google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tempat Wisata Sukabumi, Alternatif Destinasi Wisata Dekat Jakarta

Pemandangan asri daerah pegunungan Sukabumi (foto: liburdulu.com)

Ingin mencari alternatif destinasi wisata sekitar Jakarta selain Bogor dan Bandung? Tempat wisata Sukabumi bisa jadi pilihan, nih!

Sukabumi merupakan salah satu kota dengan wilayah terkecil di Jawa Barat. Meskipun begitu, wilayah Sukabumi membentang mulai dari pesisir hingga pegunungan. Sukabumi berada di dua kaki gunung, yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Tak heran, kota ini punya potensi dan keindahan tempat wisata yang menawarkan pesona alam menakjubkan.

Baca juga: Liburan Ke Semarang, Ke Tempat Wisata Alam, Yuks!

Ada banyak tempat wisata menarik di Sukabumi, mulai dari Pantai Cimaja, curug, hingga wisata alam khas pegunungan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Nah, Ini dia 8 rekomendasi tempat wisata Sukabumi yang kamu bisa jelajahi bersama teman atau keluarga.

1. Suspension Bridge Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung, Jembatan terpanjang di Indonesia

Tempat wisata Sukabumi yang kamu bisa kunjungi diantaranya Suspension Bridge Situ Gunung (Jembatan Gantung Situ Gunung), yang berada di Kawasan Situ Gunung. Jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer.

Jembatan sepanjang 250 meter ini berada di ketinggian 150 meter. Dikelilingi oleh nuansa hijau hutan, kamu bisa menikmati panorama alam yang indah dan merasakan sensasi saat menyeberang.

Kamu juga bisa nih mencoba aktivitas lain, seperti berkemah, mencoba flying fox, atau mengelilingi danau menggunakan perahu bebek. Untuk biayanya sendiri kamu perlu merogoh kocek Rp. 20 ribu untuk masuk Kawasan Situ Gunung ditambah Rp. 50 ribu untuk melintas jembatan.

2. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)

Ini dia salah satu tempat wisata alam di Sukabumi yang bisa kamu jelajahi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Taman nasional seluas 113 hektar ini merupakan hutan lindung dengan beragam tempat yang indah dan alami.

Di sini, kamu bisa eksplor beberapa objek wisata yang ada di kawasan TNGHS. Diantaranya adalah Kawah Ratu, Curug Nangka, dan wisata budaya Candi Bedug. Atau mau camping seru bersama teman atau keluarga?

Baca juga: Wisata Sekitar Jakarta: Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Bisa koq! Tersedia camping ground dengan fasilitas kamar mandi. Juga, ada area untuk outbond, lho! Masih di kawasan TNGHS, ada juga air terjun dengan airnya yang sangat jernih. Cocok nih untuk bermain air! Tarif masuknya juga sangat murah, hanya perlu membayar Rp. 5 ribu per orang.

3. Geopark Ciletuh

Bentang alam perbukitan dan pantai di Geopark Ciletuh (foto: Google Map/hartono hartono)

Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada 2018 lalu. Luas kawasan ini adalah 128 hektar yang mencakup 74 desa dan 8 kecamatan. Wah, luas sekali, yah! Meskipun sangat luas, namun kawasan ini sangat terjaga dan terawat.

Ada beragam objek wisata di kawasan ini, mulai dari Vihara Dewi Kwan Im, Pantai Ombak Tujuh, Pulau Burung, Curug Aang, Pantai Cikepuh, dan masih banyak lagi. Setidaknya dibutuhkan waktu 3-4 hari untuk bisa eksplor seluruh area Geopark Ciletuh.

Kawasan geopark ini termasuk unik karena lanskapnya yang seperti tapak kuda. Untuk mencapai tempat ini dari Jakarta dan Bogor, kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus, elf, kereta, dan ojek. Dibutuhkan sekitar empat hingga enam jam perjalanan, tergantung kondisi jalan dan kendaraan.

4. Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung (foto: cnnindonesia.com/pramita hendra

Nah, kalau kamu eksplor Jembatan Gantung Situ Gunung, jangan lupa mampir juga ke Danau Situ Gunung. Rasakan udara segar dan pemandangan indah danau jernih yang dikelilingi pohon pinus. Dengan suasana yang masih sangat alami, danau ini cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan dan rutinitas sehari-hari.

Meskipun tergolong sepi, tersedia fasilitas umum yang memadai di sekitar danau. Mulai dari tempat makan, musala, hingga pusat informasi. Kalau ingin merasakan sensasi menginap di alam bebas, kamu bisa menginap di villa yang berada sekitar danau atau mendirikan tenda di camping ground.

