google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Backpacking Pertama Kali agar Perjalanan Lancar dan Aman

Simak tips backpacking untuk pemula agar perjalanan lancar dan aman (foto: https://unsplash.com/@guernseyphotographer)

Simak tips backpacking untuk pemula di sini!

Backpacking menjadi pilihan sebagian traveler yang ingin bepergian dengan bujet terbatas. Selama menjadi backpacker, ada banyak pengalaman seru dan tak terduga yang mungkin dialami.

Dibutuhkan keberanian dan keinginan kuat untuk melakukan backpacking, terutama untuk pertama kalinya. Namun, dengan mengetahui hal-hal yang diperlukan dan persiapan yang matang, kamu bisa backpacking dengan lancar.

Nah, berikut tips untuk merencanakan bacpacking agar perjalanan tidak terganggu.

1. Tentukan destinasi dan bujet

Backpacking identik dengan pengeluaran minim selama melakukan perjalanan. Karenanya, tentukan destinasi yang ingin dikunjungi dan perhitungan bujet yang dibutuhkan.

Pilihlah destinasi wisata yang memiliki pilihan penginapan murah, seperti hostel. Selain itu, pilih tujuan yang bisa dieksplor menggunakan transportasi umum untuk menghemat biaya.

Tentukan juga bujet untuk makanan dengan memilih tempat makan yang lebih murah dibandingkan restoran mahal atau restoran yang berada di hotel. Kamu juga bisa menyiapkan makan sendiri jika menginap di hostel yang memiliki dapur bersama.

Baca juga: Backpacking ke 5 Kota di Sekitar Jakarta, Pilih Mana?

2. Baca dan cari informasi sebanyak-banyaknya

Setelah menentukan destinasi wisata, perbanyak untuk membaca dan mencari informasi seputar destinasi wisata yang akan kamu tuju. Hal ini penting agar perjalanan backpacking lancar.

Selain membaca tentang tempat-tempat wisata dan sistem transportasi, cari tahu juga tempat-tempat penting di destinasi tujuan. Mulai dari kantor polisi atau ATM terdekat dari tempat penginapan atau tempat wisata.

Catat juga beberapa informasi tentang rumah sakit atau kantor kedutaan jika backpacking ke luar negeri. Terkadang, para backpacker kerap melupakan informasi kecil namun penting ini.

3. Susun itinerary perjalanan

Salah satu tips backpacking adalah menyusun itinerary (foto: https://unsplash.com/@kalvisuals)

Buat backpacker pemula, membuat rencana perjalanan atau itinerary sangat penting agar perjalanan berjalan lancar. Susunlah itinerary sesuai dengan kemampuan fisik, jarak tempuh, dan waktu yang dibutuhkan.

Kamu bisa membuat itinerary secara umum untuk menentukan tujuan. Selain itu, kamu juga bisa membuat itinerary secara detil termasuk lokasi penginapan dan transportasi apa yang akan digunakan selama di tempat tujuan.

Usahakan untuk mematuhi jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya agar rencana selama di destinasi tersebut tidak berantakan. Misalnya, jika terlalu santai di penginapan, kamu akan melewati beberapa destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

4. Bawa perlengkapan seperlunya

Tips backpacking berikutnya adalah membawa perlengkapan seperlunya. Meskipun, saat traveling tentunya ingin tetap bergaya, bukan? Nah, kalau memilih liburan dengan cara backpacking, kamu harus benar-benar mempersiapkan barang bawaan dengan teliti.

Terlalu membawa banyak barang akan menjadi beban saat harus berkeliling menggunakan ransel. Barang-barang penting, seperti identitas diri, charger, kamera, hp, peralatan mandi, dan obat-obatan tentu menjadi prioritas.

Bawalah pakain yang nyaman dikenakan, namun bisa di mix and match dan bisa digunakan kapan saja, pagi, siang, atau malam Buat backpacker wanita, tak perlu membawa banyak pernak-pernik seperti topi, gelang, dan kalung.

