google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Timnas Inggris Resmikan Skuad Mereka di Euro 2020

Timnas Inggris
Tim Nasional Inggris resmi umumkan 26 pemainnya yang akan berlaga di Piala Eropa 2020.

cr photo: Standard UK

Setelah menunggu cukup lama, Timnas Inggris akhirnya secara resmi merilis skuad final mereka untuk mengarungi ajang Piala Eropa 2020. Tim Nasional Inggris menjadi salah satu tim yang cukup ditunggu tunggu kiprahnya di Euro 2020 ini, pasalnya mereka digadang gadang miliki skuad yang sangat kompetitif. Sampai pada akhirnya, Selasa (1/6/2020) waktu setempat dipimpin sang pelatih, Gareth Southgate, Inggris resmi mengumumkan skuadnya yang akan berlaga di ajang Piala Eropa bulan Juni dan Juli tahun ini. Total ada 26 pemain yang dipanggil masuk ke skuad The Three Lions usai melewati proses seleksi yang sangat ketat.

Sejatinya, sebelum meresmikan skuad final ini, Inggris lebih dulu memiliki skuad bayangan yang disusun oleh Gareth Southgate di awal bulan Mei. Akan tetapi di keputusan final ini, Southgate diketahui mencoret hingga tujuh pemain yang sebelumnya masuk ke dalam skuad bayangan. Nama nama yang dicoret ini antara lain, Jesse Lingard, James Ward-Prowse, Aaron Ramsdale, Ollie Watkins, Benjamin Godfrey, Ben Wite, dan Mason Greenwood.

Keputusan ini tentu saja melahirkan pro dan kontra dari sejumlah fans Inggris. Kebanyakan dari mereka mempertanyakan tidak masuknya Jesse Lingard ke skuad final, padahal eks pemain Manchester United itu tampil apik bersama West Ham. Masuk di paruh musim usai dipinjam dari MU, Lingard menjelam menjadi faktor x keberhasilan West Ham finish di posisi 6 klasemen akhir Liga Inggris. Disinyalir, Lingard tak dipanggil karena pemain di posisinya sudah cukup banyak dan punya kualitas yang tak kalah top.

Selain terkait Lingard, keputusan Southgate mencoret Mason Greenwood juga sempat dipertanyakan. Ini lantaran Greenwood merupakan salah satu youngster paling bersinar di Liga Inggris musim ini. Akan tetapi kemudian dikabarkan keputusan ini mesti diambil Southgate karena Greenwood diketahui mengalami cedera yang butuh waktu pemulihan dan ia tak mau mengambil risiko tersebut.

Disesaki Bek Kanan dan Penyerang

Salah satu yang menarik dari skuad Timnas Inggris untuk Euro kali ini adalah disesakinya dua posisi dengan beberapa pemain. Yang pertama adalah pos bek kanan, di mana posisi ini adalah posisi yang dianggap paling kuat di skuad The Three Lions. Sebelum pengumuman skuad final saja sudah ada lebih dari enam kandidat, sebelum akhirnya Southgate memilih untuk membawa empat pemain. Jumlah tersebut terbilang sesak untuk satu posisi saja. Nama nama yang dipanggil Southgate untuk pos bek kanan antara lain, Kyle Walker, Kieran Trippier, Reece James, dan Trent Alexander-Arnold.

Southgate memutuskan untuk tak memanggil bek kanan MU, Aaron Wan-Bissaka yang sebenarnya punya presentase tackle dan intercept tinggi di Liga Inggris. Meski begitu, Southgate tetap menggail Alexander Arnold, meski sebelumnya sang bintang Liverpool itu dikabarkan tak akan masuk ke skuad final.

Selain pos bek kanan, posisi lainnya yang cukup sesak adalah posisi penyerang. Di posisi ini total ada 8 pemain yang sebenarnya cukup efektif memberikan keleluasaan pada Southgate. Walau demikian, Southgate tetap mesti jeli melihat potensi pemain depannya demi menjaga efektifitas dan kualitas serangan Tim Tiga Singa.

Skuad Resmi Timnas Inggris untuk Euro 2020

Penjaga Gawang: Jordan Pickford, Dean Henderson, Sam Johnstone.

Pemain Belakang: Harry Maguire, John Stones, Connor Coady, Tyron Mings, Kyle Walker, Kieran Trippier, Trent Alexander-Arnold, Ben Chilwell, Reece James, Luke Shaw.

Pemain Tengah: Jordan Henderson, Mason Mount, Declan Rice, Kalvin Phillips, Jude Bellingham.

Pemain Depan: Harry Kane, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Domenic Calvert-Lewin, Phil Foden, Bukayo Saka, Raheem Sterling, Jack Grealish.