Harga sewa villa juga relatif terjangkau dan bervariasi. Kalau ingin berkemah, kamu bisa membawa peralatan kemah sendiri atau menyewa tenda dan peralatan di tempat penyewaan yang ada. Ada beragam aktivitas yang ditawarkan pengelola, diantaranya naik sampan, bersepeda, flying fox, dan high rope. Jangan lewatkan juga nih mencoba river tubing!

5. Kampung Ciptagelar

Kampung kasepuhan Ciptagelar (foto: shutterstock)

Tempat wisata Sukabumi yang ini tak boleh kamu lewatkan, nih! Kampung Ciptagelar berada di ketinggian 1.050 mdpl di perbukitan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.  Selain menawarkan wisata budaya, kampung adat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk yang sangat menyegarkan.

Di sini, kamu bisa mendapatkan suasana adat dan budaya tradisional yang masih kental. Masyarakat asli di kampung adat ini disebut kasepuhan, yang artinya kolot atau tua. Salah satu tradisi yang masih kental adalah cara bercocok tanam yang tidak menggunakan bahan kimia atau traktor untuk memanen.

Untuk bisa mempelajari budaya setempat lebih jauh, kamu bisa menginap di rumah-rumah penduduk dengan gaya tradisional. Kalau datang di waktu yang tepat (biasanya minggu pertama bulan September), kamu bisa menyaksikan upacara adat Seren Taun, yaitu tradisi penyerahan hasil bumi ke dalam lumbung.

6. Pantai Cimaja

Pemandangan spektakular matahari terbenam di Pantai Cimaja (foto: merahputih.com)

Ternyata, ada banyak pantai yang bisa kamu eksplor di Sukabumi, salah satunya Pantai Cimaja. Pantai ini merupakan favorit para surfer internasional, lho! Dengan gulungan ombak yang bisa mencapai ketinggian 4m, tidak heran pantai ini menjadi buruan para peselancar.

Baca juga: Traveler, Ini Rekomendasi 9 Pantai di Lampung Untuk Liburan

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Pelabuhan Ratu, letak Pantai Cimaja cukup tersembunyi. Kawasan pantai juga cenderung lebih sepi dan lebih bersih. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam.

Kamu bisa menikmati pemandangan pantai di saung yang terdapat di pinggir pantai. Atau berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil bermain air. Selain saung, tersedia juga fasilitas lain seperti warung makan dan penginapan di area pantai.

7. Curug Cikaso

Curug Cikaso yang terlihat asri (foto: camerawisata.com)

Selain wisata pantai, danau, dan wisata budaya, Sukabumi juga punya banyak tempat wisata curug atau air terjun. Diantaranya adalah Curug Cikaso yang unik. Curug ini mengalir dari Sungai Cikaso yang terbelah menjadi 3 curug yang bersisian, yaitu, Curug Aki, Curug Aseupan, dan Curug Menong.

Dengan ketinggian 80 meter dan lebar 100 meter, Curug Cikaso dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Air yang terdapat di kolam bawah air terjun berwarna biru kehijauan terlihat sangat menyegarkan. Buat penggemar fotografi, waktu terbaik berkunjung untuk mendapatkan foto ciamik adalah di pagi hari.

Tersedia fasilitas seperti warung makan yang siap memanjakan lidah dan perut. Ada juga kios yang menjual souvenir khas. Toilet umum juga tersedia di lokasi. Sayangnya, tidak tersedia tempat sampah, sehingga banyak ditemukan sampah di sekitar lokasi. Buat traveler, ingat yah untuk tidak buang sampah sembarangan agar tidak merusak pesona curug ini!

8. Bravo Adventure

Tenda-tenda di glamping area Bravo Adventure (foto: Instagram/sekarmsekarms)

Buat kamu yang ingin merasakan camping di alam tanpa ribet dan tetap nyaman, bisa nih glamorous camping (glamping) di Bravo Adventure. Tempat glamping ini menjadi salah satu tempat wisata Sukabumi yang cocok untuk melepas penat.

Bentuk tendanya yang unik seperti bawang putih raksasa tentunya tak boleh dilewatkan untuk berfoto, nih traveler! Di dalam tenda, kamu akan tidur di atas kasur yang empuk dan juga selimut untuk menghangatkan diri. Selain tenda yang unik, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan serba hijau serta udara segar khas pegunungan yang sangat memanjakan mata.

Jika cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset yang memukau. Kamu juga bisa mencoba beragam aktivitas menarik dan menantang, seperti rafting, jeep tour, paintball, dan panahan.

Liburan dengan mengunjungi beragam tempat wisata Sukabumi

Nah, itu tadi beragam tempat wisata di Sukabumi yang bisa jadi alternatif liburan traveler di sekitar Jakarta selain Bogor dan Bandung. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, budaya lokal, hingga glamping. Pasti seru, yah liburan bersama teman atau keluarga. Jadi, tempat wisata apa yang jadi incaran kamu? (ds3)