google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Tips Cara Menentukan Harga Properti yang Benar

Pertimbangkan 4 Faktor Ini Saat Berinvestasi Properti - Bisnis Liputan6.com

Harga properti pasti menjadi pertimbangan pertama customer dalam membeli sebuah properti. Karena, harga pada umumnya mencerminkan kualitas dari properti itu. Faktor utama harga properti tinggi yaitu lokasinya. Cara menentukan harga properti yang dijual di suatu tempat memang bukan soal gampang, karena cara ini pada umumnya melibatkan banyak faktor mulai dari nilai tanah, bangunan sampai fasilitas yang tersedia.

Jika berencana untuk berinvestasi, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menentukan nilai jual properti. Berikut tips menentukan harga properti

Tips Menentukan Harga Jual Properti

  1. Lokasi Properti

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas lokasi adalah salah satu faktor utama dalam menentukan harga jual properti. Lokasi pada umumnya akan berhubungan dengan lingkungan sekitar ataupun fisik rumah seperti temperatur udara, kualitas air, tingkat kehidupan, sampai sikap warga setempat. 

Ada beberapa tempat yang bisa mengurangi harga properti karena lingkungannya kurang tepat, misalnya properti yang dekat dengan tiang SUTET (Saluran Udara Listrik Tegangan Tinggi), pemakaman, dan tempat pembuangan sampah. 

2. Aksesiblitas Properti

Tips kedua adalah aksesibilitas dari properti menuju ke tempat – tempat fasilitas umum. Misalnya rumah di jalan utama kawasan yang dekat dengan Jakarta akan mempunyai harga yang lebih tinggi, dekat dengan tol, pusat perbelanjaan dan lain – lain. 

3. Kualitas Material dan Desain

Kualitas material, desain, dan hasil akhir rumah atau bangunan juga akan membuat harga properti jadi semakin tinggi. Contohnya, rumah dengan keramik Kanmuri tentu akan lebih mahal dibandingkan rumah yang menggunakan genteng beton dan keramik standar. 

4. Fasilitas di Dalam Perumahan

Fasilitas yang diberikan disetiap perumahan pasti berbeda – beda, perumahan yang memiliki fasilitas lengkap pasti memiliki harga properti yang mahal. Misalnya rumah dengan kolam renang dan taman di dalamnya pasti akan lebih mahal dari pada rumah tanpa fasilitasnya.

5. Segmen Pasar

Segmen pasar adalah suatu kawasan yang di huni oleh warga yang mendominasi dan kawasan tersebut bisa mempengaruhi properti disana. Contohnya, kawasan yang mendominasi para pekerja dengan pendapatan menengah cenderung memiliki harga properti yang rendah.

6. Lakukan Perbandingan Harga Murah

Menentukan harga jual properti berarti kalian harus mensurvei terlebih dahulu harga pasar terkini. Hal tersebut bisa kalian lakukan dengan melakukan pengecekan pada NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) di lokasi sekitar properti kalian.

7. Cek Kondisi Rumah Secara Menyeluruh

Tips menentukan harga jual properti ke tujuh adalah dengan mengecek kondisi properti secara keseluruhan. Yang di cek meliputi spesifikasi properti, kelebihan serta kekurangannya.

Jika kita ingin membeli rumah yang masih bagus akan berharga lebih mahal jika dibandingkan dengan kondisi rumah yang biasa – biasa saja atau tidak terawat.

8. Ketahui Pasokan dan Permintaan Rumah

Tips ke delapan adalah pasokan dan permintaan properti. Properti tempat tinggal di Indonesia yang dinilai masih potensial, perlu diperhatikan sebagai cara menentukan harga jual. Kenapa?? Karena pasokan dan permintaan rumah masih tinggi.

9. Legalitas

Properti yang memiliki legalitas yang jelas dan tidak termasuk dalam wilayah sengketa akan memiliki harga yang cukup bagus jika dibandingkan properti yang legalitasnya masih dipertayakan. Dengan adanya sertifikat tanah properti tersebut dianggap legal.

10. Menghubungi Agen Properti

Tips menentukan harga properti yang terakhir adalah dengan menghubungi agen properti. Jika masih bingung dalam menentukan harga jual properti, tentunya agen properti bisa membantu kalian memberikan kisaran harga yang tepat sesuai wilayahnya.