Tinggalkan Korean V-League, Megawati Hangestri Gabung Jakarta BIN

Megawati Hangestri
Megawati Hangestri tinggalkan Korean V-League dan resmi gabung Jakarta BIN.

cr photo: tvOne News.

Mantan bintang Daejeon Red Sparks, yaitu Megawati Hangestri resmi akan kembali berkarir di Indonesia setelah menerima pinangan klub ibukota, yaitu Jakarta BIN. Nama Megawati memang menjadi sorotan publik pecinta Bola Voli Indonesia dalam kurun waktu satu tahun belakangan ini. Pasalnya ia menjadi bintang di klub asal Korea Selatan, yaitu Daejeon Red Sparks. Sayang seusai musim Korean V-League 2023-2024 selesai, Megawati yang kontraknya habis tak diperpanjang oleh manajemen Red Sparks. Belum lama ini teka-teki mengenai nasib karir Megawati akhirnya terjawab usai pihak Jakarta BIN mengumumkan merekrut Mega untuk gelaran Proliga musim 2024 ini.

Nama Megawati Hangestri sendiri merupakan sosok pemain Bola Voli puteri asal Indonesia yang sosoknya menjadi begitu populer dalam kurun waktu kurang dari satu tahun belakangan ini. Kondisi tersebut terjadi usai dirinya memperkuat salah satu tim di Korean V-League untuk musim 2023-2024, yaitu Daejeon Red Sparks. Bersama skuad asuhan pelatih Ko Hee-Jin tersebut Mega berposisi sebagai opposite hitter, dan namanya tak sekedar menjadi pajangan daftar bench, namun menjadi andalan dan pemain kunci.

Di sepanjang musim 2023-2024 bersama tim Daejeon Red Sparks, Mega bisa dibilang memiliki performa yang sangat konsisten. Bersama Giovanna Milana, rekan setimnya asal Amerika Serikat, Mega menjadi pencetak poin utama tim dan sukses menasbihkan dirinya masuk ke dalam jajaran top skor Korean V-League di musim tersebut. Meski jalani musim debutnya di Korean V-League, namun Mega sukses membantu Red Sparks lolos sampai babak playoff meski kemudian dikalahkan Pink Spiders. Prestasi ini tentu sangat baik mengingat Red Sparks terakhir kali lolos ke playoff adalah 7 tahun lalu atau di tahun 2017.

Pulang ke Indonesia

Akan tetapi kebersamaan dan romantisme Megawati Hangestri bersama Red Sparks harus berakhir karena kontrak Mega yang hanya satu musim memang tidak diperpanjang oleh manajemen Red Sparks. Mega sendiri lantas meunggah sebuah postingan dengan ucapan salam perpisahan di akun sosial media miliknya, yang kian mempertegas berakhirnya kebersamaan Megawati bersama tim Red Sparks.

Setelah unggahan tersebut beberapa fans mulai mempertanyakan ke manakah Megawati akan melanjutkan karirnya apakah tetap di luar negeri atau justru kembali ke Indonesia. Namun pertanyaan tersebut belum lama ini resmi terjawab sudah, seusai salah satu tim Proliga divisi puteri, yaitu Jakarta BIN, resmi mengumumkan bahwa mereka akan bekerjasama dengan Megawati untuk mengarungi Proliga musim 2024 ini.

“Kami memperkenalkan para pemain di posisi opposte Jakarta BIN untuk kejuaraan Proliga edisi musim 2024: Megawati Hangestri Pertiwi, Alya Annastasya, Dian Wijayanti,ndan Ni Nyoman Shaniawati. Nantikan saja kabar selanjutnya.” demikian pihak Jakarta BIN memberikan pernyataannya di akun sosial media resmi mereka.

Masih Akan Membela Red Sparks

Meskipun sudah diumumkan akan menjadi pemain Jakarta BIN di Proliga 2024, namun Megawati masih akan bermain untuk Red Sparks setidaknya sampai April ini. Pasalnya di tanggal 20 April mendatang tim Red Sparks akan datang mengunjungi Indonesia dalam undangan dari pihak Menpora. Salah satu agendanya adalah melakoni laga persahabatan dengan Timnas Indonesia, yang mana Mega akan bermain untuk Red Sparks.

Sementara itu terkait kans Megawati Hangestri berkiprah kembali di luar negeri dalam hal ini Korean V-League, beberapa pihak menyebut bahwa kans tersebut masih ada. Pasalnya kontrak Mega bersama Jakarta BIN hanya berlaku untuk Proliga 2024 yang kemungkinan akan selesai di bulan September. Sementara camp pra musim Korean V-League akan dibuka pada Oktober, jadi kans Mega untuk kembali ke Liga Korea masih terbuka.