google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tempat Wisata Menarik dan Bersejarah di Kota Yerusalem

spot wisata menarik di kota Yerusalem

Kota Yerusalem selalu menjadi destinasi wisata religi yang sangat menarik bagi umat beragama di dunia. Bukan hanya sekadar berziarah saja, ilmu dan sejarah penuh makna selalu tercurah saat mengunjungi kota ini. 

Yerusalem adalah sebuah kota di Timur Tengah yang merupakan kota suci bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam. Kota ini diklaim sebagai ibukota Israel, meskipun tidak diakui secara internasional, maupun bagian dari Palestina dan saat ini statusnya masih menjadi perdabatan bagi bangsa – bangsa.

Simbol Toleransi Tiga Agama ini Bisa Kalian Kunjungi di Kota Yerusalem

  1. Tembok Ratapan
Yerusalem batasi akses ke Tembok Ratapan setelah batu besar jatuh - ANTARA  News

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke kota Yerusalem tanpa mengunjungi Tembok Ratapan yang sangat melegenda. Adapun, tembok raksasa ini merupakan tempat orang Yahudi memanjatkan doa dan memohon berbagai keinginan dan kemakmuran hidup, sekalipun menangis dan berintrospeksi.

Jika kalian berkunjung ke Yerusalem, salah satu destinasi terpopuler di sini adalah tembok ratapan. Tembok Ratapan atau Tembok Barat di Yerusalem, diyakini oleh banyak orang sebagai sisa – sisa dari salah satu dinding sebuah kuil Yahudi besar atau dinding yang mengelilingi halaman kuil.

2. Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa, Titik Pertikaian Panjang Palestina-Israel Halaman all -  Kompas.com

Bagi umat Islam, Masjid Al-Aqsa di kota Yerusalem  merupakan salah satu tempat suci ketiga selain Ka’Bah, dan Masjid Nabawi. Masjid Al-Aqsa memiliki empat bangunan masjid yang bisa digunakan untuk beribadah bagi umat Islam. 

3. Bukit Bait Suci

Rencana Pembangunan Kembali Bait Allah Ketiga di Yerusalem. Kiamat?

Tempat ini merupakan salah satu tempat paling suci bagi umat Yahudi maupun Islam di kota Yerusalem, yakni Bukit Bait Suci atau Bait Allah. Pasalnya, umat Yahudi percaya bahwa bagian dari kota tua ini adalah tempat peristirahatan kehadiran ilahi di bumi dan sumber debu yang digunakan untuk menciptakan Adam.

4. Kota Tua Yerusalem

Inilah 10 Fakta Yerusalem, Kota Tua yang Diperebutkan Sejak Ribuan Tahun -  Tribunnews.com Mobile

Kota Tua Yerusalem merupakan salah satu ikon sejarah terkemuka di abad pertengahan yang pastinya menjadi salah satu destinasi wisata religi di negara ini. Kalian pun bisa melihat berbagai bangunan bersejarah, museum, maupun pemandangan menarik yang masih dijaga keasliannya sejak lama.

Rugi kalau kalian berkunjung ke Yerusalem tanpa berkeliling ke kota tuanya. Selama berkeliling, kalian bisa menemukan bangunan – bangunan bersejarah, museum, dan berbagai pemandangan yang menarik.

5. Gereja Makam Kudus

Gereja Makam Kudus - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Makam Kudus di Kota tua Yerusalem merupakan salah satu destinasi religi bagi umat Kristen karena memiliki sejarah yang sangat kuat. Sebab, Gereja ini dipercaya menjadi tempat peziarahan Kristen sejak abad ke-4, sebagai tempat wafat dan kebangkitan Yesus.

Gereja Makam Kudus adalah gereja yang terletak di Kota Tua Yerusalem dan menjadi situs ziarah yang paling kudus di kota Yerusalem. Situs tradisional Golgota, di dalam gereja “Gereja Makam Kudus”. 

6. Bukit Zaitun

Bukit Zaitun | Tempat Kenaikan Yesus ke Surga- HH tour and Travel

Di kota Yerusalem terdapat sebuah pegunungan yang unik, yakni dinamakan dengan Bukit Zaitun karena ada kebun zaitun di lerengnya. Pegunungan ini terletak di timur Yerusalem dengan tiga puncak yang terbentang dari utara hingga ke bagian selatan.

Pegunungan satu ini dinamakan Bukit Zaitun karena adanya kebun zaitun di lerengnya. Pegunungan yang terletak di bagian timur Kota Yerusalem ini memiliki 3 puncak yang terbentang dari utara hingga ke bagian selatan.

7. Museum Menara Daud atau Tower of David Museum

Museum Menara Daud,yang Memikat Wisatawan Dunia - Travel Pelopor Paket Tour  Wisata Halal Dunia

Kalian suka sejarah? Pas banget nih kalau kalian mengunjungi museum yang satu ini. Menara Daud atau biasanya dikenal dengan Tower of David Museum ini akan memberikan banyak informasi mengenai sejarah  Kota Yerusalem.

8. Terowongan Barat atau The Western Wall Tunnels

WISATA SEJARAH DI TEROWONGAN SASAKSAAT

Begitu memasuki kawasan ini, kamu akan terpukau dengan kuatnya pondasi terowongan satu ini. Di ujung terowongan, kamu akan menyaksikan bagaimana proses pembangunan terowongan ini dengan menggunakan sentuhan animasi yang sangat menarik.

9. Gereja Segala Bangsa

Gereja Segala Bangsa di Yerusalem | Nazaret Tour

Gereja yang berada di kaki Bukit Zaitun ini dibangun oleh arsitek Italia, Antonio Barluzzi, pada tahun 1919-1924. Gereja ini dibangun di atas gereja pertama yang bergaya Byzantium yang dibangun pada abad ke-4 Masehi dan kemudian dihancurkan oleh bangsa Persia pada tahun 614, dan kemudian dibangun kembali oleh serdadu Perang Salib. Tetapi kemudian, gereja itu dihancurkan kembali.

10. Via Dolorosa

Via Dolorosa – Membumikan Ide

Via Dolorosa diambil dari bahasa Latin yang berarti “Jalan Kesengsaraan” atau “Jalan Penderitaan” adalah sebuah jalan di Kota Tua Yerusalem. Jalan ini adalah jalan yang dilalui Yesus sambil memanggul salib menuju Kalvari. Jalan ini ditandai dengan 14 stasi. Lima stasi salib terakhir berada di dalam Gereja Makam Kudus atau Holy Sepulchre.

Bagi umat Kristen pastinya kalian tahu tentang Via Dolorosa, atau yang disebut sebagai “Jalan Penderitaan”. Via Dolorosa merupakan jalan yang menjadi saksi bisu di mana Yesus menjalani hukuman dari Pontius Pilatus untuk disalibkan di Golgota.