutkan jalan kaki sekitar 5-10 menit. Oh ya, selama berkunjung, harap tetap tenang yah agar tidak mengganggu penduduk setempat!

Chungju-si  – Tangeum Lake Rainbow Bridge

Tangeum Lake Rainbow Bridge yang jadi lokasi syuting drakor Crash Landing on You (foto: spacetraveler)

K-drama: Crash Landing On You (2019)

Tempat syuting drakor yang satu ini tentunya tak boleh dilewatkan, nih! Tangeum Lake Rainbow Bridge menjadi lokasi syuting film Crash Landing On You yang tayang 2019 lalu. Berkunjung ke sini, kamu bisa ikut merasakan suasana saat Seo Dan akhirnya menyatakan cintanya ke Gu Seong Ju.

Jembatan ini juga jadi tempat Seo Dan mencium Gu Seong Ju di Rainbow Bridge di Chungji saat malam hari. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan jembatan dengan warna-warni lampunya mulai pukul 19.30 hingga 22.00.

Selain itu, pengunjung bisa piknik di siang hari atau kemping bersama teman-teman atau keluarga di sekitar danau bisa jadi pilihan. Naiklah bus dari Dong Seoul Terminal ke Chungju Bus Terminal, dilanjutkan dengan naik bus No. 400 ek Central Tower Office untuk mencapai tempat ini. Setelahnya, jalan kaki sekitar 10 menit ke Tangeum Lake.

Berkunjung ke tempat syuting drakor untuk liburan seru di Korea Selatan

Tentunya, masih banyak tempat syuting drakor lainnya yang bisa masuk dalam itinerary traveler. Nah, beberapa daftar di atas bisa jadi pilihan untuk dikunjungi. Jadi, lokasi syuting drakor mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali? (ds3)