google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Bangun Rumah Murah Sendiri untuk Rumah Idaman

Jasa Bangun Rumah di Bekasi ~ Desain Rumah Online

Selain membeli rumah jadi, ada cara yang bisa ditempuh untuk bisa memiliki rumah dengan budget yang murah, yaitu dengan membangun rumah sendiri. Ketika membeli rumah jadi, tentunya pengembang mengambil keuntungan dari pembangunan rumah, sehingga ada harga lebih yang kalian bayar.

Saat kalian ingin memiliki hunian, kalian mempunyai beragam pilihan. Kalian ingin membeli rumah tapak atau hunian vertikal? Kalau kalian memilih ingin memiliki rumah tapak, maka opsinya semakin beragam dan masing – masing memiliki keunggulan dan kekurangan. 

Cara Hemat ini untuk Membangung Rumah Idaman Kalian

  1. Memilih Pondasi Cakar Ayam dan Sloof Gantung

Setiap tanah memang memiliki karakteristiknya masing – masing, sehingga ada tipe pondasi yang cocok dan tidak cocok untuk membuat bangunan di atasnya. Apabila jenis tanah kalian keras, sebaiknya gunakanlah pondasi cakar ayam dan sloof gantung.

2. Memilih Hebel dari Pada Bata Merah untuk Dinding

Cara bangun rumah selanjutnya adalah dengan memilih untuk membuat dinding dari hebel ketimbang bata merah. Selain karena harga bata merah yang lebih mahal, penggunaan bata merah akan memakan jumlah yang lebih banyak.

3. Menggunakan Mortar untuk Plesteran dan Acian

Pada umumnya, plesteran dan acian dinding dibuat menggunakan semen dan pasir dengan ketebalan 2-3 cm. Namun jika mau bangun rumah murah, kalian bisa menyiasatinya dengan menggunakan dry mix alias mortar.

4. Tentukan Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Rancangan biaya merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh kalian lewati. Mulailah dari perencanaan ukuran tanah dan bangunan, kesesuaian bentuk rumah yang kalian inginkan, serta waktu pembangunan yang tepat.

5. Survei Harga Material Bahan Bangunan

Tidak ada salahnya untuk melakukan survei lapangan terhadap harga material dan bahan bangunan lainnya yang dibutuhkan. Masing – masing toko bahan bangunan memasang harga yang sangat bervariasi.

Harga material bangunan pastinya selalu naik setiap saat. Jangan menyepelekan kenaikan harga bahan bangunan. Kalian bisa mengecek langsung ke toko bahan bangunan atau supermarket bahan bangunan untuk mengecek harga dan kualitas barang. 

6. Pilih Bahan Bangunan yang Murah dan Berkualitas

Berkualitas bukan berarti harus mahal, harga mahal juga belum tentu berkualitas. Saat ini sudah banyak bahan material lokal yang kualitasnya bisa dibilang hampir menyamakan produk impor, bahkan lebih bagus.

7. Tentukan Desain Rumah yang Minimalis

Selain bahan material bangunan, kalian juga harus mempertimbangkan desain rumah yang hemat budget. Mulai dari tata letak ruangan hingga properti di dalamnya. Desain rumah minimalis bisa kalian coba untuk bangunan rumah idaman kalian.

Rumah dengan desain minimalis modern bisa menjadi pilihan saat kalian membangun rumah sendiri. Desain ini tetap terkesan modern dan mewah. Desain tidak membutuhkan detail desain interior atau eksterior. 

8. Membuat Rencana Pembangunan Rumah

Sebagai langkah awal, kalian harus merencanakan pembangunan rumah secara lengkap dan terperinci. Kalian harus menghitung berapa dana yang akan dikeluarkan, menghitung ukuran bangunan, memilih material yang digunakan. 

9. Menentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan tentunya berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang relatif lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya. 

10. Membangun Rumah Secara Bertahap

Jika kalian tidak memiliki dana yang cukup, kalian tidak perlu menunggu uang terkumpul untuk membangun rumah. Solusinya adalah kalian membangun rumah secara bertahap dari pondasi, dinding, kemudian atap.