Baca juga: Traveling Ke Malaysia? Ini Dia Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Wajib Traveler Kunjungi

5. Perhatikan kesehatan

Saat backpacking, jangan lupakan asupan vitamin (foto: https://unsplash.com/@alschim)

Salah satu tips backpacking untuk pemula yang tak boleh dianggap remeh adalah masalah kesehatan. Terkadang, traveler terlalu banyak menghabiskan tenaga saat menjelajah tempat wisata yang baru dikunjungi tanpa berisitirahat.

Firik yang kurang fit bisa menyebabkan kelelahan, bahkan jatuh sakit. Karenanya, membuat itinerary sangat penting agar bisa disesuaikan dengan kondisi fisik. Jika banyak tempat yang ingin dikunjungi, sempatkan untuk banyak beristirahat.

Jangan lewatkan waktu makan agar tubuh tetap bugar. Makanlah makanan yang bergizi dan konsumsi buah-buahan yang bisa dibeli di pinggir jalan. Kamu juga bisa menambah asupan vitamin dan suplemen tubuh untuk membantu kesehatan selama di perjalanan.

6. Nikmati perjalanan

Memang, berkunjung ke suatu tempat baru pastinya menyenangkan. Biasanya, traveler tak sabar ingin membagikan pengalaman seru melalui media sosial. Namun, jangan sampai saat backpacking terlalu sering membuka dan membagikan cerita seru melalui gadget.

Bisa-bisa, kamu malah melewatkan kesempatan untuk mengagumi keindahan tempat wisata yang dikunjungi. Atau, jadi jarang mengobrol bersama teman seperjalanan.

Justru saat backpacking kamu bisa lebih memperluas jaringan dengan bertemu orang-orang baru. Entah itu di penginapan, di jalan, atau di tempat makan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membagikan pengalaman backpacking kamu saat istirahat.

7. Perhatikan bujet selama perjalanan

Selama di tempat tujuan, bisa jadi kamu tergoda untuk mencoba berbagai makanan dan jajanan yang ditemui. Atau, saat membeli oleh-oleh dan melihat pernak-pernik lucu dan menarik tak sadar membeli suvenir lebih dari yang sudah direncanakan.

Meskipun menjadi backpacker harus selalu berhemat, namun jangan sampai kamu mengalami kehabisan uang. Karenanya, tetap konsisten dengan bujet perjalanan yang sudah disiapkan.

Selain itu, siapkan uang cadangan di tempat-tempat tersembunyi atau di ATM. Hal ini berguna jika kamu benar-benar membutuhkannya saat terjadi hal-hal tidak terduga, seperti sakit atau kehilangan uang.

Baca juga: Ini Dia Tempat Wisata Keren di Singapura, Gratis!

8. Simpan baik-baik identitas diri

Selama backpacking, jaga baik-baik identitas diri dan barang berharga (foto: https://unsplash.com/@charlottenoelle_)

Saat traveling, baik dengan backpacking atau tidak, kamu wajib menjaga dan menyimpan baik-baik identitas diri seperti KTP atau Passpor. Jangan pernah meninggalkan atau menitipkan pada orang lain, terutama orang yang baru dikenal.

Jika memungkinkan, gunakan body wallet atau dompet yang bisa diikatkan ke badan. Hal ini bisa menghindari kecopetan atau dicuri. Tentu kamu tak mau kan kehilangan identitas diri di tempat tujuan?

9. Bersikap ramah namun tetap hati-hati

Saat backpacking ke destinasi baru, kamu akan bertemu dan berkenalan dengan banyak orang. Bersikaplah ramah, namun tetap waspada dan berhati-hati. Jangan terlalu percaya terhadap orang yang baru kita kenal.

Perhatikan juga pemberian dari orang, seperti makanan dan minuman. Untuk backpacker wanita, hindari tempat sepi dan pulang terlalu malam. Tips lainnya, kamu bisa berkenalan dengan sesama backpacker lain, siapa tahu dapat teman barengan ke suatu tempat. Jadi, bisa sharing biaya dan lebih aman karena tidak sendirian.

Ingin backpacking pertama kali, ketahui dulu tipsnya di sini

Nah, buat traveler yang ingin mencoba backpacking pertama kali, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal sebelum pergi. Dengan begitu, perjalanan akan lancar dan kamu bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Jadi, mau backpacking kemana nanti setelah pandemi? (ds3)