google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Terbatas, OPPO A74 5G Resmi Dijual di Indonesia

oppo a74 5g

Kabar baik bagi penggemar smartphone OPPO Indonesia. Dalam ajang OPPO Academy 5G Volume 3 beberapa waktu lalu, OPPO Indonesia secara resmi telah membawa handphone kelas menengah terbaru yang diberi nama OPPO A74 5G.

Sebelumnya, OPPO A74 5G tersebut telah hadir lebih dulu secara global di Tiongkok pada awal April 2021. Sekarang tipe smartphone ini akan tersedia di Indonesia dengan jumlah terbatas dan hanya dipasarkan secara online.

Hal tersebut disampaikan oleh PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A selaku. Lebih jauh, Aryo juga mengungkapkan bahwa ketersediaan stok OPPO A74 5G tidak akan mencapai setelah hari raya Idul Fitri seperti smarthphone OPPO A74 4G yang juga diluncurkan secara bersamaan.

“OPPO A74 5G jauh lebih terbatas jumlahnya dibanding OPPO A74 4G. Perkiraan saya smarthphone ini hanya 2 minggu selesai dijual. Perangkat ini banyak nilai lebihnya, sangat cepat, dan sangat memenuhi kebutuhan saat ini,” ujarnya sebagaimana dilansir dari Gadgetren.

Apabila kamu salah satu yang sudah mengincar handphone ini, OPPO turut memberikan penawaran menarik berupa bundling dengan OPPO Enco Buds serta diskon senilai Rp 100.000. Bundling ini akan diberikan melalui program flash sale di beberapa e-commerce yang menjadi partner resmi OPPO Indonesia di Shopee pada tanggal 23 April 2021 ini.

Harga smartphone 5G ini dibanderol senilai Rp 3.699.000 untuk kapasitas RAM LPDDR4X 6 GB dan penyimpanan internal UFS 2.1 berkapasitas 128 GB. Disamping itu, OPPO A74 ini tersedia dalam dua warna, yaitu Fluid Black dan Space Silver.

OPPO A74 5G bisa dikatakan sebagai handphone pertama di Indonesia yang menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm melalui seri Snapdragon 480. Dalam kesempatan yang sama, Dominikus Susanto selaku Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia menjelaskan bahwa chipset ini merupakan pilihan yang tepat untuk membuat handphone 5G semakin terjangkau.

“Ini akan membawa orang-orang yang memakai handphone dengan chipset Snapdragon 480 lupa menggunakan seri 400. Bahkan untuk CPU setara dengan seri 600 ke atas membawa kemampuan yang luar biasa di seri 400. Intinya Qualcomm ingin membawa 5G pada perangkat ke lebih banyak pengguna melalui platform seri 4 ini,” terangnya.

Sebagai chipset pendatang baru, Snapdragon 480 yang dibenamkan sebagai dapur pacu OPPO A74 5G berisi CPU yang terdiri dari 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55. Prosesornya itu juga didukung oleh pengolah grafis GPU Adreno 619 dengan kecepatan 650 MHz.

Ditambah dengan dukungan mode ganda 5G, membuat smarthphone OPPO ini mendukung jaringan Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA) yang nantinya akan memudahkan pengguna untuk tetap dapat menggunakan handphone setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru.

Dari sisi daya, A74 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh ditambah dukungan pengisian daya Fast Charging 18W yang diklaim OPPO dapat mengisi daya 68% hanya dalam waktu 60 menit. Untuk mengurangi panas berlebihan ketika digunakan pada jaringan 5G, OPPO melengkapi perangkat ini dengan Multi-Cooling System yang mengandalkan beberapa tabung grafit berukuran tebal.

Sistem ini diyakini OPPO akan membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus memungkinkan OPPO A74 5G untuk mengontrol suhu secara mandiri. Bergeser ke segi tampilan, OPPO A74 5G mengusung layar punch hole berukuran 6,49 inci berteknologi LCD dengan refresh rate 90Hz, touch sampling rate 180Hz, serta memiliki resolusi Full HD (2400 x 1080 piksel), 405 ppi, dan rasio layar-ke-bodi mencapai 90,5%.

Dari sisi fotografi, OPPO A74 5G menggunakan konfigurasi empat kamera belakang yang mencakup lensa utama 48 MP dengan apertur f/1.7, lensa sudut lebar 8 MP dengan apertur f/2.2, serta lensa mono dan lensa makro 2 MP dengan apertur f/2.4. Selain itu, terdapat kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP dengan apertur f/2.0.

OPPO pun tidak lupa memberikan fitur-fitur fotografi yang unik seperti AI Scene Enhancement 2.0, AI Beautification, Ultra-Night Mode, dan Stylishing Filters yang mewadahi 15 filter untuk meningkatkan warna atau mencerahkan kulit.

Aspek penting lainnya untuk mendukung aktivitas sehari-hari pengguna juga terbilang lengkap seperti adanya sensor Fingerprint di bagian samping kanan bodinya yang juga sebagai tombol power, Bluetooth, WiFi 6, NFC, 3.5mm jack audio, hingga sistem operasi ColorOS 11.1.